alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / ... / Pilih Capres & Caleg /
Situs Jurdil2019 Berakhir Pada Pemblokiran
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cbd73b882d49572515d527a/situs-jurdil2019-berakhir-pada-pemblokiran

Situs Jurdil2019 Berakhir Pada Pemblokiran

Situs Jurdil2019 Berakhir Pada Pemblokiran


Akhir-akhir ini Jurdil2019 menjadi keyword yang cukup sering menghiasi media-media online. Hal ini dikarenakan situs Jurdil2019.org telah menyalahi prinsip netralitas pemantau pemilu. Bawaslu juga menjelaskan bahwa situs tersebut memihak kepada salah satu paslon peserta Pemilu 2019.

Seharusnya sebagai lembaga pemantau pemilu, Jurdil2019 harus bersikap netral dalam menjalankan tugasnya. Melansir dari Detikcom, anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menjelaskan bahwa Jurdil2019 dianggap tidak netral karena di situsnya terdapat gambar salah satu paslon.

"Pemantauan yang kita berikan akreditasinya berkaitan dengan pemantauan yang menjadi tugas dan kewenangan Bawaslu. Nah, di aplikasi tersebut di jurdil2019 terdapat gambar salah satu paslon itu sudah jelas menyalahi prinsip netralitas pemantau," ujar anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin, di Kantor Bawaslu RI, Jl Sudirman Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).


Situs Jurdil2019 Berakhir Pada Pemblokiran


Indikasi lain jelas Afif, situs itu terbukti memihak ketika adanya simbol relawan dari salah satu paslon saat penayangan video. Kemudian video itu juga di-share melalui channel YouTube dan memuat hashtag salah satu paslon.

"Kedua, di video tutorial aplikasi jurdil2019 terdapat simbol pendukung atau relawan salah satu paslon ini juga tidak boleh. Ketiga dalam penayangan video rilis hasil perhitungan aplikasi jurdil di channel bravo. Di YouTube hanya membuat hashtag salah satu paslon," ucapnya.


Berdasarkan hal tersebutlah Bawaslu mengambil tindakan untuk mencabut izin Jurdil2019. Afif mengatakan tindakan pencabutan izin itu juga untuk mencegah adanya persepsi publik soal posisi keberpihakan Bawaslu. Sebab, logo Bawaslu juga dicantumkan di dalamnya.

Situs Jurdil2019 Berakhir Pada Pemblokiran


Sejalan dengan Bawaslu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga memberikan sanksi kepada situs tersebut. Dilansir melalui Viva.co.id, pejabat Kominfo Ferdinandus Setu memberi keterangan bahwa pemblokiran tersebut berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu.

Kami blokir atas permintaan Bawaslu," kata pria yang akrab disapa Nando itu saat dihubungi VIVA di Jakarta, Minggu, 21 April 2019.

Ia juga mengatakan bahwa Jurdil2019 telah menyalahgunakan sertifikasi yang telah diberikan Bawaslu.

"Jurdil2019 bukan lembaga survei yang bisa melakukan dan publikasi quick count. Jurdil2019 hanya terdaftar sebagai pemantau pemilu. Mereka menyalahgunakan sertifikasi Bawaslu, karenanya Bawaslu meminta Kominfo blokir web-nya," imbuh Nando.


Situs jurdil2019.org merupakan milik PT Prawedanet Aliansi Teknologi. Situs itu melanggar Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu pasal 442 huruf j juncto Peraturan Bawaslu nomor 4 tahun 2018 pasal 21 huruf i tentang Pemantauan Pemilu.

Namun hingga saat ini, penulis masih bisa mengakses situs tersebut. Bagaimana dengan agan?


Sumber:
Bawaslu Tegaskan Jurdil2019 Salahi Prinsip Netralitas Pemantau Pemilu
Situs jurdil2019.org Diblokir, Ini Alasan Kominfo
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
emang masih bisa ya gan? emoticon-Bingung
Quote:


15:19 WIB ane buka masih bisa gan
16.19
Masih bisa akses...
JURDIL = JUJUR DILARANG
situs abal-abal
Knp yg d tv2 d biarkan udah jelas memihak satu Paslon,baik tv2nya n lembaga surveynya n ketika pemilu berlangsung para pembicaranya n hostnya memihak salah satu Paslon n menyudutkan Paslon lain??? Aneh kan ...emoticon-Bingung
Diubah oleh danhen
Quote:


D aplikasi yg d donlot d PlayStore sekarang gak bisa masuk emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
yang ngeblokir masih nub, percuman ngeblokir situs bokep klo masih bisa pakek vpn emoticon-Ngakak
jurdil masih bisa di akses sama vpn emoticon-Big Grin
Balasan post danhen
Quote:


jam 17.06 masih bisa kok...
55.08% berbanding 44.92%


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di