carrpiratesAvatar border
TS
carrpirates
Sedikit Saran Untuk Sistem Informasi Pemilu KPU
Halo agan dan sista sekalian, semoga long weekend kalian menyenangkan. Di jagat twitter, ane menemukan beberapa komplain terkait situs KPU yang menyajikan data hitungan hasil pemilihan umum. Ane yakin KPU dan jajarannya sudah bekerja semaksimal mungkin untuk mensukseskan pesta demokrasi kita dari awal sampai selesai. Ane tau sendiri para petugas KPPS sangat bekerja keras sampai ada yang meninggal diduga karena kelelahan emoticon-Berduka (S).



Bagi kalian para pendukung calon tolong berempati barang sedikit kepada para petugas. Jangan terlalu banyak berspekulasi jiga KPU telah melakukan kecurangan. Teknis pemilu ada kekurangan memang iya, tapi hal itu sudah banyak diantisipasi dan dikemudian hari akan lebih disempurkan lagi. Paling tidak beri saran kepada KPU untuk memperbaiki sistem mereka. Jangan hanya menghujat mereka yang sudah mengerahkan seluruh tenaga demi negara ini.

Di sini ane akan memberi sedikit saran kepada KPU yang mungkin bisa digunakan untuk pemilu selanjutnya. Karena ane menggeluti bidang IT, maka saran ane hanya seputar itu saja. Dan inilah saran dari ane.

1. Perbaikan Infrastruktur Server






Sepertinya hal ini sudah lama terjadi, entah sebabnya apa. Beberapa hari yang lalu server KPU sempat down dan sulit di akses. Hal tersebut memberikan celah bagi mereka untuk berspekulasi kalau server KPU terkena hack. Padahal ane yakin kalau server sedang overload saja karena banyaknya pengunjung. Kalau kena hack paling juga DDoS emoticon-Stick Out Tongue. Mungkin server KPU bisa di scale untuk pemilu - pemilu selanjutnya. Metode - metode untuk meringakan beban server bisa diimplementasikan seperti load balancing, cache, dan lain sebagainya. Entah sudah dilakukan apa belum, tetapi stress test sangat berguna untuk mengatisipasi lonjakan pengunjung.

2. Fitur Report Data Yang Salah



Beberapa data yang diinputkan KPU terdapat kesalahan dan sebagian besar adalah data yang tertukar. Ane sangat memahami kesalahan tersebut karena memang tidak mudah menginput data sebanyak itu. Ane memaklumi ada sedikit kesalahan input data yang sangat manusiawi. Tapi kesalaha kecil tersebut bisa digoreng oleh mereka  yang hebohnya minta ampun. Saran dari ane baiknya berikan fitur untuk melaporkan data yang salah entry agar terdata dan bisa ditindak lanjuti. Dalam hal ini KPU bisa menyontoh situs kawalpemilu.org yang sudah mengimplementasikan fitur tersebut. Kehebohan di jagat media sosial yang tidak perlu pun bisa ditiadakan.

***

Buat agan dan sista yang budiman, marilah kita bergerak maju. Pemilu sudah terjadi, biarkan mereka bekerja, kita hanya perlu mengawal hasilnya. Kita tidak perlu terburu - buru untuk menghakimi dan membuat kehebohan yang tidak perlu. Sudah saatnya bersatu kembali untuk menyongsong hari esok yang lebih baik *halah.

Sekian dulu thread dari ane. Kalau ada salah dan kurang tolong dikoreksi dan dimaafkan. Kalau agan dan sista punya pendapat lain silahkan sampaikan di kolom komentar. Ane dengan senang hati menerima emoticon-Toast dan emoticon-Rate 5 Star. Jikalau agan dan sista berkenan, agan dan sista bisa share thread ane. Ingat share itu gratis. emoticon-Stick Out Tongue
15
11.9K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan