alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Cowo Gabisa Naik Motor Diumur 20 Tahunan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb9bf7fd43972102c213b7e/cowo-gabisa-naik-motor-diumur-20-tahunan

Cowo Gabisa Naik Motor Diumur 20 Tahunan

assalamualaikum gan, gue mau sharing tentang keresahan gue yang udah menahun dan akhirnya bisa teratasi. cerita ini gue tulis karna gue yakin ada banyak orang yang merasakan masalah seperti gue dan masih bingung mencari jawaban atau minimal mereka pasti butuh motivasi dari orang lain. semoga bisa membantu!

FLASHBACK


Jadi 2,5 bulan lalu gue adalah cowo umur 21 tahun yang gabisa bawa motor dan sepeda apapun. Sebelumnya kita flashback kebelakang dulu, gue adalah anak bontot kelahiran 98, dimana ketika lahir keluarga gue lagi ada banyak masalah, khususnya soal finansial. Jadi gue adalah satu-satunya anak yang ga keturutan beli apapun, hidup serba secukupnya dari kecil, yang penting bisa makan dan nyambung hidup istilahnya gitu. Inilah awal mula kenapa gue akhirnya gabisa naik sepeda sama sekali, kaka gue semua dulu itu pernah yang namanya dibeliin sepeda tapi pas gue lahir udh kejual, sedangkan gue dari kecil cuma ikut ngejar2 temen bersepeda lari-lari ke sawah dan sungai wkwk sedih banget yak.

mungkin karena udah biasa hidup prihatin, gue takut minjem sepeda orang buat dipake belajar, karena gue mikir kalo rusak nanti suruh ganti gimana caranya? buat makan aja susah wkwk. problem yang didiamkan ini justru menimbulkan masalah baru ketika gue udah gede, yaitu gue gabisa bawa motor emoticon-Cape d... (S)awalnya ketika SMP gue itu udah tertarik buat belajar naik motor tapi selalu dilarang sama ibu gue karna ibu gue ini orangnya khawatiran. banyak yang bilang katanya ortu gue ngerasa bersalah ketika gue lahir mereka malah pisah, jadi agak overprotektif gitu.

MASA SMA


ketidakbisaan bawa motor ini gue diamkan, karna waktu itu keluarga gue juga masih surviving dalam dinamika kehidupan wkwk, jadi gue sendiri ga sempet tuh buat mikir minta ajarin atau beli motor. masuk masa-masa SMA, gue mulai ngerasa ada yang salah dan beda, ketika temen-temen gue rata-rata brangkat pulang sekolah bawa motor sendiri, gue malah masih nyaman sama bau keteknya supir angkot. oh iya gue ini tipikal anak yang gapernah minta duit jajan ke ibu, jadi kalo dikasi ya gue ambil kalo ga dikasi (entah ibu lagi lupa atau emg lagi gaada) ya gajadi masalah juga buat gue.

di momen inilah ibu gue mulai merasa prihatin dan kasian sama gue yang udah kumisan masi belom bisa bawa motor dan gue sendiri masih kekeh sama pendirian gue, lebih tepatnya keras kepala, selagi itu bukan motor gue gabakal gue pinjem buat belajar, karna nantinya cuma nimbulan masalah baru, entah itu rusak disuruh ganti, benerin macem2 lah, pokonya udah nethink duluan.

akhirnya gue ditawarin buat kredit motor waktu kelas 2 SMA, tapi gue tolak mentah2 (padahal dalem hati mah pengen wkwk). karna gue anti banget sama yang namanya ngutang, udah cape ngeliat ibu gue kelilit utang dari kecil. sekali lagi gue lupakan masalah gabisa bawa motor ini selama bertahun-tahun, karna waktu itu gue juga ada masalah baru yaitu gimana caranya nyari biaya kuliah sendiri, karna ibu gue emg cuma bisa nyekolahin sampe SMA doang (itupun skolah negeri gratis). 

saat itu gue juga sering brosing2 thread kaskus tentang cowo yang gabisa bawa motor, yang justru malah bikin gue mikir "ah yaudah masih ada juga org yg gabisa bawa motor bukan gue doang". sahabat-sahabat gue di SMA juga bukan tipikal judgemental person, jadi gue gapernah tuh dikatain walopun gabisa bawa motor, yang ada dijemput terus tiap mau nongkrong wkwk.

KULIAH DAN INSECURE


waktu terus berlalu, alhamdullilah gue bisa masuk PTN dengan biaya sendiri hasil kerja sendiri, dan pas udah masuk kuliah gue juga dapet beasiswa, jadi ada surplus pemasukan dr penghasilan kerja dan sisa duit beasiswa. disini gue mulai kepikiran buat beli motor, akhirnya gituloh setelah ga keturutan dari kecil emoticon-Malu (S) tapiiii... ternyata timbul masalah baru, gue udah terlanjur malu dan takut keubun-ubun buat belajar naik motor. 

oh iya di kehidupan kuliah gue ketemu sahabat lagi yang emg gapernah ngatain gue walopun gbs naik motor, rajin jemput gue kalo mau nongkrong dan gue ketemu juga cewe yang bisa nerima kekurangan gue ini, tiap kali jalan kita cuma naik busway dan dia mau2 aja wkwkwk bucin emg berbahaya. karna gue bukan tipikal orang yang suka ngata2in, ngecengin dan bully org, jadi temen2 gue yg lain juga gapernah ngatain gue gbs bawa motor, entah kadang bingung juga kenapa mereka respect2 aja ke gue. sampe pernah ada satu cowo yang emg tipikal mulutnya lemes banget, dia ngecengin gue gabisa bawa motor didepan umum, seketika ditempat itu hening, disitu gue dibelain sama temen2 gue ada yg blng "gpp cuy entar lu langsung bawa mobil aja, banyak kok yg kyk gitu". 

dulu gue masih sering mikir, buat apa maksa minta ortu beliin motor, kalo ujung2nya cuma buat kelayaban dan ga butuh2 banget!.
tapi gimanapun hati gue udah terlanjut sakit dikatain, seperti tamparan keras yg udah menahun wkwk emoticon-Ngakak (S), gue udah gamau denial lagi!

gue sempet menggalau sedih-sedih alay gitu, gue mulai brosing2 lagi ke kaskus dan quora tentang cowo yang umur 20an gabisa bawa motor, gue menemukan banyak motivasi, bahwa gue harus bisa bawa motor bukan hanya sekedar buat gaya-gayaan dan kelayaban, guye gabutuh prestige, tapi ini kebutuhan, setidaknya gue bisa bantu orang-orang sekitar gue, setidaknya gue bisa jemput cewe yang gue sayang, yg mau nerima gue selama ini gabisa bawa motor, wkwkwk asik gatuh emoticon-Ngakak (S)

MOTOR PERTAMAKUH!


Awal 2019 hasil nabung duit kerjaan dan sisa beasiswa, gue nekat beli motor!!!! bukan bebek bukan matic, langsung kopling wkwkwk, gue sempet sharing dan nanya2 ke sahabat gue, mereka smua kaget "ah gila lo kan gabisa bawa motor, mending beli yang matic dulu". gue jawab "oh tidak bisa", pendirian gue udah kuat, gue pengen bisa langsung bawa motor yang susah gatau gimana caranya.

gue beli motor kawasaki w175 cash! karna gue orgnya suka hal-hal yg berbau klasik/retro gitu, awalnya sih ditawarin motor customan skalian, tapi realistis aja gue belom bisa bawa, dan blm ngerti2 amat soal motor, nanti yang ada mogok ditengah dijalan kan berabeh, mending beli yang pabrikan aja udah tinggal pake.

hari itu tiba, motor udah ada dirumah, tapi gue gatau cara bawanya gimana wkwk lawak bgt emg. ditambah lagi gue masih malu dan takut kalo nanti tiba2 jatoh gajelas terus diliat banyak orang. dengan mengumpulkan niat dan keberanian, hari pertama gue belajar muter-muter lapangan sekolah yang lagi sepi ditemenin bokap tiri gue, karna bokap gue badannya segede gaban sedangkan gue cungkring cuma 52kg emoticon-Cape d... (S) jadi gabisa belajar sambil boncengan, berat banget.

hari itu gaada kendala, seenggak nya secara garis besar gue udah tau mekanisme penggunaan motor kopling. lusanya dengan kondisi keringet dingin dan mikir hampir dua jam, gue nekat jalan keliling kecamatan sendiri, awalnya lancar aja, dan bener ketika belokan gang, gue jatoh karna belok terlalu patah, tangan kaki gemeteran, tapi pas sampe rumah gue ngerasa puas bgt hahaha.

jeda seminggu gue ga belajar karna masih ada sedikit rasa takut, tapi gue kekeh harus ada progress!! gue telfon sahabat sekampus gue (karna waktu itu lg libur semesteran), gue minta ajarin langsung ke jalan raya!! wkwkwkwk, kita jalan hari minggu waktu subuh, ngincer jalanan biar masih kosong dan sepi, gue bawa lah itu motor beberapa kilometer sampe depan bandara halim, dan ketika ada polisi, swiiiiiingggg, gue panik!! tiba2 gue jago bisa langsung muter balik kaya cornering gitu wkwkwk, temen gue sampe melongo tapi diketawain, katanya itu polisi bukan nilang, dihalim emg sering ada pejabat mondar mandir wkwkwk

hari berganti hari, gue berasumsi mungkin baru bisa aman bawa motor setelah latihan 6 bulan dan lancar setelah satu tahun. jadi selama nanti kuliah gue tetep naik busway. but, seminggu setelah tragedi jago cornering, tepat dihari pertama masuk kuliah, entah bisikan dari mana gue nekat bawa motor! langsung sejauh 22 kilometer (kp.rambutan - ciputat) tanpa SIM wkwk, gue telfon sahabat gue lagi, minta dikawal jalan dari subuh. yang bikin gue berani saat itu, gue mikir semua orang dijalan juga pengen selamet, jadi selagi kita bawa motor sesuai aturan dan jadi pengendara yang baik, gausah takut!

udah kebayang lah ya gimana diperjalanan? motor gue mati dan loncat terus karna belom terbiasa megang koplingnya, terus di lampu merah motor gue gabisa dinetralin, dan sering mati ketika lampu ijo sampe akhirnya diklaksonin puluhan motor wkwk, untung gaada yang marahin waktu itu, gue cuma bisa masang muka tembok doang wkwk.

selang seling selama seminggu gue kadang bawa motor kadang naik busway, sampe seminggu kemudian, gue bikin SIM yuhuuuu! tapi nembak ya gausah ditanya wkwk. setelah itu selama sebulan lebih gue udah bawa motor terus tanpa dikawal temen gue, dari awalnya itu motor sering mati tengah jalan, graung-graung karna lupa masukin gigi, sampe akhirnya gue sudah terbiasa dengan bawa motor kopling ditengah kemacetan tb simatupang, sedikit agak menyesal kenapa ga beli motor matic, karna pegel banget apalagi buat gue yang amatiran baru bisa bawa motor emoticon-Berduka (S)

sampe ketika udah lumayan jago selap selip, gue agak sombong, beberapa hari lalu ketika abis ujan deres dan gerimis disore hari, ditambah ngantuk dan laper abis pulang kuliah gue kecelakaan (smoga ini yg trakhir). padahal sepanjang jalan ciputat sampe ragunan udah niat bgt dalem hati, jalan aja pelan-pelan, gausah buru2, baca doa dsb. tapi pas sampe flyover jagakarsa/lenteng agung, entah bisikan dari mana, gue terbawa suasana melihat jalanan yang sebegitu lancar, lansung gue tarik itu motor sampe 100km+, dan bener aja ketika udah naik flyover ternyata kendaraan lumayan padet, gue panik mata gue burem tiba-tiba, gue pencet itu semua rem dan akhirnya jeng jeng ban depan slip, karna udah tau gabakal sampe dan daripada nabrak motor depan, gue jatohin diri ke kiri, abis dah tangan kiri gue gabisa dilurusin, pecahan kaca spion nancep di dengkul kaki, pincang-pincang dsb. alhamdullilah masih dikasih umur panjang dan sekarang udah mendingan

shock dikit ada, tapi gue puas karna jadi banyak belajar! seenggaknya itu motor hasil keringet gue, hasil gue usaha menghilangkan semua rasa takut, insecure dan keraguan selama ini.

PESAN UNTUK KALIAN YANG BELOM BISA BAWA MOTOR!!


untuk siapapun mau cowo ato cewe yang belum bisa bawa motor, berapapun umur kalian, gausah malu dan takut! selagi kalian merasa bahwa motor memang dibutuhkan, pelan-pelan, mulai belajar, yang penting ga ngerugiin orang lain sama sekali. kalo kalian ngerasa bahwa motor ga perlu-perlu banget atau mau sekalian aja bawa mobil nantinya, itu juga gamasalah, ini semua cuma soal perspektif yang dibangun dalam masyarakat, karna kalo lo terus2san dengerin kata orang lain, gabakal ada habisnya, yang mereka cari cuma celah kelemahan dalam hidup lo, ketika lo udah bisa bawa motor lo bakal dikatain gabisa bawa mobil, ketika lo udah bisa bawa mobil mau apalagi? dikatain gabisa bawa pesawat?

yang terpenting adalah, elo tau mau dibawa kemana arah hidup lo ini, butuh motor atau tidak? dan pertimbangin motor ini bisa ngasih banyak manfaat gak di hidup lo? kalo bisa ya coba belajar, gaada kata terlambat, sesederhana itu. gue nulis ini karna gue tau gmn beratnya ngerasa insecure pas gabisa bawa motor, jadi semoga cerita sederhana ini bisa bermanfaat!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
ane blum bisa gan emoticon-Mewek
Dan ga ada yg mau ajarin ane emoticon-Embarrassment
Ane bantu buat ringkasannya.

Pesan dari cerita yang panjang ini adalah . . .
Quote:


*** bantu2 kaskuser yang males baca emoticon-Ngacir
Quote:

gpp gan, nanti kalo sudah waktunya pasti bisa
Quote:


yah nanti jadi ga laku dong cerita ane emoticon-Sorry jahat wkwk
Quote:


Tp skrg sbnrnya ane butuh gan,, ane udah bekerja di dua tempat, 22x ngasi ane motor dinas... tp krn ane ga bisa naik motor jd ga kepake deh emoticon-Mewek akhirnya motornya diambil lg emoticon-Frown
Quote:


nah enak tuh malah dapet motor dinas, coba minta ajarin org rumah atau temen kantor aja, ketika muncul rasa takut selalu inget alasan kenapa agan butuh dan harus belajar bawa motor
Quote:


Itu dia gan, ane ga ada yg ajarin soalnya ane kerja mulu, ga ada waktu buat belajar emoticon-Frown
Nyesel ane ga belajar dari dlu2 emoticon-Frown
Quote:


coba curi2 waktu gan tiap minggu, misal pas libur kerja belajar aja 30 menitan yg penting rutin, dikagetin dan paksa hrs belajar walopun cape, gitu istilahnya hehe
klo punya suami ga bisa ngendarain motor mah nyusahin. masa istri yg bonceng suami.
tp klo siap nyediain n nyupirin mobil buat bininya sih gpp wkwkwk
Diubah oleh sella91
Pesan ane buat cowo yg ga bisa berkendara

Gak apa2 ga bisa berkendara
Tapikan bisa bayar supir buat berkendara emoticon-Ngacir
Quote:


Quote:


bener banget nih, ada contoh realnya tuh komika raditya dika, dia terang2ngan gbs bawa motor tp bini nya mau2 aja mana cakep lagi, yg penting tajir dan bisa bayar sopir ya gan wkwkwk
Quote:


Makasseehhhemoticon-Cipok
gas pol
tinggal belajar sj... bisa krn sdh lumrah. ndak usah heran org belanda mahir bahasa belanda, krn mmg sdh lumrah disana...
ga usah malu gan ga bisa motor. kaka ane juga yang umurnya 37 tahunan masi belum bisa motor metik pun dia agak kurang lancar. tp dia selow selow aja optimis beraktivias. emgnya hidup hrus bisa motor ?
Cerita TS agak2 mirip sama ane sih..
Dulu, ane malah udah kerja tp msh blm bisa naik motor..
Boro2 motor, sepeda aja kagak bisa..
Sama kyk TS juga, karena ane jg dr keluarga yg bisa dibilang pas2an, mau pinjem sepeda temen buat belajar tp takut rusak..
Dan sama kyk TS juga, motor pertama yg ane punya jg motor laki (pakai kopling), ane belajar malem2 di lingkungan pabrik (kebetulan ane tinggal di mess pabrik) waktu orang2 udah sepi spy kagak malu..
Kebetulan waktu itu ane belajar sendiri, cuman teorinya nanya2 ke temen..
Selama belajar ane nggak pernah jatuh..
Kurang lebih 2 bulan setelah bisa naik motor, ane nekat mudik yang jaraknya sekitar 250 km pakai motor dan saat itu ane jatuh (karena reflek ane blm bagus, mau ngerem malah keliru narik tuas kopling). Box lampu depan pecah, tuas rem depan patah, sampe rumah dimarahin ortu.. Pas mau balik ke kota agak was - was, kira2 bakal selamet nggak ya..
Tp alhamdulillah, lama - kelamaan ane jadi mahir jg kok naik motor.. Intinya sih, kalau pengen bisa naik motor yg penting musti berani coba dulu, malu nomor sekian..

Btw, sampai detik ini ane jg punya temen seumuran yg msh blm bisa naik motor, mau gak mau kmn2 ya musti pake taxol atau ojol..
minta ajarin temen yang bisa pake kopling
Quote:


Ane ajarin deh

Pake vespa tapi
ane malah bisa semua jenis motor padahal gampang bgt loh bawa motor emoticon-Hammer2
dopost
Diubah oleh dom502
Quote:


Ane lg ada diperantauan gan emoticon-Mewek ga ada keluarga emoticon-Mewek teman kerja klo hari minggu pada sibuk urusan masing2 emoticon-Mewek trus ane jadinya bobo2 manja aja di rumah gan emoticon-Embarrassment
Ntar klo mudik ane pengen diajari sama adek ane emoticon-Big Grin tp belajar naik sepeda dlu emoticon-Hammer
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di