adamyvon
TS
adamyvon
Pengamat Internasional: Prabowo Tidak Menyerah sebelum Semua Cara Dilakukan

Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, mendeklarasikan kemenangannya di Pilpres 2019 di Jl. Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (18/4/2019) | AKURAS E N S O RDharma Wijayanto

AKURAT.CO, Hajatan demokrasi terbesar di Indonesia telah dilaksanakan pada Rabu (17/4). Hasil pemilu versi hitung cepat atau quick count pun telah dipublikasikan dengan hasil menunjukkan kemenangan calon petahana Joko Widodo atas rival lamanya dengan angka sekitar 54 persen vs 45 persen.

Ada momen unik yang seakan terulang dalam pilpres kali ini. Layaknya pemilu 2014 lalu yang mempertemukan keduanya dalam pemilu ini, kubu Prabowo kembali mengulangi hal yang pernah dia lakukan pasca-pilpres 2014 lalu. Prabowo menolak hasil quick count yang memenangkan Jokowi dan menuding banyak kecurangan yang terjadi dalam gelaran pilpres.

Tak berhenti di situ, ia juga mengumumkan hasil "real count" versi lembaga internalnya yang menunjukkan kemenangannya dengan perolehan 55 persen. Angka tersebut kemudian berubah beberapa jam kemudian menjadi 60 persen dan terakhir menjadi 62 persen. Pengulangan momen pilpres 2014 semakin lengkap saat ia melakukan sujud syukur atas "kemenangannya".

Melihat hal ini pengamat asal Australia angkat bicara, ia menganggap Prabowo sebagai sosok yang delusional.

"Dia adalah sosok Trumpian yang hidup dalam gelembung kebesaran imajiner yang diciptakan sendiri," kata Marcus Mietzner dari ANU College of Asia and Pacific, dilansir dari laman ABC News, Kamis (18/4).

"Setiap gangguan pada dunia fantasi itu bertemu dengan tambahan manipulatif lebih lanjut pada realitasnya sendiri," lanjutnya.

Namun, ia menambahkan bahwa apa yang dilakukan Prabowo mungkin merupakan taktik yang disengaja untuk memenangkan konsesi politik dari pemerintah baru.

Komentar lainnya dilontarkan oleh Direktur Lowy Institute di Asia Tenggara, Ben Bland, yang menyebut itu adalah upaya Prabowo untuk menyelamatkan muka.

"Ini adalah bagian pola dalam politik Indonesia untuk menyelamatkan muka, dengan mengklaim anda menang selama ini," kata Bland.

"Tetapi jika anda memprotes dan menantang hasilnya, itu adalah cara untuk meningkatkan daya ungkit politik anda pada saat pemerintah berikutnya memikirkan bagaimana mengatur kabinetnya. Itu terlihat agak absurd bagi dunia luar. Tapi di dalam negeri (Indonesia) orang-orang memakluminya," lanjut Bland.

Aaron Connelly dari Institut Internasional untuk Studi Strategis memprediksi bahwa Prabowo akan melayangkan tuntutan ke pengadilan layaknya pilpres periode sebelumnya.

"Sebagian pilpres ini bersifat personal untuk Prabowo. Keluarga Djojohadikusomo selalu membayangkan bahwa salah satu dari mereka akhirnya akan memerintah Indonesia, harus menjadi presiden," tutur Aaron.

"Jadi ini adalah pencarian pribadi, dan saya pikir itu akan sulit bagi Prabowo untuk menyerah sebelum semua cara habis," lanjut Aaron.

Aaron menyebut adanya kemungkinan bagi Prabowo untuk berdialog dengan Jokowi setelah ia mengakui kekalahannya. Yang dinegosiasikan nantinya dapat berupa bisnis atau bantuan politik untuk keluarganya. Aaron menambahkan kemungkinan Prabowo akan meminta jatah menteri, meskipun kemungkinannya sangat kecil.

Saat ini media sosial tengah diramaikan dengan tagar #PrabowoHalu sebagai ejekan atas klaimnya. Kicauan paling ramai adalah dari Chatib Basri, mantan menteri keuangan Indonesia, yang mengkritik para penolak hasil quick count.

"Jika Anda tidak percaya pada pengambilan sampel secara acak, lain kali Anda melakukan tes darah, beri tahu dokter untuk mengambil semuanya," tulis Chatib mengutip A C Nielsen Jr.

[url]https://m.akuraS E N S O R596185/pengamat-internasional-prabowo-tidak-menyerah-sebelum-semua-cara-dilakukan[/url]

Dengan semakin gila nya Prabowo sekarang

Isu yg mengatakan Prabowo sengaja dipelihara untuk mencegah lahirnya poros ketiga terbukti benar emoticon-Wkwkwk
Diubah oleh adamyvon 18-04-2019 17:59
4
5.9K
84
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan