alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bius Prabowo Atasi Mobil Esemka Jelang Pilpres
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb3d075f0bdb2531a3c5bf0/bius-prabowo-atasi-mobil-esemka-jelang-pilpres

Bius Prabowo Atasi Mobil Esemka Jelang Pilpres

Jakarta, CNN Indonesia --
Kubu calon Presiden Indonesia Prabowo Subianto meyakini mobil nasional (mobnas) bisa terwujud bila tahun ini ganti presiden. Badan Pemenangan Nasional (BPN) menjelaskan mobnas versi Prabowo merupakan langkah awal dalam pengembangan industri dalam negeri.

Prabowo pernah menyinggung soal mobnas dalam orasinya saat kampanye terbuka di Solo pada Rabu (10/4). Saat itu dia mengatakan, "Kita ingin punya mobil buatan Indonesia yang benar-benar buatan Indonesia, bukan mobil etok-etok (bahasa jawa: pura-pura)".

Prabowo memang tidak menyatakan langsung mobnas etok-etok yang dimaksud menyindir proyek Esemka yang pernah mengangkat nama Presiden Joko Widodo saat masih menjabat Wali Kota Solo (2005 - 2012).


Walau begitu, ucapan pendiri Partai Gerindra itu bisa jadi merujuk ke Esemka yang sampai sekarang sulit diketahui perkembangannya sebab belum ada pernyataan resmi sang produsen, Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH).

Lihat juga:Jokowi dan 'Dongeng' Esemka dalam Keriuhan Politik
Anggota Dewan Pakar BPN Drajat Wibowo menjelaskan mobnas tidak eksplisit masuk dalam draf program kerja yang sudah disiapkan Prabowo bila terpilih jadi presiden. Meski begitu Drajat mengatakan mobnas menjadi bagian dalam konteks penguatan kapasitas teknologi.

"Enggak kalau untuk menyindir itu rasanya tidak tapi itu masuknya dalam pengembangan industri. Jadi konteksnya untuk penguatan kapasitas teknologi," kata Drajat, Kamis (11/4).

Menurut Drajat bidang teknik permesinan Indonesia jauh tertinggal, padahal katanya anak bangsa pernah sanggup membuat pesawat terbang. Prabowo, kata Drajat, ingin permesinan itu dikembangkan dengan menjadikan mobnas sebagai pemicu.

Drajat mengungkap definisi mobnas yang dimaksud adalah mobil di mana komponen utamanya buatan Indonesia.

Lihat juga:BPN Sebut Mobil Nasional Prabowo Tak Akan Seperti Esemka
"Selama ini, ya maaf, kalau komponen dalam negeri saja itu dibuat persentase kadang misleading. Seperti misalkan Kijang, itu kan komponen dalam negeri sudah tinggi, tapi kan mesinnya bukan dari kita, jadi jantungnya belum kita kuasai," ucap Drajat.

Mobil nasional versi Prabowo, jelas Drajat lagi, bukan barang komersial yang bersaing dengan merek Jepang atau Eropa di dalam negeri, melainkan mobil yang ditujukan buat kebutuhan khusus, misalnya untuk TNI, kepolisian, atau mobil dinas.

Drajat tidak setuju mobnas versi Prabowo dianggap ikut-ikut proyek mobnas Jokowi. Menurut dia mobnas sudah pernah ada sejak era B.J Habibie dan Tommy Soeharto (Hutomo Mandala Putra).

"Mobil nasional itu jangan lupa yang pertama jalan pak Habibie dan Tommy Soeharto, berarti pak Jokowi itu ikut-ikut orde baru. Jangan menyampurkan kepentingan bangsa dengan politik," kata Drajat.

"Pak Jokowi naik melalui Esemka, faktanya Esemka gagal. Kalau kita yang mendapat amanat, kita bisa mewujudkan itu," ucap Drajat.

Lihat juga:Mobil dan Motor Baru Meluncur di IIMS 2019
Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin yang dihubungi CNNIndonesia.com belum buka suara terkait wacana Prabowo yang ingin menghidupkan industri mobil nasional. Kubu Jokowi masih diam seribu bahasa.

Awal keberadaan Esemka untuk mengangkat eksistensi SMK dan pengembangan pendidikan karakter kewirausahaan. Nama Esemka dipilih karena dianggap mencerminkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Pada 2007, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan mencetuskan program teaching factory untuk sekolah-sekolah terpilih. Salah satu satu bidang yang coba dikembangkan adalah perakitan mobil.


https://m.cnnindonesia.com/teknologi...jelang-pilpres


Esemka dan jokowi satu hati. Esemka terluka jokowi jg terluka... Tampa jokowi esemka hampa
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Dulu naik mobil esemka sekarang mobil legend emoticon-Leh Uga
ML bray
Quote:


emoticon-Blue Guy Bata (L) woi milenial woi maen gem hape emoticon-Mad
perlu waktu sekitar 7 tahun untuk bikin industri mobil itu gan. engga bisa cepet.
bangun assembly line butuh 7 tahun cuy emoticon-Leh Uga
mendingan jangan deh dilanjutin bikin mobil nasional.
Masyarakat Indo soal mobil ga ada nasionalis nasionalisnya. Besar kemungkinan tuh mobil ga akan laku.
Liat aja brand mobil korea, US atau Cina. Kurang bagus apa mobilnya? tapi ga bisa berkembang juga.
Apalagi ini mobil dengan brand dari Indonesia. Yang ada malah tuh mobil bakal diremehin dengan segala macem kecurigaan seperti: belum teruji kualitasnya, harga jualnya jeblok, dll.
Mendingan pemerintah fokus di industri yg mensupport material untuk produksi mobil.
Sekarang ini untuk head unit aja masih impor. Modul ABS nya impor. Lampu projector LED bahkan lampu projector halogen impor juga.
Biar aja brand luar masuk ke Indo, tapi komponen nya 100% buatnya di Indonesia.
Quote:


tapi mobil korea laku keras lho di korea......
dan mobil india juga laku keras di india.....
mosok mobil indonesia kagak laku di indonesia? kl harga busa 50 jt dapat baru pasti laku keras....
Quote:


Betul gan, karena di dua negara tadi yg namanya kecintaan ama produk lokal nya sangat tinggi.
Berbeda dengan masyarakat Indo. Sebagai contoh brand dari China yg baru" ini masuk ke Indo, Wuling. Apa yg kurang dari Wuling? Barangnya punya fitur dan teknologi yang lebih tinggi untuk kelas yg sama, harga jualnya udah termasuk yg paling murah, jaringannya beresnya udah menyebar, brandnya di co branding dengan chevrolet. Itu aja Wuling masih segitu-gitu aja geraknya.
Gimana nasib nya ama mobil dengan brand lokal?? Belajarlah dari sejarah. Masyarakat Indo ga mayoritas ga ada kebanggaannya pake produk lokal. Mereka bangga kalo pake produk yg membuat gengsi mereka naik. Itulah kenapa HP macem Iphone sampe dibelain beli secara kredit selama 1 tahun. Bayangin..... beli HP pake redit setahun loh, cuma demi gengsi.
Gengsi number one di negara ini. Kira" kalo beli mobil brand esemka.... gengsi bakal naek ngga?
Quote:


Jd kunci nya kecintaan produk dalam negeri nich?
Bukan kah itu mindset yg coba di tanamkan oleh jokowi....sbg contoh jaket bomber...sepatu produk dalam negeri yg di pakai presiden jd laku keras.,.,

Emang untuk tahap hp dan mobil..butuh waktu...tp bukan tdk mungkin 3 atau 5 tahun ke depan masyarakat mindset nya udah siap utk bahkan mobil dalam negeri....
Skrg sich masih tahap menilai value for money...
Bahkan wuling yg baru sebentar mengaspal udah mengalahkan beberapa merk yg udah lebih lama mengaspal di indonesia....jangan bandingkan dng toyota...masih jauh...tp sbg pendatang baru wuling tergolomg sukses...bahkan dia pun bukan mobnas..

Bayangkan kalau itu mobnas dng merk garuda..atau badak...bukan kah akan lebih laku lagi?
Quote:


Yups mindset cinta produk dalam negeri. Perihal penanaman mindset Ini sudah dicoba dari semenjak puluhan tahun lalu dari jaman Soeharto sebenarnya, dan hasilnya bisa dilihat sampe sekarang. Merk Bata dicibir. Merk polytron diketawain, Maspion ya begitulah. Wuling disokong modal milyaran dollar gan. Sementara mereka yg ga bermodal gede macam produk TATA, bisa dilihat gimana ngenesnya disikat dominasi bradn Jepang. Apalagi ini untuk Mobnas yang sudah bisa dipastikan bantuan pendanaannya kembang kempis. Udah kebayang deh nasibnya tuh mobnas nantinya. Geser dikit liat lah nasibnya Proton. Jangan lah kita tutup mata. Kenali sifat bangsa ini soal kendaraan yg sudah jadi bagian dari Gengsi atau status sosial.
Quote:


Kl skrg sich emang masih belum..tapi 5 tahun ke depan sangat mungkin ada perubahan mindset..permasalahan dng merk mobil selain jepang...jelas tdk ada unsur nasionalisme nya...
Kl mobil nasional benar2 terwujud ..mungkin nasib nya agak beda..
Dan jg ada unsut perang dagang....prinsipal jepang tdk mau begitu aja melepas dominasi mereka atas pasar mobil indonesia..maklum dng populasi 200 jt lebih jelas pangsa pasar amat sangat besar...terbesar no 4 di dunia....bayangkan...mana rela jepang melepas....
Maka nya satu2 nya jalan harus gandeng perusahaan negara lain agar bersedia transfer tehnologie...jd dalam 5 tahun kita mampu produksi sendiri..

Apa lagi skrg mesin2 canggih cnc udah mampu bikin kruk as langsung dr besi gelondongan...

Kl ane optimis jika merk nasional akan cukup di sambut antusias...ambil 5 persen aja share nya...itu sudah bagus...dan pabrik nya mungkin sudah kewalahan..
Quote:


Maspion, zyrex, axioo gimqna kabarnya gan emoticon-Bingung
Quote:


Mazpion masih...zyrex dan axioo yg mungkin ko....tp wong ibm aja juga K.O...di hantam perkembangam jaman...nokia juga tewas....itu hal biasa lah...merk sempat terkenal akhit nya KO kl tdk inovatif....

Tp utk pangsa pasar home apliance macam kulkas ..mesin cuci ...tv led...merk loka masih eksis..

Kl mobil nasional mungkin setiap instansi bisa di wajibkan memakai nya sbg mobil dinas....wkwkkw..siapa tahu jadi laku....


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di