codename.isalAvatar border
TS
codename.isal
Golput Kok Bangga? Ayo Nyoblos Gan!


Golput (golongan putih) selalu jadi fenomena tersendiri dalam setiap penyelenggaraan Pemilu. Di tengah hingar-bingar pesta demokrasi yang berlangsung di republik ini, ada segelintir individu/kelompok yang seolah tak peduli dan dengan bangga mendeklarasikan dirinya golput.

Fenomena golput memang selalu ada baik itu dalam pemilihan bupati/walikota, gubernur, legislatif, hingga pada tingkat presiden dan wakil presiden. Trend orang-orang yang golput ini juga cenderung naik tiap ada tahun penyelenggaraan Pemilu.

Alasan mereka-mereka yang golput ini juga klasik, mulai dari karena mereka acuh (gak peduli) terhadap hal-hal politik, bisa karena mereka menganggap calon-calon yang maju tidak kompeten atau bingung karena gak kenal dengan calon-calonnya.

Bahkan sampai ada juga yang menganggap: "Ngapain nyoblos? Nyoblos gak nyoblos, nasib gue juga bakal gini-gini aja... Gak ngefek apa-apa." Waduh...
emoticon-No Hope



Padahal nih, mungkin kelihatannya kayak sepele, tapi satu suara kita itu bisa berpengaruh pada siapa capres/caleg yang menang dalam Pemilu loh. Dan mesti kalian tau juga, dengan memilih golput berarti kalian sama aja membuka peluang oknum-oknum licik yang ingin memanipulasi suara demi memenangkan capres/caleg jagoannya.

Bayangin, kalian gak nyoblos tapi kemungkinan hak suara kalian malah digunain sama oknum-oknum licik buat menangin capres/caleg tertentu. Harusnya calon terbaik malah calon abal-abal yang terpilih. Lagian apa salahnya sih luangin waktu 5-10 menit di TPS buat nyoblos? Tinggal datang, colok, keluar, beres deh... Gampang kan?
emoticon-Ngakak



"OK deh, ane nyoblos... Eh, tapi ane bingung milih siapa, kaga ada yang kenal."

Yaelah, 2019 masih aja pake alasan klasik. Ane yakin kalian semua pada megang HP kan? Melek internet kan? Jaman udah gampang, tinggal browsing aja. Kalo capres/cawapres mungkin rekam jejaknya gampang yah, karena sering dibahas dimana-mana.

Nah, kalo caleg ada beberapa situs yang bisa jadi referensi untuk kita menilai rekam jejak mereka. Kalian bisa cek di: infopemilu.kpu.go.id, rekamjejak.net, WikiDPR.org, Calegpedia.id, atau JariUngu.com.

So, gak ada lagi alasan gak kenal sama calon-calonnya. Mungkin kalian cuma males aja cari tau infonya. Mereka gak mungkin kenalan sama kalian satu per satu, door to door, jadi kalian mesti cari tau sendiri buat kenal siapa mereka. emoticon-Big Grin



"Kalo ane lagi ada di luar kota/negeri, mau nyoblos gimana? Apa harus pulang dulu?"

Kalo alamat KTP tidak sama dengan domisili saat ini gak perlu bingung. Kalian bisa mengurus dokumen pindah memilih atau formulir model A5 ke petugas KPU dari daerah asal KTP atau daerah domisili saat ini. Prosesnya juga gampang, tinggal bawa KTP terus tunjukin ke petugas KPU setempat.

Misal, alamat KTP di Tangerang, sementara domisili sekarang di Surabaya. Kita bisa ngurus kepindahan pemilih di KPU Surabaya, atau bisa juga di KPU Tangerang, tergantung lokasi yang paling dekat dengan kalian saat ini. Dan satu lagi, ngurusnya jangan pas Hari-H pencoblosan, hari-hari sebelumnya udah harus diurus, kalo ngurus pas Hari-H yah udah terlambat. emoticon-Nohope

Nah buat yang di luar negeri, WNI bisa nyoblos di kantor KBRI di negara masing-masing, atau bisa pake kotak suara keliling, dan buat yang tinggal di pelosok surat suara akan dikirim via pos (amplop + perangko udah disiapin), kita tinggal buka, coblos, tutup lagi, lalu kirim balik. emoticon-Cek PM (S)

KPU sudah memberi kemudahan bagi semua warga Indonesia untuk bisa ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi Pemilu. Jadi, gak ada alasan lagi buat gak ikutan nyoblos.
emoticon-I Love Indonesia



Memang, ane ngerti golput juga merupakan hak bagi warga negara. Tapi, apa kalian mau begitu saja melewatkan kesempatan 5 tahun sekali untuk memilih calon-calon pemimpin bangsa?

Semua kebijakan-kebijakan nanti dibuat sama mereka-mereka ini loh. Terus kalo yang terpilih nanti adalah para pemimpin yang gak amanah, membawa kesulitan pada kita semua dan malah membuat negeri kita "rusak" bagaimana?



Kalo udah gini yang disalahin pasti negara, negara, dan negara. Yah, lagian siapa suruh kemaren golput. Makanya, ayo jangan golput! Percaya deh, golput itu gak keren!

GOLPUT KOK BANGGA?
emoticon-Coblos
AYO NYOBLOS GAN!



Referensi:
1 . 2 . 3

Diubah oleh codename.isal 11-04-2019 03:56
anasabila
pengawas.bumi
pengawas.bumi dan anasabila memberi reputasi
2
2.2K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan