moviegangstaAvatar border
TS
moviegangsta
Lagu Skrillex Bikin Nyamuk Ogah K4w1n, Ini Faktanya!



Nyamuk tuh memang ya, makhluk Tuhan paling mengganggu saat kita sedang butuh tidur malam yang nyenyak dan mimpi indah. Suara nguing-nguing yang mereka hasilkan selalu terdengar kenceng di kuping. Nyebelinnya lagi, meski kita sudah bakar obat nyamuk (yaelah hidup di tahun berapa ya gue), atau semprot seluruh ruangan dengan anti-nyamuk, atau pakai krim oles anti-nyamuk di seluruh tubuh, selalu aja ada celah buat mereka untuk mengganggu kententeraman tidur kita! Eh tapi ada satu cara yang kayaknya oke buat dicoba nih: memutar lagu Skrillex.

Tahu Skrillex kan? Musisi Amerika yang lagu-lagunya sangat khas dengan elemen elektronik yang massive itu lho! Sebuah penelitian terbaru yang terbit dalam jurnal Acta Tropica, ternyata ada lagu Skrillex yang sangat ampuh untuk menghalau nyamuk. Bahkan lagu-lagu setipe ini disebut-sebut akan bisa mencegah penyebaran penyakit demam berdarah karena berfungsi untuk membuat nyamuk Aedes jadi malas mengisap darah manusia. Lho kok bisa? Kepoin yuk!

Scary Monster and Nice Sprites




Skrillex sudah ada di industri musik elektronik lebih dari 10 tahun. Dia juga telah menciptakan banyak lagu bergenre EDM dan dubstep. Namun fakta unik ditemuikan oleh para peneliti dan ahli serangga dari Malaysia dan Thailand bahwa lagunya yang berjudul 'Scary Monster and Nice Sprites' punya efek "aneh" pada nyamuk. Lagu ini membuat nyamuk malas k4w1n dan juga mengisap darah manusia. Kenapa bisa kayak gitu ya?

Tim peneliti menjelaskan, dalam fase kehidupan nyamuk, suara punya peranan penting dalam interaksi binatang tersebut secara seksual. Tidak hanya nyamuk sebenarnya, tapi serangga secara umum. Suara berpengaruh untuk proses reproduksi, kelangsungan hidup, dan juga dalam hal mempertahankan populasi mereka. Ketika sedang dalam masa reproduksi, serangga termasuk nyamuk mengeluarkan sinyal-sinyal yang hanya bisa didengar oleh sesama mereka. Nah, suara yang dihasilkan dari getaran frekuensi rendah bisa menghasilkan suara bising yang pada akhirnya mengganggu sinyal "asmara" para nyamuk.

Gabungan frekuensi di lagu Skrillex



Para peneliti lebih lanjut lagi menjelaskan bahwa lagu Skrillex 'Scary Monster and Nice Sprites' punya gabungan frekuensi-frekuensi yang sangat dibenci oleh nyamuk. Lagu ini menggabungkan berbagai suara di frekuensi tinggi, sangat tinggi, rendah dan sangat rendah. Itulah awal kenapa akhirnya para peneliti menggunakan lagu ini untuk penelitian pengusir nyamuk mereka.

Hasilnya malah ternyata di luar dugaan mereka lho GanSis. Terbukti setelah mendengarkan lagu Skrillex ini, nyamuk betina jadi lebih jarang k4w1n dan mengisap darah kalau dibandingkan dengan nyamuk yang tidak mendengarkan lagu tersebut. Dalam jurnalnya, mereka menulis bahwa tipe musik seperti 'Scary Monster and Nice Sprites' bisa:

1. Menunda gigitan nyamuk
2. Mengurangi gigitan nyamuk
3. Mengganggu proses perk4w1nan nyamuk

Skrillex merilis lagu 'Scary Monster and Nice Sprites' di tahun 2012 silam dan masuk ke dalam kategori musik dubstep. Lagu ini memuat suara-suara dari berbagai frekuensi. Suara nyamuk pun sebenarnya bisa diukur dalam frekuensi. Yang terdengar di kuping kita adalah sinyal k4w1n dari mereka. Nyamuk betina biasanya mengeluarkan suara di frekuensi 400 Hz sementara nyamuk jantan di 600 Hz. Ketika semakin agresif, suara mereka akan naik ke 1.200 Hz.

Perlu dicoba kali ya ini? Tapi kalau malam-malam dengerin lagu ini malah gajadi tidur gak sih?



Spoiler for Referensi:


8
6.9K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan