alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies Tarik Ucapannya Soal Penyebab Banjir Jakarta, Kok Bisa?
5 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cad612c4601cf18fc320a21/anies-tarik-ucapannya-soal-penyebab-banjir-jakarta-kok-bisa

Anies Tarik Ucapannya Soal Penyebab Banjir Jakarta, Kok Bisa?

Anies Tarik Ucapannya Soal Penyebab Banjir Jakarta, Kok Bisa?

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menarik tudingan bahwa Light Rail Transit (LRT) Jabodebek biang kerok banjir. Dia berdalih bahwa penyebab banjir di sekitar proyek LRT adalah kekurangan pompa, bukan karena proyeknya.

Hal itu dikatakannya dalam menanggapi pernyataan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang meminta bukti bahwa proyek LRT adalah penyebab banjir di Jakarta.

"Persoalannya adalah kurang pompa, bukan LRT-nya. Karena pompanya kurang maka terjadi banjir. Yang kurang menyediakan pompa adalah pihak kontraktor LRT," kata Anies selesai memberikan sambutan di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Selasa (9/4/2019), dikutip dari cnnindonesia.com.

Menurut Anies seharusnya pihak kontraktor LRT menyediakan pompa yang cukup agar tidak terjadi genangan air hingga banjir di sekitar pembangunan. Ia menilai, jika ketersediaan pompa tercukupi maka mampu menyedot genangan saat terjadi hujan.

"Jadi pompanya harus diberesin, bukan LRT-nya, tapi kontraktor dalam konstruksi. Sudahlah kita ini kerja bersama, semua kerja bersama karena itu kondisi di lapangan menunjukan seperti itu," ujar Anies.

Sebelumnya, geram dengan dua perusahaan BUMN, Adhi Karya dan Waskita Karya. Kegeraman Anies bahkan diungkapkan melalui akun resmi media sosialnya, Facebook dan Instagram, Kamis (4/4/2019).

Semua itu bermula karena dua proyek, yakni LRT Jabodebek dan Tol Becakayu dinilai sebagai biang kerok banjir di sejumlah titik. Penilaian Anies itu didapat langsung usai menginspeksi lokasi-lokasi di sepanjang jalan MT Haryono dan DI Pandjaitan yang tergenang ketika hujan deras dengan volume besar.

"Kami minta pihak kontraktor Adhi Karya (LRT) dan Waskita Karya (Tol Becakayu) segera lakukan koreksi. Kami akan panggil mereka dan review semua proyek mereka di DKI Jakarta," ungkapnya.

"Ini semua ada di AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan). Ketika menyusun AMDAL, ada kewajiban-kewajiban untuk kontraktor menyiapkan semua instrumen pencegah banjir," tegasnya

Anies menemukan bahwa saluran-saluran air di sepanjang jalan, tertutup oleh lumpur bekas galian dan pilar-pilar pembangunan LRT Jabodebek dan Tol Becakayu. Dia menilai, pihak kontraktor tidak mampu mengantisipasi volume air dari hujan deras.

"Karena pompa yang tersedia bersifat mobile dan kapasitas terbatas," paparnya.

Selain itu, jumlah pompa dinilai masih kurang sehingga kemarin pihak Dinas SDA Pemprov DKI Jakarta membantu agar beban air tidak menumpuk di daerah selatan Jakarta.

"Ini salah satu contoh, mengapa kami selalu minta kepada seluruh kontraktor proyek di Jakarta untuk mematuhi AMDAL dan menyiapkan mekanisme yang baik dalam mengatasi aliran air ketika musim hujan," tandasnya.

Anies mendesak semua pihak tidak menganggap enteng persoalan tersebut. Apalagi, menurutnya lokasi proyek tersebut terletak di jalan-jalan protokol.

"Karena ketika anda lalai menjalankan yang sudah ada dalam rencana, kelalaian itu berimplikasi kepada penderitaan ratusan ribu warga yang ada di sekitar ini, yang lalu lalang sekitar jalan ini. Hari ini kita berikan peringatan keras. Dan kita akan minta agar tidak terulang lagi," urainya.

Ucapan itu langsung menuai respons berbagai pihak. Menhub Budi Karya Sumadi menanggapinya. Ia meminta Anies memberikan bukti.

"Mungkin saya minta Pak Gubernur itu meneliti lebih jauh ya, kalau berstatement itu kan ada buktinya," kata Budi Karya di Kantor PT IPC, Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (7/4/2019) seperti ditulis detik.com.

Tak hanya Menhub, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan juga angkat bicara.

"Di mananya yang buat banjir? Gak bisa jawab kan? Semua dikoordinasikan," ujar Luhut dalam sebuah bincang pagi bersama awak media di kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Senin (8/4/2019).

Ia mencontohkan pembangunan stasiun Dukuh Atas yang belum juga dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta. Padahal, persetujuan dari pemerintah pusat sudah lahir sejak dua bulan yang lalu.

"Jadi, saya gak mau di publik saling menyalahkan. Kerjain dong bidang kita masing-masing," kata Luhut. (hps/hps)

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...rom=wp_wm_cnbc

Quote:
Diubah oleh KASKUS.HQ
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
Meme(k) Suka2 gw bangs@t monggo ditampilkan emoticon-Ngakak
wan abud takut ntar jd bumerang klo dia mw resmiin tuh proyek emoticon-Wkwkwk
sama kayak proyek mrt yg dulu dia tuduh jd penyebab banjir, taunya waktu peresmian dia ikut2an juga emoticon-Wow
bud abud, akal bulus loe
salahin jokowi aja kenapa bendungannya gak kelar2
Anies Tarik Ucapannya Soal Penyebab Banjir Jakarta, Kok Bisa?
Diubah oleh cipokan.yuk
Skrg nyalain pompa????

Oh maklum pompa bisu tdk bisa membela diri....






BTW bukannya air harus masuk ke tanah. Kenapa di pompa ke laut karna melawan ........


Naturalisasi sungai2 apa kabar???

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk


Gubernur terbelakang dalam sejarah Kota jakarta berdiri....


Jancok 58...
Anies Tarik Ucapannya Soal Penyebab Banjir Jakarta, Kok Bisa?
emoticon-Imlek
Diubah oleh responaftercrot
hmmmmm....
gitu yah.
monggo ditambah pompanya klo gitu
makanya disurati dulu dong wan.
dibicarakan baik-baik dan rangkul. masak lupa sama jutsu sendiri. emoticon-Big Grin
Kasian nih org, punya tim TGUPP yg dibayar mahal2, tapi gak ada yg mau nyebokin dia.
penyebab banjir itu adalah air... emoticon-Big Grin
Anies Tarik Ucapannya Soal Penyebab Banjir Jakarta, Kok Bisa?
suka suka dia, jangan ada yg protes
terserah dia dah itu mulus gituh amat
Balasan post meooong
masuk akal juga emoticon-Big Grin

solusinya kudu nambah personil TGUPP lagi
mungkin kurang banyak

masak pompa kurang aja gak tahu emoticon-Big Grin
cebong Goblok,,,,

Klarifikasi Itu penting biar ga salah tangkap masyarakat nya


Susah emang klo punya Hati kotor penuh dengan kedengkian macam Nastaik dungu

emoticon-Cool
wajar sih kalau lagi proses pembangunan ada banjiremoticon-Ngakak
Adhi karyanya aja follow up pembersihan lumpur, cek jalan air, juga nambah pompa aka ngaku salah

Nih menteri maritim lagi caper buat gorengan
Diubah oleh TraderBT
Solusinya sudah ada nastak dan nasbung diharap tenang

Anies Tarik Ucapannya Soal Penyebab Banjir Jakarta, Kok Bisa?
Diubah oleh konco.dewe
Anies Tarik Ucapannya Soal Penyebab Banjir Jakarta, Kok Bisa?

Ganti Gubernur
oh nasibmuu, warga jakarta. emoticon-Big Grin
you brought this on yourself. emoticon-Smilie
emoticon-Ngakak
Quote:

Mewek si wan Abud ternyata dongok kagak becus kerja. emoticon-Big Grin
Dibandingkan dgn si kafir bagaikan Emas (si kafir) : Tai Kuda (si abud) emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di