KokonataAvatar border
TS
Kokonata
Jangan Malu Makan di Warteg, 2 Cowok Korea Ini Malah Ungkap 5 Kelebihannya

Sebagian orang enggan dan malu makan di warung tegal (warteg). Satu dari sekian banyak alasannya karena pengunjung warteg kaum tak berada semisal anak kos dengan jatah uang bulanan pas-pasan. Citra warteg sebagai tempat makan kaum sosial ekonomi menengah ke bawah sungguh sulit dihilangkan.
 
Namun jangan salah, ada orang asing yang suka makan di warteg. Misalnya saja Youtuber asal Korea Selatan bernama Han Jongdae yang mengelola akun Bandung Oppa. Cowok Korea yang mempelajari bahasa Indonesia itu malah mengajak temannya, sesama warga Korea untuk makan di warteg.

Han Jongdae mengungkapkan kelebihan makan di warteg pada video publikasi (25/1/2019) melalui Youtube.com/Bandung Oppa. Temannya yang bernama Jihyeok cukup terkesan dengan makanan warteg. Berikut kelebihan makan di warteg versi Jongdae bersama Jihyeok yang dijuluki Oppa Alay.
 
1. Menunya Seperti Masakan di Rumah
Menu di warteg pada umumnya sama dengan makanan di rumah. Sayur lodeh, tumis kankung, orek tempe dan lainnya. Menu yang disajikan di warteg, ternyata mirip juga dengan masakan rumah di Korea. Oppa Alay sampai berkomentar “Aku bahagia,” saat mencicipi bakwan jagung dengan cocolan sambal. Segitunya, ya.  
 
2. Penampakan Makanan Terlihat Duluan
Buku atau lembaran menu makanan di restoran seringkali memuat nama makanan, foto, dan harganya. Sayangnya foto dan makanan yang terhidang seringkali tidak sama. Di warteg tidak ada buku atau lemaran menu, namun kita dapat langsung melihat penampakan makannya. Bagi orang asing, melihat makanan secara langsung itu penting karena nama makanan tidak familiar bagi mereka.




 3. Harga Murah Meriah 
Di Korea, satu porsi makanan warteg yang terdiri dari nasi, sayur dan lauk pauk harganya sekitar 7.000 - 8.000,  atau atau hampir Rp100.000. Maka dari itu, harga makanan warteg dianggap murah banget oleh Bandung Oppa. Murahnya makanan di Indonesia mungkin jadi satu daya tarik tersendiri bagi orang Korea untuk mengulas kuliner Indonesia di media sosial.    
 
4. Menu Sayur Cukup Banyak
Bagi orang yang wajib makan sayur pada setiap porsi makan besarnya, warteg merupakan pilihan bagus. Hal itu juga diakui Bandung Oppa. Aneka macam sayur masak maupun mentah plus sambal tersedia di warteg. Bagus banget buat orang yang suka diet.  


 
5. Porsi Makan Bisa Banyak
Bagi orang yang suka makan banyak tapi kantong cekak, warteg memang tempatnya. Hal itu pun diakui oleh Bandung Oppa. Di warteg bisa dapat nasi dengan porsi banyak, pesan Cuma beberapa lauk serta kuah gratisan sesuai selera. Jadi makan lauk tempe tahu, boleh minta kuah opor ayam. 
 

Nah, kalau orang Korea saja cukup puas makan di warteg, masa Agan dan Sista masih malu-malu mengisi perut di sana? Warteg bisa dikatakan salah satu keragaman budaya Indonesia. Selain makan bersama, kita juga bisa bersosialisasi dengan sesama pengunjung warteg lainnya. Yang setuju boleh dicendolin, Gan-Sis.   



Sumber tulisan
Sumber foto banner
Sumber foto Bandung Oppa




emoticon-Cendol Gan


emoticon-Peluk





Diubah oleh Kokonata 07-04-2019 04:20
kmalhakim
nona212
nona212 dan kmalhakim memberi reputasi
15
11.4K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan