papaganteng212Avatar border
TS
papaganteng212
Mau Pelihara Opel Blazer, Ini Kelebihan "si Kebo"
Selamat hari senin..

Masih bersama ane gan, papaganteng212, penikmat otomotif Indonesia, baik roda 2 atau roda 4.



Sebelumnya, ane sempet ngebahas sejarah awalnya Opel Blazer di Indonesia. Pertanyannya, kenapa ane ujug-ujug bahas Blazer, mobil tuwir, yang katanya bensin boros, perawatan mahal, spare part susah dll.


Baca ini Gan:  Seluk Beluk Opel Blazer


Ane punya pengalaman dengan Opel Blazer. Bayangin gan, Opel Blazer jadi mobil pertama yang ane beli. Jadi bener-bener nol pengalaman melihara mobil, langsung dapet Opel Blazer.

Saat pertama beli, langsung banyak orang bilang, kenapa beli Blazer, mesin boros gitu, muat cuma lima, spare part mahal, pokoknya semua yang serem-serem soal ngerawat Blazer. Nah, sebenernya berdasarkan pengalaman ane dan dirangkum dari beberapa situs, Opel Blazer punya banyak keunggulan.



simak ini gan...

1. Harga murah
Ane tahun 2009 beli Blazer cuma Rp 25 juta. Kondisi mulus, mesin lumayan rapi, meskipun butuh restorasi di beberapa sektor. Tapi dengan harga segitu, dibandingkan dengan semua SUV yang ada di Indonesia, Blazer adalah yang termurah.

Kisarannya saat ini ada di angka Rp 30 juta  sampai Rp 40 juta. Tentunya tergantung kondisi mobil. Saran ane, buat yang minat boyong Opel Blazer, cari mobil dengan harga terbaik (jangan terlalu murah, atau ketinggian), lalu sediain juga dana cadangan sekitar Rp 10 jutaan, buat perbaikan. Syukur-syukur dana itu ga kepake gan..  hehe


2. Model masih sesuai dengan zaman
Sejak pertama lahir 1996 sampai 2003, Blazer tidak banyak mengalami perubahan signifikan. Hanya beda aksesoris dan lampu, tapi coba lihat dengan bodi tidak terlalu kotak, justru Blazer tak terlihat kuno dibandingkan dengan Nissan Terrano misalnya.

Bahkan, kalau mau bergaya, coba nonton film-film Hollywood yang bercerita tentang agen pemerintahan seperti FBI atau CIA, mobilnya SUV dengan desain mirip Blazer kan. hehe bisa jadi referensi modif tuh.


3. Mesin Injeksi
Meski lahir di tahun 90-an, tapi Opel Blazer sudah mengusung mesin injeksi. Bandingkan dengan Nissan Terano, Daihatsu Taft, Toyota Landcruiser, Hardtop dan SUV lainnya, hanya Blazer yang menggunakan mesin injeksi.



4. Spare Part Awet
Suku cadang Opel Blazer memang terkenal lebih mahal, tapi bila dibandingkan dengan merek Jepang. Hanya saja, usia pemakaian komponen ternyata lebih panjang, jadi sebenarnya secara sisi ekonomis sesuai.

Enaknya lagi, sekarang tersedia spare part asli GM, ada juga KW sampai yang handmade .

5. Tenaga
Mengusung mesin ber 2.200 cc, tenaga yang tersedia dari mesin Blazer terbilang mumpuni. Hanya saya memang Opel Blazer bukan berhabitat dalam kota dengan situasi jalanan yang padat. Berbodi bongsor dan bukan berkarakter stop and go, bakal menyulitkan Blazer buat bermanuver di lalu lintas padat.

Tapi, kalau dibawa ke luar kota, dijamin lari.. asal mesin sehat tentunya.

6. Pajak Murah
Walaupun bayar setahun sekali dan bisa dibilang murah, Blazer mempunyai range Pajak 900 ribu-1,2 juta karena di STNK dan BPKB termasuk kedalam minibus..


7. Nyaman
Suspensi yang empuk, kabin senyap dan luas membuat berkendara atau jadi penumpang cukup nyaman. Karakter perpaduan Eropa dan Amerika Serikat, membuat Blazer tidak menyampingkan sektor kenyamanan.

Wajar saja, dulu harga jual Blazer di atas Rp 250 jutaan. Untuk ukuran tahun segitu, tentu Blazer masuk dalam kategori mobil mahal bukan.

Kayanya segitu dulu keunggulan Opel Blazer, mungkin agan-agan yang budiman ada yang mau menambahkan? Monggoo

Besok kita bahas kelemahan Opel Blazer.. hehe.. Salam Kebo
dimaz.habib
dimaz.habib memberi reputasi
8
14.4K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan