alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / Music /
Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci
3.9 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca9af32f4d69556fe010914/alasan-kenapa-ane-suka-k-pop-dan-kenapa-k-pop-dibenci

Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci


Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Disuatu trit, ane pernah liat ada orang yg komen kurang lebih kayak gini:

"Cetek banget yah selera anak² jaman sekarang, suka sama musik beginian."

WTF! pas gw baca komen itu, hal pertama yg terlintas dipikiran gw waktu itu:
Bused.. kerad juga nih orang emoticon-Leh Uga
Seberapa banyak sih lagu K-Pop yg udah dia denger sampe dia bisa bilang kalo pendengar K-Pop itu punya selera yg rendah?


Darisitu ane pengen aja buat trit seperti ini, gw ingin sekedar menjelaskan "Why I love K-Pop". Sesuai judul, gw juga akan membahas tentang stigma negatif K-Pop yg berebar, "What wrong with K-Pop? why it being hated?"

Gw dulu juga seorang hater sama seperti orang kebanyakan, sampe secara gak sengaja gw ngedenger satu lagu K-Pop yg bikin gw jadi addict. Jadi ya.. seenggaknya gw punya mindset seorang hater emoticon-Hammer (S)

Sebelum itu gw mau ngasih sedikit info. Di suatu trit gw pernah liat, TS'nya bilang seperti ini:
"Girlband itu membernya sudah terlebih dulu ditraining dan sudah siap jadi,
sedangkan idolgroup itu saat debut mereka blom ditraining atau blom siap jadi."

Jelas² ngaco itu, itu mah perbedaan culture antara idol Korea dan Jepang, bukan perbedaan idolgroup dan girlband emoticon-Hammer (S)

Orang Korea sendiri, menyebutnya dengan sebutan idolgroup atau lebih spesifik lagi dengan girlgroup dan boygroup. Girlband/ boyband itu cuma istilah western aja bre, karena artist dengan konsep ber-group lebih dulu populer di barat. Jadi ketika awal Korean Wave menyerang Indonesia, media² TV waktu itu menggunakan istilah yg lebih dulu familiar yaitu boyband/girlband.

Daripada disebut K-Pop, gw sih lebih suka kalo disebut K-Music karena bukan cuma genre Pop yg ada disana.
Dan bukan cuma ada Idolgroup disana, group band dan solo singer juga disana.

Curious about why me, who was a hater become a big fans? Stay reading and let's cekidot emoticon-Ngacir


Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Sebelum kenal K-Pop, gw terlebih dulu menyukai musik Western dari Pop macem Katy Perry, sampe Rock macem Avenged Sevenfold. Dari semua lagu Western, gw paling suka dengan lagu USA from Africa - We Are The World. Bagi yg blom tau, silahkan dengerin sendiri lagunya.

Terus apa hubungannya dengan K-Pop?

Kalo gw tanya, hal apa yg paling mencolok dari sebuah idolgroup?
Tentu saja, member mereka yg banyak dan semuanya nyanyi, bukan seperti group band yg hanya vocalistnya doang yg nyanyi. Walaupun cuma kebagian lirik cuma sebaris yg penting judulnya ikut nyanyi.


Di K-Pop, secara garis besar ada 3 role: Vocalist, Dancer and Rapper.
Alasan utama gw suka jenis musik ini ya karena format mereka yg ber-group. Karakter vocal yg berbeda² dari setiap membernya, bersatu disebuah lagu. Inilah yg ane sebut dengan Harmony In Diversity
.

"Palingan yg nyanyinya bagus satu orang doang bre."

Lu gak salah bre, makanya tadi gw bilang mereka punya rolenya masing² dan bukannya tujuan dari group adalah untuk saling melengkapi?. Menurut gw, sebagus²nya seorang penyanyi, akan jauh lebih bagus saat berkolaborasi dengan penyanyi lainnya. Berbeda dengan lagu 'We Are The World' yg dirilis terbatas, belom tentu gw akan melihat kolaborasi semacam itu lagi. Tapi di K-Pop, format group adalah sesuatu yg biasa disini.


Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Masuk ke faktor berikutnya, yaitu High Note.
Gak semua lagu atau group ada part high notenya, karena balik lagi ke vocalistnya masing². High Note di K-Pop memang tidak se-khas 'cengkok' dalam musik dangdut. Tapi gw bisa bilang, lu akan dengan mudahnya menemukan High Note di K-Pop.

High Note kayak apaan sih bre?
Sesuai namanya, 'nada tinggi'.
Just watch this perfom:


"Dengerin musik opera aja bre kalo gitu."

Dari awal sampai akhir full of high note? enak sih cuma monoton bre, gak demen ane.

Ini juga yg menjadi alasan utama kenapa gw lebih tertarik terhadap girlgroup daripada boygroup. Sebagus²nya cowo, gak akan sebagus vocal cewe kalo urusan high note. Jikapun ada yg bagus, rata² mereka adalah solo singer bukannya boygroup.

Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Sama seperti faktor sebelumnya, Rap bukan elemen yg pasti ada. Tapi gw bilang sekali lagi, lu akan mudah menemukan Rap di K-Pop apapun genre lagunya.

Ane lebih suka kalo High Note dan Rap ini hanya sekedar sebagai pelengkap sebuah lagu, bukan jadi main part yg harus muncul dari awal sampai akhir.


Ane gak butuh rap god seperti Eminem, gw cuma butuh sekian detik Rap untuk memberikan warna tersendiri dalam sebuah lagu.

Ane menggolongkan Rapper di K-Pop menjadi dua, Pure Rapper dan Fake Rapper. Fake Rapper itu vocalist/dancer yg dipaksa nge-rap. Pure Rapper itu idol yg dari sejak debut emang diposisikan sebagai rapper. Semakin kesini, gw liat banyak grup baru yg memasukkan Pure Rapper sebagai membernya.


Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Namanya musik ya harusnya audionya aja yg dinikmati, bodo amat dengan visualnya.
Inilah mindset gw dulu: 'Colok headset > matiin layar'

Sampai suatu waktu, gw nonton sebuah acara survival show. Di acara itu, diperlihatkan saat mereka latihan, bikin choreography, nge-aransement lagu, sampai perform diatas panggung. Setelah bertahun² dengerin K-Pop, itu jadi momen pertama gw ngeliat mereka perform diatas stage. Sebelum itu, ane paling mentok cuma nonton MV-nya doang.

"Ohh gini yah kalo mereka ngedance, bagus juga ternyata", it what was I think. Dari situ gw mulai mencoba untuk menikmati K-Pop tidak hanya dari audio tapi juga video.


Good song + Good choreography = Perfect performance

Dengan perform seperti diatas gw rasa mubazir kalo gw cuma menikmati audionya aja.

"Mereka oplas bre, makanya cakep²."

Nope.. gw gak sedang membicarakan soal face/body look mereka disini, tapi lihatlah dance & choreography mereka.

Kalo gw ngomongin soal Dance, banyak hal yg gw sukai dari K-Pop.
Lihat seberapa syncronize-nya mereka, bisa dibayangkan berapa lama waktu yg dihabiskan untuk latihan.
Lihat choreography mereka yg begitu dinamis, bukan dance yg hanya diam ditempat atau sekedar gerakan asal²an.
Lihat Facial Expression mereka, betapa aware'nya mereka terhadap camera. Ane rasa cuma K-Pop fans yg tau seberapa besar impact dari sebuah sebuah 'wink'.
R.I.P Center Position karena setiap member akan menjadi center begitu part mereka muncul, meskipun ane bilang diawal setiap member gw rolenya tapi gak salah kalo gw bilang semua idol itu adalah Dancer.




Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Sebelum kita lanjut ke faktor berikutnya, gw pengen menjelaskan tentang hal ini dulu bre.

Kalo agan tanya orang² kenapa suka K-Pop, mungkin jawaban yg sering didapat adalah karena lagunya yg easy listening. Nah ini yg jadi pertanyaan gw, what is easy listening? gampang didengar, apakah maksudnya? kriteria apa yg bisa mendefinisikan sebuah lagu menjadi easy listening?

Prinsip dasar musik: "Apapun lagu dan genrenya, saat lu tau liriknya dan lu bisa ikut nyanyi begitu lagunya diputer, maka saat itulah lagu itu jadi enak didengar.. trust me !"

Flashback ke 1 dekade yg lalu, saat awal Korean Wave mulai menyerang. Siapa sih yg gak tau lagu Wonder Girls - Nobody atau Super Junior - Sorry Sorry pada masanya. Ane yakin, mau dia K-Pop'er atau bukan pasti tau lah liriknya, seenggaknya di bagian chorus/ref-nya. Itulah yg dimaksud easy listening.

That's easy listening, no language barrier on that because music is universal language.

Pertama kali gw suka K-Pop itu dari lagu SNSD - Mr.Taxi, mungkin gw suka lagu itu karena liriknya yg simpel. Kalo untuk sekarang, daripada lagu yg easy listening, gw lebih suka lagu Ballad karena disitu gw bisa bener² liat kualitas vocal mereka. Walaupun sekarang bukan menjadi faktor utama gw suka K-Pop tapi bagi gw, easy listening ini menjadi semacam my trigger factor to the K-Pop world.


On the first listening, nothing happened
On the second listening, unconsciously you'll say 'LIAR LIAR LIAR.. LIAR LIAR LIAR..'
And on the third listening, you'll love it emoticon-Malu (S)


Lagu yg easy listening, dance yg eyecatching dan bonus visual yg fresh. Dengan kombinasi seperti itu,
itulah alasan kenapa Korean Wave bisa menyebar keseluruh dunia.


Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Kalo diatas adalah faktor² yg berhubungan dengan musik itu sendiri, sekarang gw akan masuk ke faktor yg ada di luar music. Langsung aja, cekidot bre emoticon-Ngacir

Apapun itu, selama kompetisinya terus berjalan maka otomatis kontestannya juga akan semakin lebih baik. Ane berani bilang kalo musik Korea itu paling kompetitif di dunia. Di Korea, sekarang ada 6 acara Music Show:

Mnet M Countdown!, MBC Music Core, SBS Inkigayo, KBS Music Bank, MBC Show Champion, SBS The Champ.

Acara ini sama seperti acara musik pada umumnya, hanya setiap Music Show punya chart-nya masing² dan setiap minggunya itu memperebutkan trophy untuk sang pemuncak chart. Disana juga punya banyak platform streaming seperti:
MelOn, Genie, Soribada, Bugs, Naver, dll.

Dulu Music Back sempet tayang di Indosiar tapi cuma bentaran doang, kecyduk KPI mungkin? emoticon-Ngakak (S)

Spoiler for :



Setelah merilis album, apa kesibukan mereka selanjutnya? Yap.. tampil di berbagai music show. Dengan panggung, kostum, hairstyle yg berbeda² disetiap penampilannya. Turut pula ditunjang dengan dekorasi panggung yg megah, background layar full LED dan efek kamera/penempatan kamera yg begitu bagus.

Saat grup favorit gw bisa memenangkan trophy, ada rasa puas tersendiri. Saat grup² besar comeback berdekatan, wah seru tuh. Atau saat mendengar suara fans yg meneriakkan fanchant dengan kerasnya ketika idolnya perform. Hal² seperti ini lah yg membuat moment saat comeback begitu terasa spesial, bukan sekedar rilis album lalu dengerin di Spotify.. dan selesai.
Blom ditambah dengan jadwal padat yg menunggu mereka untuk tampil di berbagai program variety show.

Ngomong² soal competition, selain Music Show yg pastinya disana juga punya Music Award yg gak kalah banyak, sebut saja:
Seoul Music Award, Melon Music Award, Mnet Asian Music Award, Golden Disk Award dan masih banyak lagi yg lainnya.
Di Indonesia dulu juga ada acara musik berkualitas, berdampak dengan juga berkualitasnya group band pada masa itu.
Tapi sayang, acara musik itu perlahan berubah menjadi acara shit comedy emoticon-Hammer (S)


Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Suatu hal yg normal ketika seseorang punya interest terhadap sesuatu, maka orang itu akan berusaha untuk lebih meng-explore hal tersebut. Dan dunia hiburan Korea sepertinya memfasilitasi hal itu. Blom cukup dengan program Music Show ataupun Radio Show.
Sempet gw singgung sedikit diatas, kali ini yg gw maksudkan adalah Variety Show.

Kalo lu kira, yg bisa lu nikmatin cuma denger lagu mereka dan nonton MV/perform mereka, trust me.. K-Pop lebih luas dari sekedar itu. Jujur, gw juga blom lama menemukan hal ini.

Gw punya temen dan dia bukan seorang K-Pop fans, tapi dia suka nonton Variety Show, semacam Running Man dan sejenisnya. Dia merekomendasikan sebuah judul program, program itu isinya talk show dengan idolgroup sebagai guestnya. Itu momen pertama gw nonton variety show, darisitu gw baru tau ternyata ada sisi lain K-Pop yg blom gw explore.

Pepatah yg bilang 'tak kenal maka tak sayang', itu bener adanya bre. Banyak grup yg gw sama sekali gak tertarik dengannya, tapi setelah nonton variety shownya dan kenal dengan membernya, gw jadi mulai tertarik mendengarkan lagu mereka.

Spoiler for :


Di awal trit gw sempet bilang kalo idolgroup dan girlband itu hanya sebuah istilah, tapi kalo gw boleh lebih spesifik lagi, inilah perbedaannya:
Girlband hanya dalam ruang lingkup musik, sedangkan idolgroup itu selain musik, mereka punya sisi entertainment lainnya
atau bisa dibilang they have own charm.

Ane pernah nonton suatu program survival show, disitu salah satu jurinya ngomong seperti ini:
Spoiler for :

Jadi kalo lu merasa dalam suatu grup ada member yg eksistensinya lemah, jarang dapet lirik atau shoot camera.
Bukan berarti dia cuma jadi beban, lu aja yg blom melihat sisi charmingnya dia.
Saran gw buat yg baru jadi K-Pop'er, tontonlah semua show dari idol favorit anda. Jangan kayak gw,
groupnya udah bubar malah baru pengen nonton. Jadinya kan susah nyari donlotannya, pada expired linknya emoticon-Hammer (S)

Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

What wrong with K-Pop and why K-Pop is being hated?
Sekarang kita masuk ke topik ini, tapi sebelum itu ane mau sedikit sharing waktu awal kenapa gw bisa jadi K-Pop Addict.
Kalo merasa ini gak penting, silahkan di skip aja bre emoticon-Malu (S)

Sekitar taun 2009, waktu lagi booming²nya Super Junior. Gw juga menganggap mereka itu aneh, alesannya? banyak.
Mulai dari format mereka yg ber-group atau yg media² di TV bilang dengan boyband, karena waktu itu gw familiar dengan group band, dan Super Junior ini bukan cuma beranggotakan 4/5 orang doang tapi 13 member. Biasa gw liat band yg nyanyi cuma vokalisnya seorang, lah ini 13 orang nyanyi satu panggung, ya.. berasa aneh aja gitu.

Alasan selanjutnya adalah karena mereka 'ngedance'. Ngeliat sekelompok orang nyanyi dan dance disaat bersamaan, ini merupakan hal yg baru bagi gw waktu itu. "Boys dancing? they're like a girls", it what was I thought.
Dan banyak alasan² lainnya yg cukup untuk membuat gw menjadi seorang hater.

Baru di taun 2011, waktu itu gw lagi nyari rekomendasi lagu Jepang, yaudah gw browsing aja chart Oricon Japan. Kebetulan waktu itu yg lagi diperingkat pertama itu adalah lagu SNSD - Mr. Taxi. Dengan polosnya gw dengerin lagu itu dan suka, gw gak tau kalo SNSD itu girlgroup Korea, kalo tau mungkin gw gak akan mau untuk dengerin lagu itu.


Dalam keadaan yg masih blom tau tentang identitas dari SNSD, puas dengan lagu sebelumnya, gw coba dengerin lagu mereka yg lain. Nah.. disini nih gebleknya gw, di lagu pertama masih wajar lah karena pake bahasa Jepang. Lagu kedua yg gw denger adalah Gee, di lagu ini pake bahasa Korea dan gw masih blom sadar kalo mereka itu artist Korea. Suka dengan lagu kedua, gw pun penasaran tentang profil dari member²nya. Saat itu lah gw baru sadar ternyata lagu yg gw suka itu ternyata lagu K-Pop dan disaat itulah gw menjadi seorang K-Pop Addict.

Format group yg dulu gw anggep aneh, justru malah jadi alasan utama gw untuk menyukai jenis musik ini. Untuk Dance dalam K-Pop, gw masih blom menerima itu, gw hanya mau mendengar mereka tanpa mau melihat. Butuh waktu sekitar 5 tahun agar gw bisa menerima bahwa Dance adalah bagian dari K-Pop.


Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci
Masih ingat dengan petisi yg diatas?
Emang sih maksud dia bagus tapi yakin kalo anak² akan terpengaruh dengan iklan kayak gitu?

Gw aja ngeliat mereka perform dengan outfit yg jauh lebih minim daripada itu, biasa aja.. gak pernah tuh terpikirkan sampe kearah sana. Masa iya, anak kecil pikirannya udah nyampe jauh kesana?

Kalo lu menganggap anak² akan mengikuti gaya berpakaian mereka, gw bilangin aja nih bre: Seburuk²nya kelakuan/habit yg mereka lihat, gak akan ngefek bos kalo itu bertentangan dengan culture di lingkungannya.

Spoiler for :



Mereka hanya bersikap professional, karena memang konsepnya sexy, so.. more sexier it's better.

Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci
Ada yg tau tentang twit diatas? udah lama sih sekitar setahun yg lalu, itu yg ngetwit psikolog anak loh. Ada 2 hal yg gw pikirkan:
1. Ini contoh judging without thinking. Orang itu buat acara countdown Asian Games, ngapa malah jadi acara HUT RI?
2. Gw penasaran, siapa sih girlgroup yg dia tonton? sampe bisa bilang begitu.
Kalo yg lu tonton itu Sistar, Stellar, AOA, Hyuna. Ya.. lu salah kamar bos, emang konsep mereka itu sexy.

Tentang K-Pop yg lu bilang itu terlalu sexy dan tidak baik untuk anak², ini nih pendapat gw bre:
Di warnet tempat gw, ada sekelompok cewe, masih bocah SD lah kira². Gw liat mereka suka streaming K-Pop. Setelah selesai maen warnet, apa yg mereka lakukan? Di tempat yg gak jauh dari warnet, gw liat mereka lagi belajar ngedance dari apa yg barusan ditontonnya. Ane sama sekali gak melihat hal yg negatif disini.
It's amazing if one of them can become a professional dancer in the future.

Jika anda berusia 17++ dan lu bilang kalo K-Pop is too sexy, hello.. apa kabar dengan Western Music?
Hey dude.. you're too naive, don't try to look innocent!

"I'm a dad, I must protect my child", say someone.

Iya bre gw paham dan tau kalo culture disana tidak cocok dengan culture disini. Yang jadi pertanyaan gw, apa iya pikiran anak² akan merujuk kearah sana? bukannya hal semacam itu yg justru dipikirkan oleh orang dewasa?
Kalo lu blom jago ngurus anak, gak usah menyalahkan yg lain lah bre. Mirip seperti kasus PUBG yg diharamkan emoticon-Hammer (S)

Kalo anak anda ingin memakai pakaian seperti idol yg mereka lihat, bilang kayak gini kepadanya: Mereka hanya memakai pakaian seperti itu diatas panggung. So.. starting now, you must work very hard to be able to stand on the same stage as them.

Buat orang yg membuat twit diatas, pengen banget gw ngomong kayak gini di depan mukanya langsung:

They spent to much effort to just being who you called a wench. Sweat, tears, youth.. they sacrifice all of it, you know?

Tentang masalah ini, gw pernah baca trit bagus (here). Kurang lebih kayak gini pesan yg ada di trit itu:
"Menggangap sex sebagai hal normal, pasti moral mereka bejat. Kalo moral mereka bejat atau bobrok, terus kenapa negara mereka jauh lebih maju dari kita?"

Spoiler for :



Lanjut dibawah bre.. emoticon-Ngacir2
Tenang aje masih banyak kok emoticon-Hammer2


Diubah oleh ExoAcox
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 10
Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Ada 2 tipe hater dalam dunia K-Pop:
Tipe pertama, dia benci dengan semua artist Korea.
Tipe kedua, dia hanya benci dengan boygroup tapi kalo liat girlgroup dia netral, "bodo amat yg penting mulus bre", katanya.

Gw dulu juga juga sangat membenci boygroup, sampe sekarang juga kurang demen. Bedanya kalo dulu itu gw benci semua hal tentang mereka. Tapi kalo sekarang, gw hanya benci dari apa yg gw gak suka dari mereka, gw benci fashion mereka, gw benci make-up mereka. Selain itu? jika menurut gw bagus, ya.. gw suka.

Seperti vokalis Queen, Freddy Mercury yg terang²an ngaku kalo dia gay. Tapi masih banyak yg respect dengan musik beliau.


Cowo make-up? make anting gede bener? bibir mengkilap? rambut warna-warni kayak chara anime?
Gw cuma bisa bilang, it's differential culture. Disini yg model kayak gitu dibilang maho, tapi mungkin disana itu merupakan sesuatu yg normal. Karena gw cowo normal, gw juga gak tau kenapa hal semacam ini disukai banyak cewe. Mungkin ada sista disini yg mau ngasih komennya?
Cowo bertingkah cute? kalo cewe mah pantes, lah cowo?
Alay/narsis/lebay atau apapun namanya itu, hampir semua orang pernah mengalami fase ini. Mereka kan debut di usia muda, yg masih SMP juga banyak. Jadi ya.. gw sih maklum aja, memang mereka lagi diusia² labil. Atau mungkin itu cuma sebatas fanservice aja.
Ingat Justin Bieber dan Coboy Junior waktu awal debut? siapa sih cowo yg gak jadi hater mereka. Sekarang? liat Bieber, dengan lagu² EDMnya. CJR? banyak tuh yg nonton film Dilan.
Cowo kok ngedance? kalo lu nganggep dance itu adalah hal yg tabu bagi cowo, gw 100% gak setuju dengan pendapat ini. Ingat Brandon di acara Indonesia Mencari Bakat, beberapa tahun yg lalu?
Lagipula choreography mereka bagus dan bukan dance yg feminim. Kalo lu merasa dance mereka feminim, mungkin di lagu itu memang konsepnya seperti itu.
Cowo kok suaranya lembut mendayu? gw pernah liat komen yg model gini. Apa yg salah dengan lagu Ballad? terus lu pikir cowo wajib nge-scream ala death metal gitu?
Itu kok sampe buka baju segala? pamer sixpack? maho anjer emoticon-Betty (S)
Entah lu itu terlalu polos atau terlalu naif. Giliran liat girlgroup pake kostum sexy aja lu pada demen. Udah jelas² itu fanservice buat cewe, kalo lu cowo dan masih merespon hal itu, berarti keanehan ada pada diri anda emoticon-Betty (S)
Itu kok pada deket² banget membernya? maho detected?
Ane kasih tau ya bre, dari waktu mereka masih jadi trainee setiap hari udah ketemu latihan bareng. Setelah debut mereka tinggal satu rumah, ibarat kata nih: makan tidur bareng², susah seneng bareng². Jadi menurut gw wajar aja kalo mereka keliatan begitu deket, udah kayak keluarga itu mah.
Spoiler for :


Ane liat banyak yg phobia dengan boygroup yg satu ini emoticon-Ngakak (S)
Tenang ini safe kok bre, nonton beginian gak bikin lu jadi maho. Kalo masih takut, udah dengerin aja audionya gak usah liat videonya emoticon-Hammer (S)


Vocal bagus, rap bagus, choreography bagus, dance bagus. Kalo gw ditanya apa kesalahan mereka? jawabannya cuma satu, they have pretty face. Pasti akan berbeda cerita jika seandainya mereka itu orang berkulit hitam emoticon-Hammer (S)

Tentang stigma di Indonesia yg bilang kalo cowo suka boygroup itu maho, ini bener bre. Masalahnya yg gw suka itu musik mereka, bukan orangnya yg gw suka emoticon-Betty (S)


Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Mungkin disini ada yg punya temen K-Pop'er kelas hardcore? atau mungkin cewe agan seorang fangirl?
Teriak kejang² saat ngeliat idolnya, atau saat idolnya dikritik, dia berubah sangar seperti sedang PMS?
Dan lu merasa aneh dengan kelakuan mereka, terus lu merasa sumber keanehan mereka adalah K-Pop.

Jawaban klasik: like a knife, it depend on who use it.

"Ane punya temen cewe yg suka K-Pop, dia orangnya manja, gak terima dengan realita."

Ane pernah liat komen seperti diatas emoticon-Ngakak (S)
Lah itu mah cewenya yg sakit jiwa emoticon-Hammer (S)

Hari sabtu kemaren nih, ada salah satu girlgroup yg ngadain fanmeet di Jakarta. Namanya acara gratisan, bisa kebayang dong ramenya kayak apa. Di perjalanan pulang, saat gw duduk didalam busway memandang kearah gedung² tinggi, pikiran ini muncul begitu saja:
"Ane gak mau cuma sekedar menjadi 1 dari jutaan normal fans, maksudnya ya seperti unnoticed person. Pokoknya ane harus bisa menjadi 'sesuatu'. Meskipun gw tidak bisa berada di level mereka, seenggaknya level gw harus lebih tinggi dari sekarang, cukup tinggi sampai mereka bisa men-notice gw."

"Kalo ngomong doang mah gampang bre." emoticon-Ngakak (S)

Seenggaknya gw jadi punya satu tambahan motivasi baru lagi, gw gak mau selamanya cuma stuck menjadi normal fans yg buat ngeliat idolanya aja harus desak²an/panas²an dan mereka ngeliat gw aja juga kagak emoticon-Hammer (S)
Jika ane punya banyak waktu buat 'ngidol', kenapa gw tidak memakai sebagian waktu itu untuk mulai melakukan sesuatu. Jika ane rela melakukan apapun demi bisa mendukung atau berjumpa dengan sang idol, kenapa gw tidak memakai sebagian effort itu juga emoticon-Hammer (S)

Gak selamanya 'ngidol' itu negatif, tergantung lu bisa memanfaatkannya atau tidak. Contoh kecilnya ane sendiri bre, kalo bukan passion, mana mau gw cape² bikin trit panjang kayak gini emoticon-Ngacir2

Sama kasusnya seperti para kolektor tas, sepatu, figure, atau apapun itu. Beli mahal² cuma buat dipajang doang, dipake juga kagak. I don't care about anything, if it can make me satisfied, I'll doing anything.

Banyak hater yg berkomentar seperti ini, termasuk di kaskus:
Emang apa sih bre hebatnya mereka? sampe fansnya fanatik sebegitunya?
Sebelum gw jawab, gw mau ngasih sedikit info nih bre. Kalo lu termasuk orang yg mempertanyakan hal diatas, bahaya bre..
Itu adalah salah satu tanda dari gejala Inferiority Syndrome emoticon-Hammer (S)

Gw pernah nonton documentary film dari salah satu group, disitu mereka juga punya pertanyaan seperti diatas.
Pantaskah kita untuk memperoleh semua popularitas ini? padahal yg kita lakukan hanya bernyanyi dan menari.


Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Rambut gondrong + kumis lebat, apa kata temen ane bre kalo tau gw nonton beginian?

Waktu pertama kali gw suka K-Pop, saat itu semua idol usianya jauh diatas gw, bisa sampe +10tahun gap-nya dengan umur gw. Jadi ya.. normal aja kalo saat itu gw suka dengan konsep cute/girlish. Tapi sekarang buat idol yg baru debut, usia gw jauh diatas mereka emoticon-Hammer (S).



Kalo sekarang gw nonton beginian, mungkin masih dianggap normal. Orang ane masih seumuran kok sama mereka emoticon-Malu (S)
Puluhan tahun mendatang kalo gw nonton yg model beginian, mungkin yg dipikirkan orang adalah: "ohh damn, he's pervert or he's pedophil."
Tapi namanya udah terlanjur suka, ya sampe kapan pun akan tetep suka emoticon-Malu (S)
Kalo ditanya sampe kapan gw akan suka K-Pop? dengan PDnya gw akan bilang: forever, until I die'

Lagian juga konsep mereka menyesuaikan umur kok, idol yg baru 1/2 tahun debut pasti berbeda dengan yg sudah 7+ tahun debut. Idol yg baru berumur 16 tahun pasti berbeda dengan yg berumur 26 tahun keatas, antara girls dan woman, auranya udah beda bre emoticon-Malu (S)

SNSD, 2NE1, Kara, 4Minute, After School, f(x), Secret, T-ara, Wonder Girls, BEG, Sistar, dll.
Puluhan tahun mendatang, ketika nama² diatas sudah tidak dikenal lagi oleh K-Pop'er generasi mendatang. Dengan senang hati, ane akan menceritakan betapa kerennya mereka pada masanya emoticon-Ngacir Tubrukan

Bagi yg merasa dirinya tidak muda lagi dan baru mau mulai menjajal K-Pop, saran gw sih ya.. lu denger lagunya aja jangan coba² untuk liat video mereka. Kalo lu langsung ngeliat MV atau perform mereka, bisa gw jamin lu gak akan suka. Beda cerita kalo lu udah cocok dengan lagunya, begitu lu liat videonya yg ada justru lu makin tambah suka.


Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

"Ane gak demen bre.. musik dibentuk, skill dibentuk, grup dibentuk, image dibentuk, monoton banget bre."
Ada salah satu agan yg komen seperti diatas.

Ada 2 maksud dari kata monoton diatas:
Pertama monoton karena agensi yg menentukan segalanya, sampe stage name juga agensi yg nentuin.
Itu emang bener bre, paling cuma sebagian kecil idol yg membuat lagunya sendiri.
Ane bukan seorang perfectionist yg mengharuskan artist itu untuk mandiri, gw cuma penikmat musik casual. Thanks dengan 'ke-monoton-an' itu, berkat itu mereka jadi tidak perlu memikirkan apa² lagi. Mereka hanya tinggal fokus latihan dan menampilkan perform yg bagus.

Spoiler for :


Tau Agnez Mo kan ya? dari waktu masih jadi penyanyi cilik sampai sekarang bisa go international, kebayang dong effortnya kayak apa. Tapi jika gw bandingkan popularitas dia dengan idol K-Pop yg baru debut, mungkin lebih populer idol yg baru debut itu.

Disana sirkulasinya mungkin seperti ini:
Waktu kecil nonton idol TV > punya cita² pengen jadi seperti mereka > masuk agensi, kalo gagal cari agensi lain sampe dapet > jadi trainee bertahun² > debut > sukses > memotivasi anak² lain > repeat

Agensi disini punya peran besar untuk menjaga ekosistem K-Pop tetap kondusif. Selama ada perputaran uang yg besar disana, maka semua hal yg berhubungan dengan itu akan terus berkembang.

Monoton yg kedua adalah karena K-Pop didominasi oleh idolgroup. Gak sepenuhnya bener karena banyak juga solo singer dan groupband juga ada, tapi ya.. gak sepopuler dengan idolgroup.

Secara tak tertulis bisa dikatakan kalo lu baru bisa disebut K-Pop artist setelah lu debut di Music Show. Kalo ada artist yg rilis album di Korea, mereka blom bisa disebut K-Pop artist, tidak sebelum mereka tampil di acara Music Show. Hal seperti inilah yg membuat musik indie sulit berkembang disana. Agensi, selain mendikte idol asuhannya, secara gak langsung juga mendikte perkembangan musik di negaranya. Industri musik Korea tak ubahnya seperti industri Capitalism yg dikuasai oleh pihak agensi, khususnya agensi² besar dengan uang dan fansnya yg banyak.

Yang jadi masalahnya disini, adalah karena lu gak suka dengan konsep idolgroup. Beda cerita dengan gw yg suka dengan konsep idolgroup, gw justru bersyukur dengan adanya 'ke-monotan-an' ini.

'Peterpan, Dewa19, Radja, Ungu, Samson, Sheila on 7, Gigi, dll.' mereka yg menemani masa kecil gw. Seandainya saja musik Indonesia juga monoton, mungkin gw masih bisa mendengar musik sejenis mereka sekarang emoticon-Berduka (S)

Spoiler for :



Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Sekarang saatnya kita fokus ke visual mereka emoticon-Malu (S)



[I]Video sebelumnya adalah saat mereka debut dan video diatas adalah 7 tahun setelahnya


Berasa beda mukanya? ada 3 kemungkinan disini:
1. Wajar aja bre mukanya berubah, transisi dari remaja ke dewasa itu perubahannya banyak. Pernah denger istilah the power of puberty?
2. Efek make-up blom secanggih sekarang. Make-up itu punya impact yg jauh lebih besar daripada oplas.
3. Mereka memang melakukan oplas

Kalopun mereka oplas, gw cuma bisa bilang 2 point ini:
1. Bodo amat kalo mereka oplas, yg penting selama debut sampe sekarang, gw masih ngenalin muka mereka.
2. Bodo amat kalo mereka oplas, yg penting bukan pita suaranya yg dioplas sehingga mereka bisa instant nyanyi bagus atau sistem syarafnya yg dilokasi sehingga mereka bisa instant ngedance bagus.

I love them becoz their music, if fortunately they have good looking, it's just a bonus.

Mukanya sama semua bre, gak ada bedanya emoticon-Bingung (S)

Ada 2 kemungkinan disini:
Gw aja yg niat ngapalin butuh waktu lama nontonin video mereka, baru bisa apal. Lah lu aja ngeliat cuma sekilas + gak niat ngapalin lagi, wajar aja kalo gak bisa bedain. Ibarat kata kalo lu udah kenal mah.. jangankan mukanya, suara sama back looknya juga lu bisa ngenalin.
Tips biar cepet apal: nonton variety show mereka, karena selain ngeliat orangnya, namanya juga sering disebut.
Atau opsi yg kedua, sorry to say.. mungkin memang IQ anda yg terlalu rendah.

Spoiler for :


Kalo gw liat, orang yg menggunakan 'oplas' sebagai hate speechnya, berarti dia orang bodoh. Kenapa? karena yg kita bicarakan ini soal musik, kalo orang cerdas pasti akan mengkritik musiknya. Hal ini menjelaskan kalo dia sama sekali gak tau dengan apa yg dia hate.

Lagian ane itu cowo yg realistis, jika ada pilihan: cewe jelek tapi natural dibanding cewe cakep tapi oplas, ya.. gw pilih opsi kedua lah jelas.

Dulu gw sering denger pendapat seperti ini: Katanya hate, kok ngefollow akunnya, katanya hate, kok join ke grup fansnya?
Justru dia jadi hater, karena tau luar dalemnya dari orang yg dia hate itu. Kalo lu ngehate tanpa alasan jelas 'pokoknya gw benci liat mukanya dia', itu mah namanya bocah geblek emoticon-Hammer (S)

Bagi yg suka koar² dengan bilang plastic, gw punya satu pertanyaan buat lu, mohon dijawab bre emoticon-Ngacir

If they had plastic surgery, so why?


Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Jarang sih gw liat hater yg mempermasalahkan soal lipsync. Mumpung gw lagi nulis trit ini, kenapa gak sekalian aja kita buka²an soal lipsync di K-Pop.


Walaupun penampilan girlgroup itu lebih enak dipandang, tapi ane gak bisa bohong kalo perform boygroup jauh lebih bagus

Keliatan jelas tuh lipsyncnya emoticon-Ngakak (S)
Yang jadi pertanyaan itu bukan mereka 'lipsync apa enggak sih?', tapi part mana sajakah yg live dan mana yg di lipsync.

Kalo lu mempermasalahkan mereka saat nge-lipsync di acara music show, anda salah kamar bre. Music Show itu bukan buat menunjukkan kualitas mereka bernyanyi live. Itu cuma tempat untuk mempromosikan lagu baru mereka, bukan sekedar live singing tapi overall performance lah yg dilihat. Patuh digaris bawahi disini adalah mereka juga ngedance dengan choreography yg rumit, bukan hanya diem di tempat.

Kalo lu pengen denger mereka live, nonton saat mereka tampil di radio show/concert/award show atau event besar. Atau kalo lu pengen bener² nikmatin vocal mereka, harusnya lu denger lagu dari disc-nya langsung atau donlod lagu yg format lossless/flac terus lu setel pake soundcard & headset mahal emoticon-Hammer (S)

Tips untuk membedakan antara live singing dan lipsync:
MR (Music Record) Removed, di youtube banyak tuh yg bikin versi MR Removed dari suatu perform. Ane sih lebih suka maen insting bre daripada maen software kayak gitu, gak yakin gw keakuratannya emoticon-Malu (S)

Spoiler for Mr. Removed:


Kalo lu cuma ngeliat satu perform aja susah bre bedainnya, solusinya lu bandingin perform itu dengan perform lainnya.
Biasanya mereka cuma pake satu model 'pre-record music' yg dipake buat semua performnya.
Masih gak percaya bedain lipsync dan live itu susah? coba sekali² nonton acara ini: I Can See You Voice

Jikapun lipsync, bukannya vocal yg di lipsync juga merupakan vocal asli mereka?


Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Menurut survey disekitar lokasi ane, mayoritas anak warnet itu welcome dengan K-Pop. Welcome karena dulu di tempat ane banyak yg maen game Audi (AyoDance), karena dulu biasanya warnet² pada make speaker daripada headset, jadi mereka pada familiar dengan lagu berbahasa Korea.

Di warnet ane ada kan 2 lantai, biasa kalo malem lantai 2 isinya sopir angkot, sopir kopaja, pengamen, anak punk pada PM (paket malem) atau cuma sekedar numpang tidur. Yang ane liat sebagian dari mereka itu maen DOTA, nonton anime, denger K-Pop.

Ini sih tergantung tempat tongkrongan lu, kalo temen² lu menganggap K-Pop adalah sesuatu yg taboo. Mau gak mau lu akan punya mindset yg sama, walaupun sebenernya lu gak tau apa itu K-Pop.

Who you are is depend on where you are.

Ketika Korean Wave melanda Indonesia, sayangnya musik kita juga ikut²an latah. Muncullah banyak boyband/girlband dadakan sebut saja: 'Smash, 7 Icons, Coboy Junior, Cherrybelle', itu baru nama² yg terkenal, yg gak terkenal? banyak. Faktor inilah yg berperan besar membuat stigma K-Pop menjadi semakin negatif.


Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci

Akhirnya selesai juga emoticon-Ngacir Tubrukan
Itulah semua yg ada dipikiran gw sekarang, gak nyangka bakal jadi panjang emoticon-Hammer (S)
Kenapa gw suka K-Pop? kalo gw bikin ringkasnya sih seperti ini:
Ane suka ya karena gw suka, just because..

Like without reason is called Love
Hate without reason is called Jealous


Jika tadi adalah alasan ane suka musik K-Pop, kalo yg ini adalah alasan kenapa gw suka dengan suatu idol, simpel sih jawabannya:
On the studio, they sing well
On the stage, they dance well
Off the stage, they're going crazy

Ketika sepulang dari event Jepang/Anime, rame² bareng temen gw. KRL yg gw naekin mogok, alhasil kita nyewa angkot buat balik. Selama perjalanan, si sopir nyetel lagu dangdut nonstop. Gw otomatis dong celetuk kayak gini: Apa sih enaknya dangdut?
Temen gw membalas ucapan gw: Sama aja kayak dia ngeliat kita yg sedang ngidol artist Jepang, apa yg mereka pikirkan?
Weird.. <-- it the answer is.
Lagu dangdut yg gw tau palingan cuma Iwak Peyek aja, kok bisa²nya gw ngatain selera mereka jelek.

Lu bebas ngehina mereka, mau ngatain plastic monster, manless, bitch atau apapun itu.
Bodo amat bre, gak ngaruh juga buat hidup gw.
Tapi kalo karena gw suka dengan musik mereka, lu ngehina gw.. beda lagi bre ceritanya.
How dare you, say my music taste is worst!

Tujuan gw bikin trit ini, gw gak bermaksud untuk membuat orang suka dengan apa yg gw suka tapi seenggaknya gw pengen orang tau kalo ini loh K-Pop itu, seengaknya gw ingin membuat seorang hater jadi tau apa yg dia hate. Untuk non K-Pop'er ataupun hater, ane sih berharap lu gak cuma baca trit ini tapi juga nontonin video yg gw kasih.

Ane rasa lagu ini yg paling cocok untuk menjadi ending song di trit ini emoticon-Malu (S)
Legendary song from the legendary group and my first love emoticon-Peluk



Semua tulisan diatas berasal dari sudut pandang gw sendiri, jadi kalo ada tulisan yg ngaco mohon dikoreksi, atau ada kata yg menyinggung mohon dimaklumi dan jangan lupa, silahkan untuk disinggung balik emoticon-Peace
Anda bertanya K-Pop'er menjawab emoticon-Ngakak (S)

Kalo masih ada yg komen plastik atau sejenisnya di trit ini, berarti ada 3 kemungkin an:
1. Kagak paham sama apa yg gw omongin emoticon-Ngakak
2. Emang ngajak ribut tuh orang emoticon-Hammer2
3. Yang ini paling parah bre, cuma baca judulnya doang kagak baca isinya emoticon-Leh Uga

Kalimat penutup: I Love Korean Music Not South Korea Country

Quote:


Diubah oleh ExoAcox
Ah.. salah kamar gw, aturan ane post di forum music emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh ExoAcox
Yg dilihat rakyat +62 tuh bukan kualitas, blek ping datang aja harus pake pakaian tertutup, kaki mereka kan mulus2, malah ditutupemoticon-Stick Out Tongue

Biarin ajalah mereka nyanyi joget2, jangan di kritik macem2

Jujur ane ga pernah dengar lagu korea/jepang dan sebagainya, karena ga ngerti
Lagu +62 juga ga pernah ane denger

Ane sukanya band inggrisemoticon-Ngakak
Tapi salutlah ane sama fans2 kpop, mereka ga peduli dengan kritikan2 para hater
halah lagu apaan tuh kpop kpop emoticon-Marah
lagu kaum kapiremoticon-Marah
ngerusak generasiemoticon-Marah
lebih baik dengerin lagu2 religi yg sesuai dengan kaidah2 agamaemoticon-Marah
dan perbanyak ibadah daripada dengerin lagu2 gituan
biar kelak sorga jaminannyaemoticon-Marah
profile-picture
sugarush10 memberi reputasi
Alasan Kenapa Ane Suka K-Pop dan Kenapa K-Pop Dibenci
Kalo buat ane sih k-pop bagus buat selingan. Asupan musik utama tetap rock + metal emoticon-Embarrassment
klo liat member kpop bawannya pgn ke situs cr#t ja# wkwkwwkwk aplg pas joget pahanya.. tp ttp aje soal lagu ane ga terlalu suka. selera orang beda beda. kecuali klo lagunya di nightcore, ane jd suka..
Diubah oleh vallkrie
ane suka lagunya, bukan boyband/girlbandnnya
aq sich gak benci.
juga gak suka.
eh tapi aq suka t*ara dink.
apalagi boran.
wkwkwwk
panjan met cuy thread nya emoticon-Ngakak (S)
imut2 gimana gitu ya ngeliatin nya cuy emoticon-Ngakak (S)
ane suka musiknya doang, cwe nya sih tambahan aja emoticon-Wowcantik
Quote:



Ane gak suka musik k-pop,cuma suka lihat penyanyinya aja yang cakep2 emoticon-Ngakak (S)
saling menghormati aja,gak usah mencela genre musiknya,pilihan musik orang itu beda2 emoticon-Shakehand2


btw forum musicnya udah sepi lagi gan emoticon-Berduka (S)
rame pas event coc music kemarin aja emoticon-Nohope
ane pingin buat trit soal musik juga sebenernya,masih bingung dipost dimana,kalo dimusic gak ada yang komen,kalo post disini nanti dibilang salah kamar emoticon-Bingung (S)
Ane Ga demen musik nya gan..
cuma demen visual nya..emoticon-Malu

Btw KPop aliran nya EDM semua ya..?
Quote:


Ga kok. Ada banyak aliran di kpop. Ada semua malah gw rasa. R&b rock hiphop ballad indie dll
Quote:


KPop Rock Ama Indie coba gan.. mau icip
Quote:


Rock :
dreamcatcher (girlband)
Ft island (band)
Cnblue (band)
Day6 (band)


Indie :
hyukoh (band)
Zion t (solo)
Bolbbalgan4 (duo)

Ini yg rata2 discografinya keseluruhan terkait genre itu. Tapi rata2 kpop artis (grup idol terutama) bisa punya banyak genre. Misalnya 1 grup ngerilis 1 album tapi dlm 1 album itu track2nya bisa beda-beda sampe bbrp genre. Jadi gaada patokan 1 grup cuma punya 1 genre, kalo sekarang sih emang mostly edm.
Diubah oleh kampretoselalu
Quote:


Iya bre, ane gondok aja ngeliat orang denger lagu k-pop aja gak pernah (paling taunya gangnam style sama dududu doang), bisa²nya ngejudge orang emoticon-Hammer (S)

Sekarang kaskus prinsipnya beda ama dulu. Kalo dulu banyak yg komen baru ht, kalo sekarang jadi ht dulu baru banyak yg komen. Dilema juga ane bikin trit panjang², kagak ada yg liat emoticon-Hammer (S)
Quote:


ane kira yg dimaksud indie itu individual artist bre emoticon-Hammer (S)
ternyata termasuk genre juga yah? harus banyak browsing lagi nih ane emoticon-Ngacir
Quote:


kalo semua lagu dari artist itu lu suka, ya lama² lu jadi suka artistnya emoticon-Leh Uga
Quote:


wah si eunbi, mantul juga bre emoticon-Malu (S)
Quote:


ga monoton brati ya..
Tar malem icip ah..

Siapa tau nyangkut di kuping..emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di