alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PPATK: Ada Laporan Intel soal Potensi Penggunaan Dana Masif di Pemilu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca97e58a2d1957de41dd8a2/ppatk-ada-laporan-intel-soal-potensi-penggunaan-dana-masif-di-pemilu

PPATK: Ada Laporan Intel soal Potensi Penggunaan Dana Masif di Pemilu

Jumat 05 April 2019, 18:19 WIB

Eva Safitri - detikNews

PPATK: Ada Laporan Intel soal Potensi Penggunaan Dana Masif di Pemilu
Ilustrasi (Muhammad Ridho/detikcom)

Jakarta - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan ( PPATK ) menduga ada potensi kecurangan politik uang dalam Pemilu 2019. Hal itu lantaran pihaknya menemukan adanya penarikan dana tak normal dua hingga tiga tahun lalu.

"PPATK memotret dana kampanye yang diberikan aman saja. Aman, tertib. Tapi perputaran uang di sekitar itu, walaupun kami belum bisa menemukan keterikatannya, itu luar biasa masif," ujar Deputi Bidang Pemberantasan dari PPATK Firman Shantyabudi dalam diskusi 'Mengawal Integritas Pemilu' di Hotel Ashley, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2019).

"Artinya, PPATK juga memotret ada kecenderungan memang, semoga saya salah, karena PPATK tak bisa menuduh. Ini ada laporan intelijen, membaca dari kecenderungan, penarikan dana tunai bisa terjadi 2-3 tahun sebelum pemilu," lanjutnya.

Meski saat ini kondisi dana yang berputar di bank terbilang aman, jelas Firman, bukan berarti pemilu ini bersih dari politik uang. Dia menduga penarikan dana 2 hingga 3 tahun lalu itu mungkin disimpan di tempat lain.

"Jadi, kalau tahun ini pelaksanaan kampanye dana yang berputar di bank itu aman, bukan berarti tidak terjadi potensi politik uang, karena mereka bisa simpan itu uang. Dua hingga tiga tahun bisa taruh di safe house barangkali. Ini faktanya. Itu sangat potensial, uangnya diambil, dipecah-pecah uangnya, dikasih," ucapnya.

Firman sudah melaporkan hal ini ke pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dia meminta Bawaslu mengkajinya.

"Kami sudah sampaikan ke Bawaslu, ini yang perlu dirumuskan kembali, apakah hanya uang, seperti yang kita ketahui dengan serangan fajar dan sebagainya, atau sesuatu yang bernilai sama untuk bisa dijadikan alat tukar atau jaminan lain," katanya.

https://m.detik.com/news/berita/d-44...asif-di-pemilu
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Jgn kan PEMILU, yg sekelas pemilihan RT aja pasti ada penggunaan dana Pak.
Seandainya benar, alangkah baiknya
Semakin besar dana nya semakin bagus

Jika saja rakyat pny duit, daya beli pasti naik
Ekonomi bergerak, hal2 positif pun terjadi

emoticon-Traveller
Quote:


seandainya benar,repotnya belakangan gan untuk cari balik modal.

hal negatif pun terjadi.
PPATK: Ada Laporan Intel soal Potensi Penggunaan Dana Masif di Pemilu
Diubah oleh kaum.milenial


Quote:


Kok repot belakangan? Apa kemungkinan terburuk dr pemberi dan penerima dana?

Balasan post pilemon889
Lho, justru duit itu 2-3 tahun tidak berputar karena disembunyikan.
Kalau tidak disembunyikan:
- yang berasal dari bohir bisa diputar langsung ke bisnis atau konsumsi
- yang dikorup dari APBN bisa dipakai langsung untuk kepentingan umum
Quote:


dah agan jangan berpikir seandainya-seandainya terus,kan ini cuma potensi belum tentu terkait juga ke pilpres soalnya kan 2-3 tahun yang lalu juga ada pilkada serentak atau cuma kegiatan ekonomi semata tanpa politik juga bisa.


Quote:


Org lg byk duit di kasi duit, di simpan duitnya
Org lg kere di kasi duit, lsg dipake duitnya

Org lg kere di kasi duit, disimpan? Logika tdk bekerja spt ini bre


Quote:


Ane tdk berpikir seandainya
Ane berharap itu benar terjadi bre

emoticon-Traveller
Quote:


jadi buzzer itu yang rajin,kurang banyak dan lengkap tuh klipingannnya.

kerja yang bener donk.
emoticon-Marah
Balasan post sukhoivsf22
Quote:


kpk tambah lama tambah galak gan
meskipun belum optimal 100%
tapi kpk ngga bisa dipandang sebelah mata deh.. oleh semua kubu
Balasan post pilemon889
Quote:


gw pun setuju ini
duit tambah banyak berputar di tangan rakyat bawah

kalo ada indikasi duit yang digunakan berasal dari korupsi kan yang kena yang di atas..

rakyat bawah sih hepi

terima uangnya
terima sembakonya
coblos sesuai hati nurani
Diubah oleh tukangkredit


Quote:


emoticon-Shakehand2
monggo disampaikan ke kpk biar ditindak lanjuti
Balasan post pilemon889
Bukan, baca keterangan PPATK bre. Penarikan tunai dilakukan 2-3 tahun sebelum pemilu supaya tidak dicurigai. Tapi dikasih ke rakyat baru menjelang pemilu. Jadi disimpan oleh yang mau bagi2 duit, bukan penerima yg kere.

Sementara kalo duit itu gak pernah disimpan maka akan berputar, org berduit ga suka nyimpen uang nganggur. Jadi upah kuli, jadi bahan bangunan, jadi makanan, jadi kerjaan buat pengrajin, dll.

Dan jangan pikir bohir jadi lebih miskin karena nyuap politikus, yang ada dia berusaha balik modal dengan cara naikin harga yang dibelanjakan orang kecil untuk beli produknya.


Quote:


Ane kaga blg penyuap jd lbh miskin
Justru penyuap itu org yg berduit

Btw soal balikin modal dgn cara naikin hrg brg, ente dpt ilmu drmn?
Jujur ane baru pertama kali denger ilmu ini

info Intelijen
Balasan post pilemon889
Quote:


Ilmu dagang biasa lah. Misal lu harus suap anggota DPR buat dapet kuota daging, emang biaya suapnya ga dihitung sebagai biaya waktu hitung2an harga jual daging? Mana ada pedagang jualan mau rugi, kalo ga untung bukan pedagang la tapi dermawan.
Balasan post 54m5u4d183
Quote:


PPATK itu punya fungsi jadi intelijen keuangan. Semua informasi aliran dana lewat lembaga keuangan yang dilaporkan ke PPATK itu tergolong info intelijen.
kmaren salah 1 nya keciduk kan? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di