alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hal-hal yang Bikin Ragu Sri Mulyani Menkeu Terbaik Se-Asia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca85aa2365c4f279210b70a/hal-hal-yang-bikin-ragu-sri-mulyani-menkeu-terbaik-se-asia

Hal-hal yang Bikin Ragu Sri Mulyani Menkeu Terbaik Se-Asia

Hal-hal yang Bikin Ragu Sri Mulyani Menkeu Terbaik Se-Asia
Sabtu, 06 Apr 2019 13:46 WIB

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali dinobatkan menjadi Menteri Keuangan (Menkeu) terbaik Asia Pasifik 2019 versi majalah FinanceAsia. Hal ini pun memicu kritikan dari berbagai pihak, termasuk analis yang menilai penobatan tersebut tak sesuai kondisi ekonomi Indonesia.

Menurut Analis dari Pergerakan Kedaulatan Rakyat Gede Sandra, saat ini ada empat masalah ekonomi yang tengah dihadapi pemerintah. Pertama, yaitu pengelolaan surat utang di mana bunga yang ditetapkan menjadi paling tinggi di kawasan Asia Tenggara.

Sebab, dengan bunga yang lebih tinggi membuat pemerintah mesti menggelontorkan uang yang lebih besar ketika jatuh tempo. Ia memberi contoh besaran utang yang mesti dibayar oleh pemerintah dengan besaran bunga 8% dan tenor 10 tahun jauh lebih besar 135% dibanding Vietnam.

"Surat utang kita tertinggi di kawasan Asia Tenggara, bunganya 8%. Artinya kalau buat kita bisa rugi karena mesti membayar utang lebih mahal dari negara-negara di kawasan. Misalnya Vietnam itu 4,8% kalau dibandingin dengan tenor kita 10 tahun maka kita mesti bayar lebih mahal 135%," kata dia kepada detikFinance, Sabtu (6/4/2019).

Gede juga menyoroti besaran penerimaan pajak di Indonesia yang dinilai jauh lebih kecil dibanding negara-negara di Asia Tenggara. Ia mengungkapkan saat ini pendapatan pajak Indonesia hanya sebesar 10-11% terhadap produk domestic bruto (PDB).

Ia pun membandingkan penerimaan pajak dengan Vietnam yang mencapai 13,8%, Thailand 17%, dan Filipina 14,4%. Angka penerimaan ini dianggap bisa menghambat pertumbuhan ekonomi di masa mendatang, mengingat besaran bunga dan utang yang setiap tahun mesti dibayar.

Kemudian, Gede mengungkapkan saat ini defisit transaksi berjalan atau current account defisit (CAD) Indonesia merupakan yang paling besar mengalami pelebaran. Tercatat pada kuartal III tahun 2018 CAD melebar ke minus US$ 8,8 miliar.

Hal ini pun bisa membuat mata uang rupiah melemah sehingga berpotensi pada krisis keuangan. Sedangkan penguatan rupiah saat ini saja dinilai terjadi karena pemerintah gencar menarik surat utang dari pasar dengan bunga yang tinggi. Alhasil, pelaku pasar langsung menukarkan mata uang asing ke rupiah.

"Perlu diwaspadai, strategi menarik banyak utang berbunga tinggi ini untuk menjaga nilai tukar adalah sebuah bom waktu yang dapat meledak kapan saja di masa depan," ungkap dia.

Terakhir, ia mengungkapkan Net International Investment Position (NIIP) Indonesia menjadi yang paling negatif di Asia Tenggara. Dengan posisi tersebut, Indonesia dianggap bisa mengalami pengelolaan keuangan dan investasi yang merugi.

"Jadi aneh kenapa semua angkanya buruk, tapi malah dinobatkan jadi Menkeu terbaik," tutup dia.


Sebagai informasi, Sri Mulyani sendiri telah dinobatkan menjadi Menkeu terbaik versi majalah FinanceAsia selama tiga kali berturut-turut. Hal ini lantas membuat beberapa orang mengkritik penobatan atas dirinya mulai dari Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto hingga Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

https://finance.detik.com/berita-eko...erbaik-se-asia

Dan cebong menganggap ini sebuah prestasi mukidi, padahal cebong gak ngerti. Rentenir internasional ngasih penghargaan kepada Sri Mulyani karena telah membuat mereka lebih kaya raya. Ketika Vietnam dan negara lain cuma dikasih bunga 4,5%, sementara indonesia di kasih bunga 8%. Ya wajar saja rentenir internasional lebih memilih Sri Mulyani yang terbaik. Terbaik bagi mereka (rentenir), tapi musibah buat negara ini.
Diubah oleh awanbiru308
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
hmmmmm...
orang luar mungkin lbh objektif dlm menilai
mereka tidak punya kepentingan di dalamnya
jadi ya klo saiya sih tidak meragukannya
Lihat 1 balasan
Kalo gw jadi rentenir ya gw bakal melakukan hal yg sama, penghargaan kepada pelanggan terbaik emoticon-shakehand
Ya begitulah gan. Yah selamat buat jeng sri


Quote:


Betul
defisit transaksi dagang kenapa ngerembet nya ke menteri keuangan ya gak ngerti gue

itu kan gampang aja karena banyakkan impor daripada ekspor, semua sektor punya andil di situ , kalo mau diperjelas, ya harusnya menteri ESDM yang dicap jelek, karena impor migas paling banyak dan yang paling pengaruh ke defisit transaksi dagang,

gak etis kalo malah dipake nyerang ke Sri Mul, karena gak nyambung keleus
Diubah oleh anti.kritik.212
Lihat 1 balasan
soal utang kan jelas SEMUA lembaga peringkat utang global memberikan Indonesia rating positive-2018, 2019 ini turun ke stabil

artinya Indonesia masih tidak bermasalah dalam pembayaran kredit utang


lagian gue aneh sama kalian,
debat pilpres ke 3 Prabowo, bilang indonesia dimaki maki asing, kalian sertakan juga klipingan pernyataan PM Singapura yang diduga maki maki Indonesia

skrg dapet pujian asing, dimaki maki juga?

lagian Sandiaga Uno aja bilang kalo Sri Mulyani akan lebih cemerlang di bawah Prabowo sandi , bisa diartiin gak mpret?
Diubah oleh anti.kritik.212
biasa, hater cm bs ngiri sembari cari2 kesalahan. udah kebiasaan kubu sang pecundang tuna prestasi plus tuna biji

makanya loe tetep goblok mulu mon🙄

Quote:


Lihat 3 balasan
Rada geje sih ini analis, meskipun saya juga belum liat data yang membuat Sri Mulyani jadi menkeu terbaik, tapi rasanya gak nyambung membandingkan bunga surat utang kita dengan negara tetangga. Secara suku bunga malah lebih tinggi dari jaman2 sebelum Sri Mulyani.
sedangkan yg ngomong tidak satupun yg mengakui prestasinya....aneh nih orang kagak ngaca apaemoticon-Ngakak
Diubah oleh gabener.edan
Teori ahkemoticon-Embarrassment
Pertama, yg ngasih penghargaan bukan lembaga rentenir tp majalah FA. Majalah FA ngga ngasih renten ke endonesah.
Kedua, penilaian gak dari satu sisi sajah. Ada plus minus dipertimbangkan. Jangan melihat pakai kacamata kuda. Semua juga gak mau dilihat dari satu sisi saja. Prabowo juga gak bakalan mau dinilai dari sisi ketidakbecusannya ngurus anak dan keluarga saja.
Ketiga, klo yg nilai nasbung pasti gak ada baiknya, klo yg nilai nastak bakalan sebaliknya. Lebih fair orang diluar ke2 spesies itu yg nilai klo aku sih.
Balasan post superman313
iya dah elu yg pinter.
Coy gede sandra protes dong ke panitia penghargaan😂😂😂penghargaan buat kita kok kita sendiri yg bilang jelek, sok pinter amat
prestasi yang memilukan dan memalukan sebenarnya, tapi dianggap membanggakan..emoticon-Wakaka
Lihat 2 balasan
Balasan post roger_more2
kalo seandainya Prabowo sandi menang , Sri Mulyani juga bakal dipake lagi

"Melihat capaian Sri Mulyani selama ini, Sandiaga menilai Sri Mulyani akan lebih bersinar bila menjadi Menkeu di bawah kepemimpinan capres-cawapres nomor urut 02 pada periode pemerintahan 2019-2024."

junjungan elu tuh wkwkwkwkw
Balasan post masmomon
betul brey karna orang indon suka iri dengan bangsanya sendiri.. biasanya yg suka ngritik itu dak ada prestasinya apalagi jasa kepada negara... bisanya cuma omdong
Balasan post anti.kritik.212
Quote:


Menjelang pilpres agan satu ini jadi "sehat".
Jadi golput pas pilpres nanti Mbah?
Balasan post anti.kritik.212
Quote:


Jadi kesimpulannya : dikecam dan dicap sebagai "menteri pencetak uang", semata-mata karena sedang jadi pembantunya Mukidi emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di