yukinuraAvatar border
TS
yukinura
Listrik Gratis yang Ramah Lingkungan dengan Surya Panels. Kenapa Tidak?
Listrik gratis dengan Solar Cell

*sumber gambar

Gratis? Yup! Setelah pemasangan peralatan Solar Cell, listrik gratis. Gak percaya? Saya bisa buktikan.

Pemadaman yang sering terjadi didaerahku, itu sangat menyebalkan! Bukan hanya kegiatan yang terganggu bahkan komunikasi juga ikut terpengaruhi.

Kadang lagi asyik-asyiknya memanggang kue, semendadak lampu mati, saat itulah pingin rasanya gigitin oven. Saya menggunakan oven listrik untuk kebutuhan bermain-main dengan tepung. Hobby baru.

Sebel banget!! Membayar tangihannya sesuai jadwal, tapi nenikmatinya? Bikin gemeeesh!! Belum lagi tagihan tiap bulan terus membengkak, berkisar antara 200-300rb, sedangkan diriku mulai ketagihan dengan hobby baruku itu. What should I do?

Mencari informasi tentang Solar Panel kesana kemari dan harganya bikin merinding untuk dompet wanita sepertiku.

Dalam kegalauan itu ada satu teman Ayah datang bertamu. Beliau bilang kalau Ayah sudah menceritakan keluhan tentang listrik yang bikin gemesh.

Dari Beliau, saya tahu banyak tentang Solar Cell yang aku gunakan saat ini, kebetulan teman Ayah itu punya stock sisa proyek sekitar 70 set tapi saya hanya pesan 2 saja sudah cukup.

Nah disini saya tulis sedikit sebagai bahan referensi ya...

Panel tenaga surya (solar cell) itu terdiri dari ;

1. Panel surya


*sumber gambar



Panel ini dengan ukuran 120 x 96 cm ini berkapsitas 100wp, sebagai penyerap sinar matahari sebelum jadi penghantar listrik. Harga satu juta empat ratusan per potong

2. Solar Controller


*sumber gambar

Alat ini berfungsi sebagai pengontrol atau pengkonversi tenaga listrik sebelum dialirkan ke Accu. Dimana alat ini mempunyai lampu penunjuk untuk pemakaian solar cell, accu dan lampu khusus DC. Harga sekitar empat ratusan saja.

3. Accu kering


*Milk Pribadi

Alat ini tidak asing bukan? Accu kering jenis VRLA memang di khususkan untuk solar panels, dengan daya 100ah ini digunakan sebagai penyimpan aliran listrik yang diserap oleh solar panel tersebut. Harga sekitar dua juta empat ratusan.

4. Inverter

Inverter ini berfungsi sebagai alat untuk mengalirkan tenaga listrik ke perangkat yang akan dialiri listrik. ( Electronics)

Inverter terbagi 2 jenis yaitu.

A. Inverter MSW


*sumber gambar


Jenis ini hanya cocok di pake untuk lampu penerangan saja, yang mana gelombang dari jenis inverter ini beda dengan PLN. Harga satu juta tiga ratusan untuk 1500watt

B. Inverter PSW


*Milik pribadi

Jenis ini cocok digunakan untuk semua piranti yang menggunakan tenaga listrik seperti kulkas, TV dan lain-lain. Untuk harga bervariasi tergantung sellernya, saat itu saya beli sekitar dua jutaan untuk yang 1500watt.

Untuk penggunaan inverter ini tergantung berapa watt yang akan dikeluarkan perangkat listrik tersebut. Semakin besar daya yang ada di inverter PSW ini, maka akan sangat efektif untuk dipake oleh perangkat listrik itu.

Spoiler for Cara kerja solar cell:


Spoiler for Solar cell yang ramah lingkungan :


Kenapa saya bilang gratis? Karena setelah mengeluarkan biaya untuk peralatan tersebut diatas, tinggal menikmati listrik Gratis. Mendung? Tidak masalah tuh. Tetep ngisi battery nya, Keren bukan? Yang lebih mantap lagi tanggungan listrik yang sebelumnya tuga ratusan ribu, skrng turun menjadi seratus lima puluhan.

Listrik dari PLN tetap saya gunakan untuk penerangan dan kulkas saja. Untuk yang lainnya saya menggunakan solar cell, beberapa bulan ini sangat nyaman dengan listrik tenaga matahari tersebut.

Pemadaman? Bukan masalah lagi untuk melanjutkan hobby, yang lainnya gelap-gelapan tapi tidak dengan rumahku. Alhamdulillah...

Cukup sampai disini dulu ya tritnya, kalau ada umur panjang Kita jumpa lagi.

Trit ini saya buat sesuai pengalaman saja. Hobby save money.



:terimakasih
Diubah oleh yukinura 14-08-2019 07:23
TissueM4gic
kodel45
8319801
8319801 dan 61 lainnya memberi reputasi
62
20K
417
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan