alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Yang Harus Kamu Ketahui Soal Reiwa, Era Kekaisaran Baru Jepang
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca23ca8018e0d53ff09155f/yang-harus-kamu-ketahui-soal-reiwa-era-kekaisaran-baru-jepang

Yang Harus Kamu Ketahui Soal Reiwa, Era Kekaisaran Baru Jepang

Yang Harus Kamu Ketahui Soal Reiwa, Era Kekaisaran Baru Jepang

Pengunduran diri Kaisar Jepang Akihito akhir bulan April ini akan menjadi tanda dari berakhirnya era kekaisaran Heisei. Jepang pun akan memasuki era kekaisaran baru Gan.

Nama baru yang akan menandai masuknya Jepang pada era kekaisaran baru Jepang ini pun sudah diumumkan  oleh Kepala Sekretaris Kabinet, Yoshihide Suga. Kata baru yang akan menjadi nama dari era kekaisaran terbaru Jepang tersebut tak lain adalah Reiwa ( Ray-ee-Wa).

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui soal nama era kekaisaran baru Jepang ini Gan.

Punya arti tersendiri

Kata Reiwa terdiri dari dua karakter yang masing-masing memiliki arti “perintah” atau “memerintah”, serta “perdamaian” atau “harmoni”.


Tak dipilih sembarangan


Penamaan yang menandai suatu kekaisaran ini juga bukan hal yang baru. Ini sudah menjadi tradisi di Jepang . Setiap pemerintahan suatu kekaisaran  dikenal dengan sebutan “Gengo” Gan. Penamaan ini akan digunakan sejalan dengan kalender Masehi untuk menghitung tahun. Nama gengo ini juga akan diletakkan di uang koin, koran, sim dan dokumen resmi lainnya sebagai penanda waktu. Nama gengo juga menjadi mewakili semangat di sebuah massa yang juga merangkum budaya dan momen-momen di masa tersebut.

Itu sebabnya pilihan nama tersebut tak boleh sembarangan. Biasanya kabinet Jepang akan memilih kata dari daftar yang sudah diusulkan oleh sejumlah akademisi dan pakar dalam sebuah rapat kabinet yang benar-benar dijaga kerahasiaanya hingga keputusan dan pengumuman resmi dilakukan.

Punya perbedaan dibanding pengumuman nama di era sebelumnya

Pengumuman nama era baru di Jepang kali ini juga berbeda dibanding era sebelumnya seperti di era Heisei, Showa, Taisho atau Meiji karena pemerintah mengumumkan nama era baru tersebut  di saat kaisar yang berkuasa masih hidup sementara di era sebelumnya nama era baru kekaisaran Jepang hanya diungkap setelah kaisar wafat dan penerusnya sudah menduduki tahta.


Tak hanya itu, ini juga menjadi kali pertama penamaan era kekaisaran yang mengambil literatur klasik Jepang. Sebelumnya pilihan nama diambil dari Kanji atau literatur China.

Era baru resmi dimulai 1 Mei 2019

Kaisar Akihito mengundurkan dari tahtanya karena merasa usianya yang sudah 85 tahun menghambat dirinya dalam menjalankan tugas-tugas kekaisaran. Ia pun akhirnya memutuskan mengakhiri kekuasaannya setelah 30 tahun menjabat dan menyerahkan tampuk kekaisaran ke tangan sang anak, Putra Mahkota Naruhito. Putra Mahkota Naruhito sendiri akan resmi menjadi kaisar pada tanggal 1 Mei 2019 dan menandai awal dari era Reiwa ini Gan.


Disambut positif warga Jepang

Dilansir dalam JapanTimes, warga Jepang memberikan respon positif terhadap nama era baru kekaisaran ini. Beberapa merasa nama baru ini terbilang simpel dan gampang untuk diucapkan dan dituliskan.



Sumber : (1) (2)
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
semoga ada JAV genre atau model baru juga.
Mereka (orang jepang) ndeso tapi bisa punya komitmen maju, all out, namun tidak overproud, ttap rendah hati, menjaga harga diri dan kehormatan, elegan, telaten, rapih dan bersih.

Mereka tidak pernah meremehkan profesi apapun. bahkan artis JAV nya aja ada penghargaan seperti piala oscar. Trus ada TIPI Champion yg mengekspose keahlian berbagai tukang dan profesi, iron chef, industri otomotif, elektronik jadi pioneer, seabrek produk produk kreatif aneh unik ada, makanan minuman, baju, semua budaya digarap secara serius. emoticon-Cool

Kapan bisa ke jepang :kangen
profile-picture
itdiv memberi reputasi
Diubah oleh karyanakbangs4
Lihat 3 balasan
Layak dinanti ... bagaimana jepang bermain di lingkungan internasional
Balasan post karyanakbangs4
Quote:


Di negara maju, keahlian tukang bener2 dihargai, keahlian padat karya (handcraft) disana mahal...
Ada apa ya Kaisar Akihito bisa ada yg menghambat pekerjaannya? emoticon-Bingung (S)
Diubah oleh yes.please
Lihat 1 balasan
entah kenapa negara2 kerajaan rata2 maju ya. Jepang, inggris, spanyol, belanda, belgia, arab, malaysia, brunei
Diubah oleh jokerandbane
Lihat 7 balasan
gw taunya geisha yang pokalisnya bening itu emoticon-Malu (S)
Pas saya lagi di Jepang nih sekarang emoticon-Big Grin
Quote:


Pokalis yang lama apa yg baru gan? emoticon-Malu (S)
Quote:


Momo dong juara atu
denger denger salah satu kriteria pemilihan namanya gk boleh sama dengan nama pemain jav dan judulnya emoticon-Ngakak
kalo disini dibikin penamaan era kek gitu setiap ganti presiden jadi kayak apa yak
profile-picture
oberleutnant88 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
showa, heisei, jdi ingat era kamen rideremoticon-Blue Guy Smile (S)
Diubah oleh steven.thereds
selamat datang era kamen rider reiwa
kita liat gimana kiprah kaisar yg baru menjabat
profile-picture
d876 memberi reputasi
naruhito, kepeleset baca jadi naruto, sampe kaget. emoticon-Hammer (S)
Balasan post jokerandbane
negara demokrasi cenderung ga stabil politik dan pemerintahannya
Tokugawa, meiji, showa, heisei, reiwa

Apakah 1 era = 1 kaisar?
Rata2 berapa thn era kekaisaran di jepang?
emoticon-Bingung
profile-picture
oberleutnant88 memberi reputasi
Balasan post jokerandbane
Negara kerajaan di afrika masih banyak yang tertinggal gan.
Diubah oleh nazua
Yang Harus Kamu Ketahui Soal Reiwa, Era Kekaisaran Baru Jepang
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di