cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 Pelatih Top Eropa Yang Dipecat Usai Membawa Klub Juara Liga
Sudah sewajarnya bila manajemen, presiden atau pemilik  klub sepakbola di Eropa sana mempertahankan pelatih dan memperpanjang kontraknya jika berhasil menjuarai liga baik itu Liga Champions maupun liga domestik. Kemudian seorang pelatih juga akan rentan dipecat jika tak kunjung memberikan hasil yang baik bagi tim. Tapi, beberapa pelatih berikut ini justru dipecat setelah berhasil mempersembahkan gelar liga bagi klub. Memang sih, ada yang dipecat di musim berikutnya, tapi tetap saja itu membuktikan jika manajemen atau pemilik klub tersebut sangat perfeksionis dan ambisius. Nah, siapa saja ya mereka yang dipecat usai membawa klubnya juara?

1. Vicente Del Bosque

Sosok pelatih yang pernah membawa timnas Spanyol juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 ini adalah pelatih Real Madrid dari tahun 1998 hingga 2002. Musim 2001/02 di mana ia berhasil membawa Zidane dkk juara Liga Champions adalah prestasi terbaiknya di level klub. Tapi setelah musim tersebut berakhir, pihak manajemen El Real justru malah tidak memperpanjang kontrak Del Bosque untuk musim selanjutnya. Menariknya, sejak saat itu Madrid menjadi puasa gelar dan baru bisa juara La Liga pada musim 2006/07 di era Fabio Capello.

2. Jose Mourinho

Mourinho sukses di Inter Milan dan hijrah ke Real Madrid, karirnya juga cukup sukses walaupun tak pernah juara Liga Champions. 2013/14 Mourinho kembali ke Chelsea dan semusim kemudian membawa Chelsea juara Liga Primer. Di musim berikutnya performa The Blues merosot dan sempat berkutat di zona degradasi. Akhirnya Mourinho dipecat pada akhir 2015 dan di musim selanjutnya seperti yang diketahui Mourinho menuju Old Trafford.

3. Roberto Di Matteo

Pecinta sepakbola tentunya masih ingat saat Di Matteo menggantikan Andre Villas Boas di pertengahan musim 2011/12 karena dianggap gagal dalam menangani Chelsea. Di Matteo menggantikannya dengan status pelatih caretaker. Di luar dugaan justru Drogba dan kolega saat itu berhasil menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya. Di musim berikutnya, Di Matteo membawa Chelsea juara Europa League. Tapi pada musim 2014/15, pelatih asal Italia itu dipecat setelah gagal mempertahankan performa yang bagus.

4. Carlo Ancelotti

Ancelotti menjadi pelatih Madrid pada musim 2013/14 dan di musim perdananya tersebut, mantan pemain AC Milan tersebut berhasil membawa Los Blancos juara Liga Champions setelah 12 tahun puasa gelar. Di musim tersebut, Madrid juga juara Copa Del Rey. Tapi di musim berikutnya, Madrid gagal mempertahankan gelar UCL dan hanya finish pada urutan kedua di La Liga. Hasil tersebut membuat Ancelotti harus dipecat dan hengkang dari Bernabeu.

5. Fabio Capello

Pelatih asal Italia ini datang ke Real Madrid sebagai pelatih pada 2006 dan melakukan perombakan sekaligus 'membubarkan' era Los Galacticos, tapi siapa sangka usaha tersebut justru berhasil. Van Nistelrooy dkk saat itu sukses juara La Liga setelah mereka puasa gelar tersebut cukup lama. Tapi entah kenapa kontrak Capello tidak diperpanjang. Isunya adalah presiden Real Madrid tidak menyukai gaya permainan yang diterapkan oleh Capello.

Sekian thread singkat dari ane, jika ada yang mau menambahkan. Silahkan gan emoticon-Big Grin

Quote:
5
7.5K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan