asmulfaisiAvatar border
TS
asmulfaisi 
Bagaimana Mengenal Seorang Pembohong? Simak Yuk!
Kalau kalian sampai pada artikel ini artinya kamu sedang menghadai masalah yang lumayan sulit, apa kamu ragu kalau ada seseorang yang berbohong padamu? Pacarmu? Teman kerja? Sahabat? Gebetan? Siapa sih yang kamu ragukan itu?. Sebenarnya dalam ilmu psikologi terdapat ilmu membaca bahasa tubuh, tapi sekarang ini orang–orang yang ingin belajar cara membaca bahasa tubuh itu bukan hanya mahasiswa psikologi contohnya kamu yang sedang membaca artikel ini (. Banyak orang ingin mempelajari bahasa tubuh dengan alasan untuk mempertahankan diri terhadap sikap–sikap yang tidak jujur, tidak sopan, dan untuk mengetahui apakah orang yang berbicara dengan kita adalah orang yang jujur. Apakah kamu berusaha untuk menebak kejujuran pasanganmu? Atau kamu berusaha menerka kejujuran selesman yang datang menawarkan barang kerumahmu, atau juga kamu berusaha untuk membaca pikiran sahabatmu yang sedang curhat. Nah kebohongan seseorang dapat dilacak berdasarkan isyarat–isyarat non verbal, terus apa aja sih isyarat non vrbal yang biasanya dilakukan oleh seseorang yang sedang berbohong.
Quote:


Mata aadalah salah satu organ tubuh yang biasanya paling ekspresif. Bagian mata pertama yang harus kamu perhatikan saat berbicara dengan orang yang kamu curigai adalah alis mata, biasanya seseorang yang berbohong akan cenderung mengangkat alisnya hal ini biasanya merupakan isyarat non verbal yang mengatakan “kau harus percaya padaku” namun bila lawan bicaramu malah mengerutkan alisnya itu adalah tanda bahwa dia terganggu dengan tuduhan kamu. Bagian kedua dari mata yang harus kamu perhatikan adalah kontak mata, mengedipkan mata secara terus menerus dan tidak normal adalah tanda kecemasan dan dapat berarti kebohongan, maka dari itu kamu harus memperhatikan lawan bicaramu apakah dia berkedip dengan tidak normal? Bagian ketiga dari mata yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah pupil matanya, para pembohong cenderung membesarkan pupil matanya pada saat mereka mengatakan kebohongannya. Yang keempat adalah posisi mata, apakah dia membuka matanya lebar–lebar atau menyipitkan matanya? Orang yang berbohong biasanya akan membesarkan matanya untuk meberikan tekanan pada apa yang diucapkan dan untuk membangun kesan tentang sikap keluguan mereka. namun kamu harus ingat bahwa isyarat non verbal membuka mata lebar juga mnjadi tanda kemarahan atau rasa gelisah, oleh karena itu kamu tidak bisa menudug seseorang berbohong sembarangan. Mata yang berkdip – kedip dapat menjadi kamu bagi kamu bahwa seseorang sedang berbohong pada kamu, khususnya apabila kamu sudah lama mengenal orang tersebut dan tau bahwa dia tidak terbiasa berkedip sebanyak itu. Berusaha menghindari kontak mata dari tatapan orang lain adalah suatu usaha tidak sadar yang biasa dilakukan oleh seorang pembohong. Para pembohong juga biasa menyembunyikan pupil mata mereka yang lebar yang biasanya terjadi scara tomatis pada saat merka berbohong.
Quote:


Bagi seorang pembohong wajah yang memerah adalah tanda perasaan gugiup atau rasa malu, dan ini merupakan tanda yang biasanya terlihat pada seorang pembohong yang tidak terlatih.
Quote:


Hidung yang mengembang adalah salah satu tanda perasaan bersalah, namun kamu mungkin saja salah. meski hidung yang mngembang adalah tanda perasaan cemas dan rasa bersalah yang mungkin saja dilakukan olh orang yang berbohong padamu, tapi emosi-emosi ini dapat menjadi reaksi normal apabila seseorang dituduh melakukan suatu kesalahan. Karena itu perhatikan lebih jelas lawan bicaramu, saat kamu bertanya padanya pertanyaan yang menuduh dan dia menjawan sambil menggosok hidungnya, maka itu adalah petunjuk yang cukup bagus bahwa dia sedang berbohong padamu. Selain itu sentuhan pada mulut atau sekitar mulut, khususnya yang dilakukan ketika seseorang sedang berbicara padanya adalah suatu tanda kebohongan yang jelas. gerakan itu dilakukan sebagai usaha untuk mencegah hal-jal yang tidak benar keluar dari mulutnya.
Quote:

Saat pembohong bicara dengan kamu dan kamu telah menyatakan dia tidak bersalah lalu kemudian saat dia berdiri didepanmu dia banyak menggelengkan kepalanya saat berbicara maka itu adalah tanda dia sedang cemas dan ada yang tidak beres dengan dengannya. Tapi jika dia tetap tenang dan memiringkan kepalanya kearah samping atau menundukkan kepalanya maka itu berarti dia sedang berusaha menghindari kontak mata atau berarti dia sedang berusaha memilih kata-katanya dengan cermat, yang semuanya artinya dia sedang memikirkan sesuatu. Ditambah kalau dia kemudian menyentuh belakang kepalanya itu artinya dia sedang gelisah.
Quote:

Hal yang biasanya dilakukan para pembohong adalah dia akan semakin banyak bicara. Karena saat kamu mncurugai sesuatu pembohong akan banyak bicara unuk meyakinkan kamu tentang ketidak bersalahannya. Biasanya pembohong akan memberikan alasan bahwa dia tidak mungkin melakukan kesalahan itu. Misalnya, kamu menuduhnya mencuri donat, maka dia kemudian akan bercerita bahwa terakhir kali dia makan donat adalah sebulan yang lalu. Atau mungkin dia akan menjelaskan bahwa dia tidak suka makanan manis dan cpat saji.
Quote:

Tanda-tanda lain yang biasanya dilakukan orang lain saat sedang berbohong adalah dia akan banyak berdehem, tapi tentu saja kita juga harus memperhatikan kondisi lawan bicara kita kalau dia ternyata memang sedang flu dan batuk reaksi berdehem dan tanda ini tidak dapat dijadikan tolak ukur.
Nah, itu tadi tanda seseorang sedang berbohong padamu, namun tanda-tanda diatas belum semuanya ya.. masih banyak tanda-tanda yang mungkin dilakukan seseorang saat dia berbohong, kalau kamu penasaran, beri tahu saya dan kemudian saya akan melanjutkannya pada artikel berikutnya.
1
1.1K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan