alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
China Yakin Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Rampung 2021
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c92f4ebf4ae2f077b7f8f7f/china-yakin-proyek-kereta-cepat-jakarta-bandung-rampung-2021

China Yakin Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Rampung 2021

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah China memprediksi pembangunan megaproyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa selesai pada 2021, atau sejalan dengan target pemerintah. Hal itu diharapkan terealisasi meski pembebasan lahan masih menjadi kendala utama proses pembangunan.

"Mudah-mudahan kami bisa menyelesaikan proyek ini dalam jangka waktu dua tahun, sehingga Anda dapat melakukan perjalanan Jakarta-Bandung lebih pendek dari sekitar 3-5 jam menjadi kurang dari 40 menit," ujar Ambassador China untuk Indonesia Xiao Qian di Hotel Shangri-La, Selasa (19/3).

Ia mengakui perkembangan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung cukup pesat. Misalnya, lanjut Qian, dari sisi pembebasan lahan yang berlangsung cepat. Meskipun, permasalahan lahan menjadi permasalahan krusial di setiap negara.

Pada Februari lalu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) mencatat pembebasan lahan telah mencapai 85 persen. Pemerintah menargetkan pembebasan lahan untuk proyek tersebut selesai pada bulan ini.

"Saya sudah mengunjungi tempat kerja kereta cepat Jakarta-Bandung delapan kali dan perkembangannya luar biasa. Setiap kali saya berada di sana, saya sangat bahagia dan makin percaya diri akan proyek ini," imbuhnya.

Qian menuturkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan menjadi proyek kereta cepat pertama di Asia Tenggara yang masuk dalam program The Belt and Road Initiative atau program Jalur Sutra yang diinisiasi oleh pemerintah China. Tidak hanya sekadar proyek transportasi, ia meyakini proyek Jakarta-Bandung ini akan memicu perekonomian sepanjang dua kota besar itu.

"Kami memiliki kisah sukses serupa di China yaitu kereta cepat Beijing-Tianjin yang mirip dengan Jakarta-Bandung. Dengan kereta berkecepatan tinggi, orang-orang di Beijing pergi ke Tianjing untuk berbelanja, karena lebih murah di sana. Jadi kota-kota dan desa-desa sepanjang garis ini berkembang," tuturnya.

Pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sendiri dimulai sejak peletakan batu pertama pada 2016 lalu. Bertindak sebagai kontraktor pembangunan proyek adalah Konsorsium PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang terdiri dari empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT KAI (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII, dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dengan China Railways.

Dari sisi pendanaan, konsorsium mengambil pinjaman dari China Development Bank (CDB). Pada Mei lalu, CDB telah mencairkan kredit tahap pertama sebesar US$170 juta dari total komitmen pinjaman yang mencapai US$500 juta. Lalu, pada September konsorsium kembali mencairkan kredit tahap kedua sebesar US$274,8 juta.

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...g-rampung-2021

tolong proyeknya jepang yang ambil alih, jepang jelas lebih berpengalaman dan superior daripada china, harga agak mahal gpp, asal ada kualitas yg sepadan. Jepang itu hebat, kebanggaan Asia.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
salah satu BLUNDER di pemerintahan wiwi selain keberadaan kwartet nyet,
Meganyet , Puanyet , Hastonyet dan Luhutnyet emoticon-anjing


China Yakin Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Rampung 2021
Diubah oleh GayusTambunan.
kamfret mau giring isu ridwan kamil antek cinak, tapi galau karena walikotanya sekarang dari pks

emoticon-Ngakak
Quote:


Harusnya memang dipegang jepang dari awal emoticon-Marah
Ayo kawan jangan berkelahi gara gara politik, jokowi dan prabowo ga kasih kalian makan kok, mereka berdua jangan dibela membabi buta.

tapi belalah agama dan rasmu, sekarang saya mau bikin petisi bebaskan Brenton Tarrant, tolong dukung ya gan

#BebaskanBrenton
#BrentonPahlawanPutih
#OntaMunafik
Dari China ada alih tehnology ke pihak Indonesia makanya diambil sama pak de wiwi jadi kita bisa bikin kereta cepat sendiri, jadi hitung hitung kita beli technology kereta cepat tersebut! Dan dimaksud agar Indonesia bisa memproduksi kereta cepat untuk keperluan sendiri!

Sedang bila diambil Jepang maka semuanya sampai separe part mesti impor dari Jepang dan tidak ada alih technology ke pihak Indonesia, jadi Indonesia cuma sebagai konsumen/ pembeli saja! Bahkan bila ada kerusakan mesti panggil ahli (/montir) dari jepang untuk memperbaiki tuh kereta bila ada kerusakan!

Wa dulu juga keberatan terhadap jalur kereta api ini karena pikir punya pikir Mubazir, tapi setelah tahu ada alih technology nya; jadi mengerti kita ini sedang membeli "technology kereta cepat" tersebut dan hal ini tidak dapat dan di berikan bila proyek tersebut jatuh ke tangan Jepang !

Janji Jepang ke Indonesia untuk melakukan alih technology pembuatan mobil tidak terwujud sampai saat ini!

Ada nya Jepang malah mencuri dan mematenkan Hak intelektual milik rakyat Indonesia sebagai Hak intelektual jepang yaitu " Tempe" Indonesia!
Diubah oleh daimond25
Kampret mau nyerang pk isu cina?

China Yakin Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Rampung 2021

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh ranttalker
Quote:


ni guguk ngemeng apa sih? emoticon-Thinking emoticon-Amazed
maklum presiden aja bilang bertele-tele pengurusan di indonesia itu
Quote:


tololnya anda itu [
roda terus berputar lain dulu lain sekarang
sekarang yang hebat di asia itu adalah china

perekonomian,kemiliteran,teknologi nomor 1 di asia dipegang oleh china
konsumen kereta ini sebagian besar kalangan menengah ke atas. Kalo penumpang tujuan jakarta sudah tiba, mereka pasti masih mau naik transjakarta. Masalahnya di Bandung, opsi untuk melanjutkan perjalanan nggak sebanyak di Jakarta. Pakai angkotpun pasti ogah2an, sedang trayek bus Damri masih terbatas.
Maksud hati ingin membahas kepantasan jepang daripada china..

tapi nastak kelewat sensitif dan kegeeran sendiri malah bawa bawa nasbung segala..

emang manusia sampah kelen semua emoticon-Mad

manusia berkelahi atas nama agama dan ras itu sangat wajar, tapi kalau ada manusia membela sesama manusia yg sama sama berak, itu namanya kegoblokan yg sangat mengerikan..

Mending bikin petisi bebaskan Brenton Tarrant dan mendukung Frasser Anning.

#BrentonPahlawan
#KulitPutih
ts bangga dijajah jepang emoticon-Ngakak coba liat data siapa yg bangun kereta cepat lebih banyak, brp km total d jepang sama d china
China Yakin Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Rampung 2021

Wasfadalahemoticon-Imlek
Balasan post GayusTambunan.
Kenapa postingan nya diubah? Takut dituduh nasbung? Hehehe
Balasan post jepanghebat
???????
gw cuman nambahin pic doang kok emoticon-Amazed
dan sejak kapan gw nasbung? emoticon-Najis
Cina jaman dulu diremehkan, tapi cina sekarang jangan salah.
Jepang udah lewat masanya.
Diubah oleh vangoz
Quote:


Bener banget. Dari gedebage ke kota ga tau mau naek apa.
Dulu katanya mau bikin LRT juga tapi ga ada berita lagi.
Sebenernya rada nanggung trayeknya jakarta-bandung, minimal jakarta-semarang. Trus emang bener ya ada transfer teknologi dari cina? Kalo bener sih bagus juga. Sebenernya ada rencana jepang yg pegang proyek kereta semi cepat jakarta-surabaya, tapi sampe sekarang masih tahap studi kelayakan. Entah kapan jadinya.

#22,460

Quote:


LRT udah jadi kok. Minggu ini udah mulai bisa dipakai. Rutenya dari Kelapa Gading ke Rawamangun.
Diubah oleh gilbertagung
Quote:


Lrt bandung maksud gw
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di