alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Rondho Royal, Jajan Jadul Kota Jepara Ini Layak Agan Coba. Intip Resepnya Yuk!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c9235a5e83c724dab507f8e/rondho-royal-jajan-jadul-kota-jepara-ini-layak-agan-coba-intip-resepnya-yuk

Rondho Royal, Jajan Jadul Kota Jepara Ini Layak Agan Coba. Intip Resepnya Yuk!

Rondho Royal, Jajan Jadul Kota Jepara Ini Layak Agan Coba. Intip Resepnya Yuk!

Gan, pernah enggak dirimu melipir ke kota Jepara buat liburan. Selain destinasi wisatanya yang seelok luar negeri tepatnya di Kepulauan Karimun Jawa, masih ada lagi nih yang menarik. Yakni tentang jajan jadulnya, di mana salah satunya camilan ''rondho royal.''

Mendengar namanya, pasti Agan penasaran 'kan? Emang terdengar unik. Sebab bila diartikan dalam bahasa Jawa artinya agak kurang pantas, yaitu ''janda lebay.''

Penganan ini sebenarnya punya nama lain yaitu ''monyos.'' Asalnya dari tape singkong yang digoreng, seperti kalian bikin pisang goreng. Cuma tak tahu kenapa ya kok bisa dinamakan lucu kayak gitu.

Menurut cerita para orang tua sih katanya singkongnya udah kadaluwarsa karena dikasih ragi dan diinapkan lebih dari sehari. Entah benar apa enggak, ya anggap saja dongeng ya hehehe. Sebagai pelengkap kisah dari kue basah itu.

Nah, penasaran gimana cara bikinnya ini dia resepnya. Catet ya!

Resep Kue Rondho Royal

Bahan yang dibutuhkan :

350 gram tape singkong pilih yang utuh, dengan panjang sekitar 5 sampai 6 cm

250 gram tepung terigu cap segitiga biru

100 gram tepung beras 

200 gram kelapa parut yang masih muda

1/2 sdt vanili bubuk

1 sdt garam halus

1 sdm gula pasir

250 air

1 sdt baking soda atau baking powder

500 ml minyak goreng

Cara membuat :

Buang serat yang ada di dalam tape dan biarkan utuh.

Campur semua bahan adonan menjadi satu lalu, diamkan selama 30 menit.

Panaskan minyak goreng, selagi menunggu suhu naik masukkan tape satu persatu ke dalam adonan tepung.

Goreng hingga kekuningan.

Angkat segera dan sajikan bersama teh panas.

Gimana Gan, tertarik mencoba? Oh, ya resep ini juga bisa loh Agan jadikan bisnis camilan, karena rasanya emang manis dan gurih. Pokoknya oke punya, dijamin enggak rugi deh!

Sumber resep : Koleksi pribadi penulis

Sumber gambar : www.pinterest.com

Jepara, 20 maret 2019

#belajarbersamabisa#
Diubah oleh royani1975
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
ane baru tau ada kuliner rondo royal
Balasan post ojo.kondor
Iyakah hhehee
Quote:


Yoi bre emoticon-Big Grin
Pisang goreng tumpahin susu asyiaaap
tape goreng
Rondo royal? Jadi kangen tuh ma makanya
Balasan post bekticahyopurno
hehehe
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Ayoooo sundulinnnnnemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

emoticon-Ngamukemoticon-Ngamukemoticon-Ngamukemoticon-Ngamukemoticon-Ngamuk





emoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bataemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-temptedemoticon-tempted



emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
udah lama ga makan tape goreng
Rata-rata di pulau jawa namanya sama ya ; Rondo Royal
emoticon-Hai
penampakannya ga segarang namanya, disini cukup dikasih nama :tape goreng


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di