alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hasil Tangkapan Melimpah, 1,5 Ton Ikan Dibuang Karena Tak Laku
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c91f24eaf7e93701d58b710/hasil-tangkapan-melimpah-15-ton-ikan-dibuang-karena-tak-laku

Hasil Tangkapan Melimpah, 1,5 Ton Ikan Dibuang Karena Tak Laku

Kendari - Seorang nelayan bernama Yanto kini didera rasa gundah. Bagaimana tidak. Ikan hasil tangkapannya tidak laku terjual. Bahkan sebagian besar dari ikan-ikan itu justru sudah mulai membusuk. Kerugian yang dihitung telah mencapai jutaan Rupiah.

Seperti dilansir dari KendariPos.co.id, Jumat (15/03/2019), tangkapan ikan oleh para nelayan di Kabupaten Buton Utara (Butur) belakangan ini mengalami peningkatan drastis. Hasilnya melimpah ruah. Namun yang ironis, pembelinya malah sepi.
Sedangkan kelebihan stok ikan tersebut tak bisa disimpan lebih lama lagi. Hal itu dikarenakan keterbatasan sarana. Baik dari segi penampungan, pembekuan dan juga pemasarannya.
“Sudah hampir satu minggu hasil tangkapan ikan meningkat. Sementara hanya sebagai pedagang ikan di pasar yang membeli. Kelebihan stok ikan ini tidak bisa disimpan banyak karena keterbatasan sarana pembekuan, penampungan dan pemasaran,” beber Yanto, nelayan asal Kecamatan Kulisusu saat ditemui, Selasa (12/03/2019).

Menurut keterangan yang diungkapkan Yanto, ada tiga kapal dengan muatan ikan sekitar 1,5 ton. Tapi sayang sekali, karena tidak ada pembeli, terpaksa ikan-ikan tersebut harus dibuang. Ikan-ikan itu pun terdiri dari beragam jenis seperti ikan kembung, cakalang dan lajang. Namun tidak laku.
“Jenis ikan yang melimpah dari tangkapan nelayan diantaranya ikan layang, kembung, lajang, dan cakalang. Ada juga yang terpaksa menjual ikan dengan harga murah,” imbuhnya kemudian.
Sementara itu, Kepala Seksi Bina Mutu dan Diversifikasi Produk Perikanan Dinas Perikanan Butur, Narni mengatakan, saat ini nelayan tak hanya membutuhkan penampungan, tapi juga pemasaran.
“Ketika ikan melimpah begini, nelayan kita bingung mau dibawa ke mana ikan-ikan itu. Solusinya harus ada pengelolaan ikan di Buton Utara,“ tukasnya.
Ia berharap agar dinasnya dapat menyediakan penampungan dan pemasaran sehingga harga ikan bisa tetap stabil di Buton Utara.


https://www.suratkabar.id/123094/per...arena-tak-laku

mengapa tidak diekspor kejepang saja pak? orang jepang itu suka makan ikan emoticon-Peluk
sabar ya pak
Diubah oleh jepanghebat
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
pake apaan, odong odong emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak nah kan , kalau kurang pusing, kebanyakan pusing juga



emang yang pas itu yang paling enak buat di pegang emoticon-Embarrassment
Quote:


mungkin bisa koordinasi dengan menteri kelautan dan perikanan gan
pemberian kapal biar tangkapan melimpah otomatis pendapatan meningkat ternyata hanya teori belakaemoticon-DP
Quote:


pasti freezer ikan nya penuh
Pilih mana, lebih apa kurang? emoticon-Cool
mohon bantuan pembangunan industri yg bisa menyerap tu hasil tangkapan
misal pengalengan ikan atau industri pengeringan ikan
jadi klo hasil melimpah ada yg nyerap
Tangkapan Kurang.... Menggerutu.... Tangkapan Melimpah.... Menggerutu...

Dibikin jadi Ikan Asin begok.... Kreatip dikit napa.... emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Marah
Quote:

Kalo penuh jgn nambah lagi tar kapalnya yg tenggelamemoticon-Takut
mungkin nggak ada industri yg bisa mengolah hasil tangkapannya.
Diperlukan teknologi hasil perikanan
mending melimpah daripada di colongin negara lain
pr yg harus dikerjakan adalah mencari terobosan lain dalam memproses , menjual, mengkonsumsi ikan tsb
Dengan cara sinergi semua pihak, pemerintah, pengusaha, nelayan, dan masyarakat selaku konsumen

mulai dari kementrian terkait ( KKB, mendag, menperindustrian, menpariwisata, dll ) , sampai menteri pendidikan untuk mengedukasi rakyat indonesia lebih banyak konsumsi ikan.

jd intinya ada dulu sumberdaya nya , baru bisa dikembangkan jadi bentuk apapun

kalo dulu ikan populasinya menurun. negara laen yg menikmati.
jumlah nelayan jg mesti di evaluasi lagi. apakah kebanyakan.
dibikin somay, batagor, otak2 enak tuh
melimpah bukanya bagus. ga bnyk pencurian ikan oleh osang asing
ya dibatesin dunk nangkepnya.. jangan mentang2 melimpah terus di keruk semua... tangkep sesuai yg bisa di jual.
Balasan post SyncMaster753
pebisnis ya ngeliat dulu kira kira pasokan bisa banyak ga, klo abis kyk dulu digarong ma kapal asing, pebisnis mana mau masuk industri perikanan. mending nyewain surat surat kapal, biar digandain sama kapal asingemoticon-Ngakak
mati sia-sia dah tu ikan emoticon-Traveller
Balasan post anying.kau
ikan asin 1,5 ton ganemoticon-Takut
Balasan post SyncMaster753
bener gan, bisa di bilang tahap 1 sudah selesai, sekarang kita kerjain lagi tahap 2, cara buat memaksimalkan nilai tangkapan.

kalau emang hasil tangkapan di sana semakin melimpah, bener-bener salut ane sama ibu mentri satu ini.
Duh melimpah.. kaya perut indon ud gede2 aje ye..
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di