i71lm4c4nAvatar border
TS
i71lm4c4n
Sunyi di Timur Tengah, ISIS Berdenyut Kencang di Filipina
Sunyi di Timur Tengah, ISIS Berdenyut Kencang di Filipina
Sunyi di Timur Tengah, ISIS Berdenyut Kencang di Filipina
Ledakan di Gereja Filipina.


Merdeka.com - Di seberang kepulauan Filipina selatan, bendera hitam ISIS berkibar. Kelompok teroris menganggap wilayah itu sebagai Provinsi Asia Timur. Para lelaki di hutan, yang berjarak dua samudera dari tempat kelahiran ISIS yang gersang, membawa kelompok mereka ke dalam pertempuran baru.

Ketika para jemaat berkumpul pada bulan Januari untuk Misa Minggu di sebuah katedral Katolik, dua bom menghancurkan halaman gereja, menewaskan 23 orang. ISIS mengklaim sepasang pelaku bom bunuh diri bagian dari kelompok mereka.

Beberapa hari kemudian, sebuah ilustrasi beredar dalam grup obrolan ISIS, memperlihatkan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte berlutut di atas tumpukan tengkorak dan seorang militan berdiri di atasnya dengan belati. Tulisan pada gambar tersebut berbunyi seperti sebuah peringatan: "Pertempuran baru saja dimulai."

Wilayah ISIS, yang dulu seluas Inggris, telah menyusut setelah empat tahun perang yang didukung Amerika dan pertempuran darat oleh para pejuang milisi Kurdi dan Syiah. Yang tersisa adalah sebuah desa kecil di Suriah tenggara yang bisa hancur kapan saja.

Denyut gerakan kelompok ini justru berkembang di tempat lain. Pulau Mindanao, Filipina Selatan, telah lama menjadi surga bagi para pemberontak karena hutan belantara yang lebat dan pengawasan yang lemah. ISIS menarik sejumlah jihadis militan. Demikian dilansir dari laman The New York Times, Selasa (12/3).

"ISIS memiliki banyak kekuatan," kata Motondan Indama, seorang mantan pejuang anak di pulau Basilan dan sepupu dari Furuji Indama, seorang pemimpin militan yang telah berjanji setia kepada ISIS. "Saya tidak tahu kenapa sepupu saya bergabung, tetapi itu terjadi di mana-mana."

Kelompok ini pertama kali sangat mendorong perekrutan di Filipina selatan pada tahun 2016. Mereka menyebarkan video sebagai isyarat kepada militan yang tidak bisa berangkat ke Irak dan Suriah. Dari situ, kata pejabat intelijen, ratusan pejuang berdatangan dari Chechnya, Somalia dan Yaman.

Tahun berikutnya, gerilyawan yang berjanji setia kepada ISIS mengambil alih kota Marawi di Mindanao. Pada saat tentara menang lima bulan kemudian, kota berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di negara itu hancur lebur. Setidaknya 900 pemberontak tewas, termasuk pejuang asing dan Isnilon Hapilon, pimpinan ISIS Asia Timur.

Duterte menyatakan kemenangan atas ISIS. Tetapi tampaknya tidak menghalangi loyalis kelompok ini untuk berkumpul kembali.

"ISIS memiliki dana dan mereka merekrut pejuang," kata Rommel Banlaoi, ketua Lembaga Penelitian Perdamaian, Kekerasan dan Terorisme Filipina. "ISIS adalah masalah yang paling rumit dan berkembang di Filipina saat ini, dan kita tidak boleh berpura-pura bahwa mereka tidak ada karena kita tidak ingin itu ada," jelasnya.

Sejak pengeboman katedral 27 Januari di pulau Jolo, militer Filipina melakukan serangan udara dan menyiagakan 10.000 tentara di Jolo. Demikian disampaikan Kolonel Gerry Besana, juru bicara komando militer regional di kota Zamboanga.

Pesawat pengintai Amerika memantau kepulauan Filipina selatan, tempat minoritas Muslim negara terkonsentrasi dan pemberontakan lokal telah lama memerangi negara mayoritas Kristen itu.

Namun bahkan ketika serangan militer meningkat, pemerintah tak mengakui Filipina berada dalam arus global ekstremisme Islam. Para pejabat tinggi meremehkan insiden dimana ISIS telah mengirim pejuang asing ke Filipina dan mendanai mereka melakukan serangan mematikan. Bagi mereka itu hanyalah permasalahan antar klan Muslim, atau bandit biasa.

Sepekan setelah pemboman katedral Jolo, polisi menyatakan kasus tersebut diselesaikan, menyalahkan kelompok militan lokal, Abu Sayyaf, dengan sedikit pengakuan tentang berapa banyak pemberontak yang bermitra dengan ISIS.

Sumber:merdeka.com
Waspada Indonesia! Posisi musuh amat dekatlah! Sekali pemilu ini gagal atau rusuh, masuklah isis babi radikal tikusgot ke nkri, sementara tentara sibuk pengamanan, papua lepas spt timtim.
0
2.4K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan