alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anomali Infrastruktur Jokowi Mulai Muncul
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8ba0ae68cc9504cd5206cf/anomali-infrastruktur-jokowi-mulai-muncul

Anomali Infrastruktur Jokowi Mulai Muncul

INILAHCOM, Jakarta - Festival pembangunan infrastruktur yang dicanangkan pemerintahan Joko Widodo disambut positif banyak pihak. Harus diakui, Indonesia tertinggal dalam ketersediaan infrastruktur dengan negara lain.

Sehingga jangan heran kalau perekonomian nasional sulit tumbuh signifikan. Kini, terdapat 245 proyek strategis nasional, mulai dari jalan tol, bandar udara, pelabuhan, bendungan, hingga proyek pembangkit listrik 35.000 megawatt.

Total dana yang dibutuhkan tak tanggung-tanggung, mencapai Rp4.197 triliun. Dari jumlah tersebut, hanya Rp525 triliun diambil dari APBN.

Namun, setelah empat tahun festival proyek berjalan, anomali mulai muncul. Ekonomi tak tumbuh signifikan, hanya seputaran 5%. Industri manufaktur, yang kerap menjadi kontributor terbesar perekonomian Indonesia, malah melesu.

Alhasil, sumbangan pembangunan infrastruktur terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) turun dari 20,25% pada kuartal II-2016 menjadi 19,93% pada kuartal III-2017. "Banyak target Pemerintah meleset. Pembangunan 65 bendungan yang digadang-gadang Pemerintah hanya selesai enam atau tujuh saja. Tol laut yang katanya bisa mempermurah biaya logistik, nyatanya malah menguntungkan perusahaan ekspedisi besar. Jalan tol yang katanya untuk logistik justru tarifnya memberatkan angkutan truk, papar Ketua Presidium Barisan Pemeriksa Kondisi Proyek (BPKP), Rusmin Effendy.

Skema pembiayaan proyek infrastruktur yang lebih mengandalkan BUMN karya juga membebani keuangan perusahaan-perusahaan konstruksi pelat merah. Total utang BUMN karya melejit dari Rp525 triliun pada 2015 menjadi Rp805 triliun per September 2018.

Selain itu, tak sedikit pihak yang mempertanyakan perencanaan proyek. Terutama efeknya terhadap biaya logistik, karena sebagian besar proyek yang dikerjaka justru tak berhubungan dengan moda pengangkutan barang tapi orang. Proyek Infrastruktur juga dinilai tak memiliki perencanaan matang dalam hal kajian ekonomi, lingkungan, dan sosial.

Sederet masalah ditemukan. Bandara Kertajati sepi penumpang. Jalan tol Becakayu dan Trans Jawa tak diminati angkutan barang karena tarif kemahalan. Sejumlah bendungan ternyata tak terkoneksi dengan jaringan irigasi. Beberapa proyek tak sesuai dengan aturan tata ruang. Lalu masalah pembebasan tanah yang tuntas memicu protes warga.

Untuk itu BPKP meminta pemerintah untuk meninjau ulang proyek-proyek yang termasuk ke dalam Proyek Strategis Nasional. Mengingat keterbatasan anggaran, pemerintah sebaiknya lebih memprioritaskan proyek-proyek yang akan berdampak langsung terhadap sektor industri manufaktur, seperti jaringan jalan publik untuk angkutan barang dan akses ke infrastruktur utilitas seperti pembangkit listrik dan ladang gas bumi.

Pemerintah dan pelaksana proyek harus benar-benar menyiapkan kajian awal secara lengkap, termasuk soal skema pembiayaan. Proyek Strategis Nasional bernilai ekonomi sebaiknya dibiayai oleh Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau murni swasta, sehingga tak membebani APBN dan keuangan BUMN.

Pemerintah juga harus memastikan bahwa masyarakat terdampak proyek mendapatkan ganti rugi atas tanah mereka sebelum pengerjaan proyek dimulai. Selain itu, Pemerintah harus secara seksama mempertimbangkan dampak proyek terhadap kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat di sekitar lokasi proyek, sehingga proyek tak malah menjauhkan masyarakat, terutama dari golongan menengah ke bawah, dari mata pencaharian dan lingkungan sosial masyarakat. [ipe]

https://m.inilah.com/news/detail/251...i-mulai-muncul

https://akuratnews.com/banyak-proyek-infrastruktur-jokowi-mubazir/

kerja kerja kerja..matamu!
Diubah oleh venomwolf
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Barisan pemeriksa kondisi proyek?

Ketua presidiumnya bernama Rusmin Effendy adalah Bakal Caleg DPR RI
Dapil Jawa Barat X Partai Gerindra.

Berikut Link Profilnya:
Jangan Lupa Baca Motivasinya "2019 Prabowo Presiden"

https://m.kumparan.com/berita-caleg/...11788552635809




Hahahajajahahahahahahahahaj

Digaji brapa bre? sisa 30 harian lagi loh. Semangat Pak.
Diubah oleh floriantito
infrastruktur kalo mau cepet rame pake panglaris bang
Mau nganggur nganggur nganggur apa gan.....emoticon-Shakehand2
Makanya kwrja kl nggak ada perencanaan, feasibility study yg bagus percuma

Mending bikin tim feasibility study teams utk semua bidang.
Mubazir ya gan ... Gegara gak mikir ..
mending poligami




Anomali Infrastruktur Jokowi Mulai Muncul

Anomali Infrastruktur Jokowi Mulai Muncul

Anomali Infrastruktur Jokowi Mulai Muncul

Anomali Infrastruktur Jokowi Mulai Muncul

astajim ya akhi, cabul dan perngentodan udah jadi cirikhas PKS sejak dulu emoticon-EEK!
Diubah oleh monyet2012
Ngakak ngakak wkwkwkwkwkwk



Lihat postingan ane diatas.

Itu orang Gerindra yang jadi narasumber berita lewat organisasinya.
Diubah oleh floriantito
Quote:


Ya bikin feasibility teams untuk semua bidang
Kaya gabener jakarta
Banyak tim emoticon-Traveller

Kalau cuma perencanaan tanpa eksekusi itu hasil nya kaya MRT yang mesti nya di lakukan dari dulu...
joget.. joget.. joget... emoticon-Traveller
Anomali Infrastruktur Jokowi Mulai Muncul
Balasan post vinsky
Memang.

Bisa ngabisin anggaran spy dpt wtp dr bpk.

Kan cm kasih rekomendasi utk pemerintah selanjutnya

Kl diikuti, bilang, itu dr kami
Kalo nggak diikuti, bilang aja tidak menghargai

Kalo diikuti dan kacau, kan cm rekomendasi, nggak hrs diikuti
Quote:


Semangat bosque..biar lekas cair...emoticon-Wkwkwk
harusnya jokowi tu kaya anis, bikin tgup dulu kalo bisa 100 apa 200 orang, pelan2 diajak ngomong jgn grusa grusu, kalo rugi y udah toh itu bukan uangny dia haha
Quote:


Anomali Infrastruktur Jokowi Mulai Muncul
Quote:


Halah foto agen ganda perusuh lu post. Ini yang bayarin lu emoticon-Wkwkwk
Quote:


Anomali Infrastruktur Jokowi Mulai Muncul
kok komennya pada aneh sih ? emang mie ayam, kalau gak ada pesanan gak dibikinin ? emoticon-Big Grin


kalau kebanyakan orang waras sih sebelum buat rumah pasti mikir, kira kira kedepan gimana anak berapa mau buat kamar berapa ini ditaruh mana itu ditaruh mana dll

termasuk juga infrastruktur, selain untuk kebutuhan saat ini, planning pasti juga diarahkan untuk kedepan,sekaligus untuk menghidupkan daerah2 yang masih sepi , dengan memberikan alternatif maupun akses baru ke daerah tersebut

dan ini tidak akan bisa langsung berasa 100% efeknya dalam 2 ~ 5 tahun,bisa jadi 10 ~ 20 tahun baru akan terpakai, yang pasti akan lebih mudah dalam hal akses antar daerah , toh kebanyakan infrasturktur sistemnya investasi, itu dari berita dari sekitar 4k T yang dari APBN cuma sekitar 500T

masih cakep tuh
terserah mau bilang antek cina atau apa

https://edition.cnn.com/travel/article/chongqing-china-metro-station-nowhere/index.html
Quote:


Astajim
ane ngga gitu ngerti masalah pembangunan dan ekonomi, jadi kalo ada yang lebih master dalam hal pembangunan dan ekonomi, tolong koreksi statement ane kalo salah

misalkan pembangunan infrastruktur katanya bikin turun PDB lah, ada bandara yang sepi, dan lain-lain mengenai efek buruknya, ya menurut ane itu wajar secara ini masih fase awal pembangunan. ada yang ngomong udah hampir 5 tahun membangun infrastruktur? well, 5 tahun itu masih tergolong singkat lho. apalagi pemerintah bangun infrastruktur nya langsung model skala gede. yah kalo berharap income maksimal dari pembangunan infrastruktur skala gede, mungkin harus mempertimbangkan bantuan dari jin, seperti kaya waktu bangun loro jonggrang.

ane kerja di bagian perusahaan IT Software. ya program-program/website yang dibangun, itu juga pada awalnya mah sepi banget visitor nya. dapet 20 hit per hari aja udah bagus mungkin. tapi lama-lama yah makin banyak visitor nya, dan sekarang mungkin udah mencapai 1000 hit per hari nya.

semua emang butuh waktu, walaupun sedihnya kita emang ngga sabar menunggu
Quote:


Sakti gunung kawi apa kemukus bre
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di