powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
[Tanpa Aplikasi Tambahan]Cara Menghapus Pesan Terkirim Yang Sudah Lebih Dari 7 Menit

Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Dewasa ini, aplikasi perpesanan mengalami peningkatan pengguna secara signifikan. Kemudahan dalam hal penggunaan, biaya yang murah, dan fitur yang melimpah jadi alasan kenapa aplikasi semacam ini jadi favorit hampir semua pengguna gadgetdi bumi. Salah satunya aplikasi perpesanan besutan Jan Koum, WhatsApp.

Hingga tulisan ini dibuat, sudah lebih dari 84 juta orang mengunduh aplikasi ini dan menikmati fitur - fitur yang ditawarkan pengembangnya. Untuk dapat lebih memanjakan pengguna sekaligus meningkatkan performa aplikasi, pengembang sering melakukan update fitur. Update tersebut biasanya dilakukan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Misalnya salah satu fitur yang belum lama dirilis oleh WhatsApp yaitu fitur hapus pesan terkirim. Fitur ini dirilis untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang sering salah dalam mengirimkan pesan. Sehingga buat kita yang sering typo, tak perlu lagi khawatir karena kita bisa menghapus pesan yang sudah kita kirim, dengan syarat pesan yang kita kirim berumur tidak lebih dari 7 menit.

Kalau lebih dari 7 menit? Secara official, pesan yang sudah dikirim lebih dari 7 menit sudah tidak bisa lagi dihapus. Kalaupun bisa, pesan yang terhapus tersebut hanya pesan yang ada di perangkat kita, sedang penerima tetap bisa membaca pesan yang sudah kita kirim. Kalau kita baru sadar pesan yang kita kirim ternyata salah/ typo padahal sudah lebih dari 7 menit dan penerima belum membacanya, gimana dong? Tenang saja, masih ada cara buat menghapusnya kok. Dari pada penasaran, yuk langsung simak.

Spoiler for :

Hal pertama yang musti kita lakukan adalah menutup koneksi internet, baik jaringan internet dari providermaupun WIFI. Kalau pengen mudah sih mending langsung aktifkan airplane mode supaya semua koneksi internet langsung terputus.

Setelah itu yang harus kita lakukan adalah menutup WhatsApp, baik aplikasinya maupun widgetnya.

Spoiler for :

Kemudian kita menuju ke setelah pengaturan waktu yang ada di gadgetkita. Rubah waktunya menjadi lebih mundur dari tanggal sekarang. Misal, sekarang tanggal 10 Maret, dirubah menjadi tanggal 7 Maret.

Spoiler for Sebelum:

Spoiler for sesudah:

Jika sudah, buka aplikasi WhatsApp dan buka pesan yang ingin kita hapus. Tekan lama hingga muncul gambar tong sampah. Jika sebelum pengaturan waktu dirubah hanya muncul "hapus untuk saya", sekarang akan muncul menu " hapus untuk semua orang". Nah, kita sudah bisa menghapus pesan tersebut, sehingga penerima tidak akan bisa lagi membaca pesan tersebut.

Dengan cara ini, kita hanya "mengakali" WhatsApp seolah - olah kita baru saja mengirim pesan, sehingga WhatsApp masih memberi kita kesempatan menghapus "untuk semua orang" pesan yang kita kirim lebih dari 7 menit tersebut.





Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Screen Capture Pribadi




12
10.6K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan