c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Tradisi Mistis Di Nusantara, Hilang Atau Semakin Berkembang ?


Oke guys, kali ini gw akan membahas tentang hal mistis. Tentu saja dengan banyaknya hal yang tak kasat mata di dunia ini, terlebih lagi di bumi nusantara ini yang pastinya yakin dengan keberadan yang tak kasat mata.



Mistis membuat bulu kuduk akan terbangun, kok bisa ?? apa kita sedang bersentuhan dengan alam para mahluk yang tak bisa dilihat ?? entahlah. Namun kepercayaan, keyakinan, budaya nusantara terhadap hal yang mistis sungguh besar.



Nah di thread ini kita akan mengintip hal-hal mistis yang ada di nusantara tercinta ini. Terutama tentang budaya yang sudah mengakar dari turun menurun, hingga tak bisa ditangkap oleh nalar dan logika.

Debus



Pagelaran seni Debus dianggap berkaitan dengan mistis, debus sendiri berasal dari dari berbagai wilayah di nusantara terutama di Aceh, Minang dan juga Banten.

Hal yang di pertontonkan oleh debus biasanya hal yang tak masuk akal, tak mempan di bacok alias kebal terhadap senjata tajam, memakan paku dan beling, bahkan menginjak bara api atau pecahan kaca. Disinyalir seni ini berkaitan dengan hal mistis, karena ada jampi-jampi dari sang pawang sebelum seni itu dimulai.

Ada beberapa versi yang memyebutkan awal mula adanya debus di daerah banten walau tak tertulis hanya berupa lisan, namun ane lebih condong kepada ajaran tarekat Rifa’iyah Nuruddin Ar-Raniry di Aceh yang masuk ke Banten pada Abad 16 M oleh para pengawal Cut Nyak Dien (1848—1908 M). Tentu saja Debus sendiri bisa jadi berawal dari Timur Tengah ketika Islam masuk ke nusantara yang bersinergi dengan kebudayaan yang ada.

Walau kesenian debus terlihat aneh dan penuh mistis, tapi lucunya pada waktu itu untuk sarana menyebarkan keyakinan Islam. Terlihat dari ritual permainan ada dzikir, sholawat Entahlah karena ane bukan ahli tarekat dan ahli agama yang suka bilang ini bid'ah dan itu bid'ah maka ane hanya menjadi penonton yang merasa unik melihat aksi debus.



Dan tentu saja debus sekarang berkembang menjadi ilmu kanuragan dalam pencak silat, maka banyaknya jawara-jawara banten yang cukup disegani dengan ilmu kebalnya.

sumber



Bambu Gila



Permainan tradisional dari maluku ini memang mempunyai ciri khas yang unik, dimana sebatang bambu di pegang secara bersama-sama lalu sang dukun pun membaca mantra hingga selesai.

Akibatnya sang bambu pun menggila, bergerak tak tentu arah dan sangat berat untuk di pegang. Awalnya kesenian ini bukanlah untuk di pamerkan seperti saat ini, namun adat gotong royong pada waktu itu ritual magis bambu gila di pakai ketika mereka memindahkan kapal-kapal yang terbuat dari bambu. Bahkan hal tersebut di pakai untuk berperang di masa lalu.

sumber


Kuda Lumping



Atraksi kuda lumping makan beling pastinya dahulu sangat fenomenal sebagai tontonan rakyat yang menghibur, namun saat ini banyak manusia modern telah berubah atraksi rakyat pun mulai tersingkirkan.

Atraksi seseorang naik kuda dari anyaman bambu dan mempertunjukkan hal yang mistis serupa dengan debus memang sangat menarik untuk di tonton, tak jarang pelaku kuda lumping pun seperti orang kesurupan.

Tarian kuda lumping, menurut asalnya secara lisan adalah tarian semangat ketika para pahlawan berperang dengan gagah berani sambil menggunakan kuda. Yang jelas tarian kuda lumping ini populer di masyarakat daerah Jawa Timur, seperti Blitar, Malang, Tulung Agung dan sekitarnya.

Di iringi dengan alat musik khas Jawa, serta cambuk yang besar atraksi kuda lumping erat kaitanya dengan hal mistis yang tersebar di nusantara.

sumber


Setidaknya mistis memang tak pernah lepas dari kehidupan masyarakat nusantara yang dahulu menganut animisme dan dinamisme, dengan kemajuan modern apakah hal-hal seperti ini sudah di tinggalkan ? Atau semakin berkembang dengan gaya yang baru ?

:nyantai:nyantai:nyantai

Nyokk serupuutt

c4punk@2019



Diubah oleh c4punk1950... 07-03-2019 06:53
19
12.5K
124
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan