alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
F-35 DAN KAPAL SELAM MASA DEPAN PERLU LEBIH DISOSIALISASIKAN
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c7cb3a0d439720d8c6cf3c4/f-35-dan-kapal-selam-masa-depan-perlu-lebih-disosialisasikan

F-35 DAN KAPAL SELAM MASA DEPAN PERLU LEBIH DISOSIALISASIKAN

Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 6
Balasan post ontapesek
Quote:


1. Yang permintaan macem-macem ke korea itu kita sendiri, yang bikin CBG ngaco ya kita sendiri emoticon-Big Grin

2. Amrik ketika kita merdeka mereka yang pressure ke Belanda supaya dekolonisasi atau marshall plan dicabut, hibah falcon bagus-bagus juga mereka, negara ASEAN yang AMRAAM nya bebas pake juga cuma kita sama SG, Nikmat USA mana lagi yang kau dustakan? emoticon-Big Grin

3. Kalo selamanya kita beli, defisit perdagangan makin lebar, sama kaya sekarang onlen-onlen buka keran dropshipper segede gedenya emoticon-Big Grin
Quote:


Jangan lupa, yang pressure ke Belanda supaya back-off dalam masalah Trikora juga US.
Lihat 1 balasan
Balasan post stuka1788
Quote:


Kaya gini masih dibilang setan besar emoticon-Big Grin

Gada amrik mendem itu freedom fighter kita emoticon-Big Grin

Mau jadi ally china instead? inget, gada satupun sekutu China yang ga jadi failed state emoticon-Big Grin
Quote:


Untuk memperkaya wawasan kita semua biar pake nalar bukan sentimen doang:
1. Soal manajemen kemenhan memang ehmmm....
2. US ngasih pressure ke belanda itu cerita di tengah. Coba cek lagi poros jakarta-peking-moskow biar kita makin utuh melihat kalo tekanan US ke belanda itu atas dasar kebaikan dan ketulusan atau tidak? Baca lagi kasus PRRI yg dibackup US. Telaah lagi kasus Timor leste. Soal izin AMRAAM juga bukan lagi hal penting sebab udah punya saingannya bebas pakai di sukhoi kita. Kata bebas pake AMRAAM itu masih pake tanda kutip.
Lihat 1 balasan
Sorry ya ada salah...tekanan US ke belanda itu kasus trikora dalam kaitannya dengan poros jakarta-peking-moskow
Balasan post gembokbesi
1. Poros Jakarta-Peking-Moskow kemana pas Badger kita mangkrak? dapet bantuan avtur atau sucad? Pas MiG kita grounded? nol besar. Lebih sayang Vietnam kok emoticon-Big Grin. Waktu diembargo amerika, kita masih bisa terbang Falcon nya, karena masih banyak yang "sayang" sama Indonesia emoticon-Big Grin

2. Timor Leste itu Australia dan Amerika gamau Timles lepas, Habibi inisiatif sendiri refrendum emoticon-Big Grin Inget dulu yang suplai senjata buat invasi Timles siapa emoticon-Big Grin jangan jadikan patokan mbacotnya kongres sama kebijakan strategis MoD sana emoticon-Big Grin

3. Tanda kutip apa AMRAAM, Thailand kurang deket apa sama USA, pake AMRAAM masih minta ijin ke Kongres buat buka kunci, kita? bebas emoticon-Big Grin

Sejarah itu tergantung kacamata, kalau kacamatanya insular, isolationist, dan chauvinist, ya akirnya bambu roentjing setronk Soviet sahabat kita, padahal emoticon-Big Grin
Quote:


pada berani gru ini indonesia perang? bbm naik 1000 perak aja ributnya minta ampun...
Lihat 2 balasan
Balasan post paragon619
Quote:


maksudnya? tergantung pemerintahnya juga, kalo kita yang cari ribut gajelas kaya Korea Utara ya ogah gua disuruh maju duluan emoticon-Big Grin
Belanda cabut, Aliansi dapat banyak tambang saat itu (chevron duri, semen gresik, dan tambang freeport), itu belum Newmont dan Inco Canada (skrg PT. Vale). Hasil tambang dikirim yang olah juga malah perusahaan belanda + jepang + inggris. Sayangnya blok Cepu dulu sudah dihancurkan Belanda sebelum menyerah ke Jepang.

Lagian nuke Indonesia rugi, harga 1 nuke kecil semacam nagasaki aja $2milyar atau IDR 30trilyun. Mending bayar oposisi untuk kudeta.

Untuk perang lawan Indonesia tahun 1950 juga rugi, mengingat China & Rusia sudah didepan mata, Amerika juga sudah terkoyak2 sampai harus melepaskan atom ke Jepang. Kalau perang konvensional dilanjutkan, Jepang mungkin kalah, tapi Rusia bisa menggerakkan China untuk melakukan pukulan keras ke Amerika saat itu. Pilihan saat itu hanya menjaga supaya sumber daya alam Indonesia tidak jatuh ke tangan komunis ataupun Jepang sembari menguatkan Australia dan Commonwealth (Malaysia). Sekali lagi, Belanda harus menyingkir demi itu.

Perang vietnam mungkin US kalah tetapi mereka berhasil meredam pengaruh komunis menyebar ke asia tenggara. Terbukti sampai saat ini di Indonesia masih banyak yang menganggap Komunis = Atheist padahal di Sovyet & Russia, banyak penganut agama-nya (Russia 80% kristen orthodox (Romawi Timur), sisanya Islam). Pas jaman sovyet, semasa negara2 khasztan2 masih bergabung, jumlah yang memeluk agama juga lebih banyak. Cuman saya akui, strategi US & Orde baru saat itu efektif, dengan menampilkan kesan komunis = atheist.

Ane mungkin salah analisa om ... CMIIW
Balasan post tipunbaliklagi
Korea utara dulu sudah hampir menguasai korea. Kalau ga salah sisa 3 district di Korsel yang masih bertahan. Seoul sudah berulang kali berpindah tangan saat perang korea.

Itupun mereka dibantu jutaan prajurit yang berjalan kaki dari China manchuria ke korut. Saya baca itu makan waktu 1-2 bulan jalan kaki dan tidak boleh jalan kaki di jalanan melainkan harus di bawah pohon pinggir jalan untuk menghindari pesawat mata2 amerika serikat. Gara2 didesak oleh soviet untuk bantu Korea Utara, China mengurungkan niatnya mengambil Taiwan walau pasukan Cina sudah siap menembus blokade US saat itu.

Kekalahan korut saat itu karena pasukan dari China tidak diberikan senjata memadai. Soviet cuman mengirim persenjataan seadanya, dari 5 orang di satu grup pasukan cina, cuman satu orang yang pegang senjata, yang lain cuman pegang amunisi.

Bayangin sekarang kalau perang lagi, Teknologi Cina dan Russia bisa membantu Korut menguasai total korsel apalagi kalau barengan serangan serentak ke Taiwan dan Thailand.

Mau ga mau, USA harus berpartner dengan negara Arab, Turki, Jepang dan ASEAN serta Pakistan untuk menghadapi koalisi Rusia - India - China.

Diubah oleh c4tboo
Balasan post stuka1788
AEWC -> Early Warning System? Ane ga tau Indonesia pakai yg mirip Russia atau USA. YAng pasti sih kita udah berhasil bikin antenna TVRI di berbagai pelosok pada tahun 1980-an.

Pesawat radar kita juga cukup canggih saat itu, kalau ga salah model DC, saya pernah masuk salah satunya dan kata perwira-nya sih, kameranya bisa capable sampai melihat plat nomor mobil. Itu sih jaman ane kecil pas studi tour ke markas ABRI.
Diubah oleh c4tboo
Quote:


Itu pesawat AEWC atau pesawat penginderaan jauh? emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan
Balasan post stuka1788
Quote:


emoticon-Bingung

ane ingatnya sih dulu ada layar radarnya yang ijo puter2 gitu kayak di film2 dan ada layar tv-nya. Kayaknya dua2nya deh. Kursinya enak model bulu domba gitu. Pesawatnya mirip pesawat penumpang gitu, ane lupa yg pake baling2 atau udah mesin jet gitu. Kayaknya sih bukan yang baling2. Ane cari referensi, dapatnya F27 yg baling2 tapi ane lihat fotonya sih ga mirip kayak pas studi tour dulu.

Itu tahun 1995-1996 sih di Ujung Pandang.

Kayaknya boeing 737 ini gan:


Quote:


fotonya mirip di post ini:
Kaskus mencari pengganti 737
Diubah oleh c4tboo
Balasan post c4tboo
Ini kan spesifikasi buat MPA, bukan AEWC
B 737 surveilence indonesia tdk bs disebut AEW krn blm mempunyai kemampuan comand & control
Dari thread ini bisa dikatakan gado - gadonya alutsita RI bisa dikarenakan faktor :
1.kurang matangnya perencanaan dibandingan perencanaan negara2 spt ausie & SG.
2.Anggaran pertahanan lbh kecil negara tsb
3.faktor strong isme (rusia strong dsb)
4.phobia embargo amerika (pdhl jg pernah di embargo juga sm uni sovyet)
5.mengedepankan "TOT" ttp jatuhnya lbh mahal (sigma,hawk,tank scorpion dsb)

Quote:


1. Alutsista waktu perebutan irian baratitu adalah crash program atau program darurat hanya buat merebut irian barat. Selain Mig ada KS whiskey 12 biji juga KRI Irian....lu pikir indonesia ada duit miara semua alutsista itu? Lu gak liat rakyat udah mulai antri dimana2 kesusahan. Soekarno jatuh dan Soeharto naik, disitu ada deal US bantu alutsista buat TNI asal semua alutsista sovyet jadi besi tua.

2. Lu pikir Habibie lebih bego dari elu? Jangankan TimTim, kalo misalkan dikasi referendum Riau dan Kaltim juga bakal keluar dari NKRI.
Lu gak liat US$ bisa nyampe harga 8000 zaman habibie yang cuma sesaat jadi presiden? Mikiiiiir......darimana tuh bisa gitu? Lu pikir itu kebaikan US? Kalo gak nurut tekanan US lu pikir
US$ gak bisa dibuat sama mereka 20rebu?

3. Jangankan AMRAAM, apache aja ada syarat dan ketentuan berlaku.

Tong, US bukan malaikat dari surga. China dan Rusia bukan setan dari neraka.
Lihat 1 balasan
F35 juga ntar beli, Itu KFX mo dikurangi orderannya. Kedepan kalo masup KFX, F35, Su 30/35 sama F16.

Barang itu bisa buat rencana expand ato gantiin existing model
Quote:


Wait, poros Jakarta-Peking kan baru terbentuk tahun 1964, sementara Trikora itu 1961-1962. Apa pengaruhnya tekanan US ke Belanda dalam Trikora dengan poros yang sama sekali belum terbentuk?

emoticon-Bingung

Soal politik luar negeri sih semuanya pasti berdasar kepentingan, nggak ada yang berupa amal atau berdasar kebaikan dan ketulusan. Sepanjang itu menguntungkan kita lalu apa masalahnya? Uni Soviet ngebantu kita emang berdasar kebaikan dan ketulusan? emoticon-Stick Out Tongue
Orang giliran kita gak bisa bayar aja support logistik langsung diputus.

Quote:


So what's your point? Kesiapannya waktu itu memang rendah koq. Dan karena udah lama nggak disupport akhirnya juga nggak lebih baik daripada besi tua kan? emoticon-Big Grin

Satu hal yang kita sering bilang dikadalin Barat itu ketika pesawat macem MiG-21 diganti ama F-86 Avon Saber yang kelasnya jauh di bawah. Itu padahal kita yang milih begitu karena duit yang ada ya cuman cukup buat ngidupin pesawat macem gt. Ngidupin MiG ya bisa, orang di tahun 1968 kita udah mulai dibuka lagi koq keran dari Soviet, tapi secara finansial kita masih belum mampu miara kayak gituan, makanya lebih milih dijual, pakai alutsista yang kita bisa jamin kesiapannya.

Bold: Yang sekarang malah berlaku kebalikannya. Padahal kalau mau jujur ya semuanya itu setan, tinggal kita yang kudu milih mau bersanding sama setan yang mana, serta setan mana yang lebih kapabel dalam menjaga kepentingan nasional kita emoticon-Stick Out Tongue

Lihat 1 balasan
Balasan post c4tboo
Quote:


Haduh ngaco ini, kita gapernah punya AEWC gan, paling banter MPA
Halaman 4 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di