GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Cerita 1 Dekade Perjalanan WhatsApp, Berawal dari Ide Dua Orang Hebat
Tahun ini aplikasi perpesanan WhatsApp tepat berusia 10 tahun. Didirikan pada 24 Februari 2009 lalu, WhatsApp kini menjelma menjadi aplikasi perpesanan yang sangat populer bagi pengguna smartphone. WhatsApp memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam berkomunikasi lewat pesan. 


WhatsApp menjadi aplikasi gratis terbaik pertama di Google Play dan ketiga dalam kategori Social Networking di Apple App Store. Ini menjadi bukti kalau WA menjadi pilihan utama pengguna smartphone dalam berkomunikasi. Saat ini jumlah pengguna WA perbulannya mencapai 1,5 miliar lebih pengguna. Angka ini diprediksikan akan terus bertambah seiring banyaknya fitur – fitur baru yang ditawarkan oleh WA.

Banyak kisah menarik dari 10 tahun umur WhatsApp, mulai dari akuisisi oleh Facebok, pembaharuan fitur, hingga cabutnya pendiri WhatsApp dari perusahaan. Berikut cerita singkat 10 tahun perjalanan WhatsApp menemani para penggunanya

Aplikasi yang identik dengan logo telepon berlatar hijau ini didirikan oleh dua orang hebat Jan Koum dan Brian Acton. Bertempat di California, AS, WhatsApp didirikan tepat di hari ulang tahun Koum. Gak lama setelah berdiri, WA diluncurkan pertama kali untuk iPhone dan smartphone Android.


Desember 2009, WA menghadirkan fitur berbagi foto dan video. Ini menjadi salah satu fitur yang sampai sekarang banyak digunakan oleh pengguna. Juni 2010 pengguna kembali dimanjakan dengan kehadiran fitur baru, yakni berbagi lokasi yang bisa disisipkan pada pesan dan terintegrasi dengan Google Maps.

Februari 2011, pengguna kembali dimudahkan dengan kehadiran fitur obrolan grup. Sampai saat ini, fitur obrolan grup menjadi primadona bagi pengguna WA. Ini sangat memudahkan pengguna berkomunikasi dengan rekan – rekan mereka. Di tahun ini juga, WA meraih pencapaian satu miliar pesan yang dikirim per harinya.

Tahun 2013, pengguna WA disuguhkan dengan kehadiran fitur pesan suara. Jadi gak hanya berbagi pesan teks, mulai tahun ini pengguna juga bisa berbagi pesan suara.


Tahun berikutnya, tepatnya pada bulan April 2014, WA telah mencatat 500 juta pengguna. Di tahun ini juga WhatsApp resmi diakuisisi oleh Facebok. Pada Oktober 2014 Facebook mengakuisisi WhatsApp senilai 19 miliar dolar AS dalam bentuk tunai dan saham. Pada tahun 2014, WhatsApp juga merilis fitur tanda terima pesan dengan ikon ceklis. Fitur dimana bisa memicu perselisihan antara pengguna saat berkirim pesan...You Know lah, What I Mean...hehehe

Pada Januari 2015, WhatsApp hadir dengan versi situs web. Jadi, selain lewat smartphone, pengguna juga bisa mengakses WA lewat situs web (via komputer). Nah kalau terobosan ini sering kali dimanfaatkan oleh orang yang sadar untuk mem”bajak” akun WA temannya...mungkin Agan dan Sista pernah melakukan ini.


Februari 2016, per bulan jumlah pengguna WhatsApp mencapai 1 miliar pengguna. Di tahun yang sama WA juga menambah fitur keamanan enkripsi pesan yang meningkatkan kerahasiaan isi pesan. Dan tepat pada November 2016, WhatsApp meluncurkan salah satu fitur yang cukup ditunggu – tunggu banyak pengguna, yakni video call.

Februari 2017, WhatsApp meluncurkan fitur stories yang mirip dengan saudaranya Instagram. Dan, Juli 2017 WhatsApp mencatat rekor, yakni punya 1 miliar pengguna aktif setiap harinya. Selain dua pencapaian baik tersebut, pada tahun ini tepatnya September 2017 salah satu pendiri WA, Brian Acton memutuskan untuk mundur dari WhatsApp. Salah satu alasan Brian keluar adalah karena dia berselisih paham dengan Mark Zuckerberg dan COO Facebook Sheryl Sandberg, mengenai monetize layanan di aplikasi perpesanan WhatsApp.


Pada Januari 2018, WhatsApp menghadirkan fitur WhatsApp Business untuk para pelaku bisnis. Beberapa bulan setelah peluncuran WhatsApp Business, satu lagi pendiri WhatsApp yakni Jan Koum menyusul rekannya Brian Acton keluar dari WhatsApp. Sama halnya dengan Brian Acton, alasan mundurnya Jan Koum juga karena perselisihan dengan petinggi Facebook.

Juli 2018, WhatsApp meluncurkan fitur baru berupa panggilan grup, baik suara ataupun video. Tiga bulan berselang fitur sticker pun diluncurkan oleh WhatsApp.

Awal tahun 2019, WhatsApp gencar menekan distribusi berita palsu yang makin marak. Salah satu langkah yang diambil adalah pembatasan pesan terusan, yakni hanya bisa maksimal mengirim 5 kali.

Tahun ini kemungkinan WhatsApp masih akan terus menghadirkan fitur – fitur terbaru yang makin memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi.

 


Diubah oleh GENKBOL 01-03-2019 08:09
6
9.8K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan