ukurdanujiAvatar border
TS
ukurdanuji
Karakteristik Bahan Bakar Jenis Pertalite




Pada tahun 2015 PT. Pertamina telah resmi meluncurkan salah satu jenis bahan bakar minyak (BBM) terbaru untuk kendaraan yang disebut dengan “Pertalite”. Pertalite sudah mulai dipasarkan serentak di 103 SPBU di kota-kota besar yang ada di Indonesia seperti Bandung, Jakarta dan Surabaya. Bagi Anda yang tinggal di kota tersebut tentu sebagian besar sudah sering melihat atau juga menggunakan bahan bakar tersebut pada kendaraan Anda. Lalu apa yang membedakan bahan bakar Pertalite dengan Premium?

Menurut Eri Purnomohadi selaku ketua Hiswana Migas (Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas Bumi), perbedaan mendasar antara Pertalite dan premium yaitu terletak pada jumlah oktannya. Seperti yang kita ketahui bahwa premium saat ini mempunyai octane number 88 dan Pertalite mempunyai kadar oktan 90. Apabila diamati dari selisih tersebut, maka tentu kualitas hasil pembakaran pada jenis Pertalite lebih unggul dibandingkan dengan Premium dan masih di bawah Pertamax (octane number 92) dan Pertamax Plus (octane number 95).






Secara teori, bahan bakar dengan kadar oktan yang lebih tinggi mempunyai banyak keunggulan jika dibanding dengan bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah. Beberapa keunggulannya adalah lebih ramah lingkungan, menjaga kualitas mesin kendaraan, tenaga yang dihasilkan lebih tinggi dan lebih irit. Beberapa hasil uji coba menunjukkan, jika Pertalite lebih hemat 10 sampai 16% dibandingkan dengan premium.

Karakteristik Pertalite yaitu mempunyai warna kehijauan yang jernih dan terang, kisaran rasio kompresi 8.1 sampai 10.1, berbahan baku naphtha, mempunyai zat aditif tertentu murni bahan bakar seperti detergency (pembersih), demulsifier (pencegah terjadinya kristalisasi dan mencegah masuknya air) dan corrosion inhibitor (pencegah timbulnya korosi pada komponen mesin kendaraan), selain itu Pertalite juga tidak mempunyai kandungan timbal berbahaya dan kandungan sulfur maksimal 500 ppm sehingga hasil pembakarannya lebih ramah lingkungan.




Namun dibalik keunggulannya tersebut, ternyata pertalite belum memenuhi standar bahan bakar kendaraan Eropa yang mengacu pada RON 91. Meskipun demikian, Pertalite sudah sangat layak digunakan di Indonesia.

Bagi Anda yang menginginkan performa kendaraan yang lebih bertenaga serta irit, maka sebaiknya mulai dari sekarang gunakan saja Pertalite. Walaupun harga Pertalite sedikit lebih mahal dari premium namun hal tersebut sesuai dengan keunggulan yang dimilikinya.



Sekilas info : Perkembangan Harga Avtur





Kunjungi Thread Ukurdanuji lainnya
HT
1. Tahukah Kamu? Ternyata Ada Hewan Yang Bisa Memprediksi Cuaca Lho!
2. Kenapa Bangunan 2.000 Tahun Lalu Lebih Kuat Dari Beton Masa Kini?
3. Waspadai Menara Telekomunikasi Yang Dekat Dengan RUMAHMU, INI FAKTANYA !
4. Jangan Sepelekan Jenis - Jenis Air Kencing Ini !
5. Inilah Fakta Tentang Gigi Manusia Yang Belum Banyak Orang Tahu !
6. Inilah PENYEBAB Kenapa LUAR ANGKASA Itu GELAP !
7. Dampak Letusan Gunung Berapi terhadap Iklim
8. Asal-Usul Emas Di Alam Semesta Akhirnya Terkuak
9. Dampak Bumi Berada di Titik Terjauh dengan Matahari
10. Sudah Tau? Manfaat Petir Bagi Kehidupan Manusia

11. Jenis Bahan Kampas Rem



SUMBER : Ukur dan Uji
Gambar : Koleksinya GOOGLE





Sekian dari ane semoga trit ini bermanfaat buat agan sis semuanya, sampe ketemu lagi di pengetahuan lainnya tentunya di trit ukurdanuji




Diubah oleh kaskus.infoforum 25-02-2019 06:38
10
29.6K
144
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan