iskrimAvatar border
TS
iskrim
Fakta Dibalik Posisi Lubang Bensin Mobil Kanan Atau Kiri, Udah Tahu Belum?


[ HT# 467]

Bensin hingga kini masih menjadi sumber energi bagi kendaraan konvensional saat ini. Ibarat manusia mau makan harus melalui mulutnya, kalau kendaraan khususnya mobil melalui lubang bensin yang biasanya ada disebelah kiri atau kanan. Timbul pertanyaan, mengapa mobil ada yang memiliki lubang bensin kiri dan kanan?

Sebenarnya mau itu lubang bensin ada disebelah kiri atau kanan bukanlah hal yang harus dipermasalahkan (menurut saya) karena yang lebih penting adalah bensin bisa masuk ke tangki mobil, ya kan? Tapi rupanya ada alasan yang lebih masuk akal, berikut penjelasannya, gan.




Kenapa Ada Di Kiri dan Kanan?


Dan kenyataannya di masyarakat hingga sekarang ini masih ada yang mempermasalahkan letak lubang bensin mobil ada dimana. Menurut pemikiran saya ini karena faktor kebiasaanlah yang akhirnya timbul pertanyaan, kenapa ada di kiri, kenapa ada di kanan.

Tentu saja ini beralasan karena misalkan si A biasa membawa mobil dengan lubang bensin di Kiri, lalu meminjam mobil si B yang ternyata lubang bensin mobilnya ada di sebelah Kanan, ketika mampir ke pom bensin timbulah permasalahan, sudah capek antri ternyata tidak sadar kalau lubang bensinnya ada di kanan, maka timbulah sedikit 'keribetan' disini.

Kenapa pabrikan ada yang membuat lubang tangki bensin ada yang kiri dan kanan tentunya mereka memiliki alasan kuat. Seperti pabrikan dari Toyota biasanya mereka menempatkan lubang bensin mobil pada kanan dan kiri belakang, dan Brio keluaran Honda berada disebelah kiri.



Lalu sebenarnya apakah ada aturan yang berlaku mengenai penempatan lubang bensin ini? Berdasarkan informasi yang saya dapat di laman internet Dadi Hendriadi, General Manajer Technical Service PT Toyota Astra Motor mengatakan; "Setahu saya tidak ada aturan mengenai posisi lubang pengisian bahan bakar, tergantung kebiasaan dari masing-masing pabrikan. Misalkan Toyota umumnya di kiri sedang Daihatsu di kanan,"

Begitu juga di amini oleh Ari Tristianto Wibowo, Marketing Manager dari Hyundai Oto Komersial Indonesia; "Tidak ada aturan yang mengatur mengenai posisi lubang pengisian bahan bakar di mobil. Umumnya karena dipengaruhi faktor rancang bangun kendaraan, hasil tes tabrak, cost, dan berat,"



Nah, kedua alasan diatas sepertinya bisa menjawab pertanyaan masyarakat selama ini. Kemudian Iwan Abdurahman, Workshop Department Head PT Toyota Astra Motor, Sunter, Jakarta Utara, menambahkan kenapa letak lubang bensin ada di Kiri atau Kanan karena mengikuti konsep design yang menekankan keseimbangan dan faktor keselamatan, pun juga mengikuti struktur kerja komponen-komponen bagian kolong mobil ikut berpengaruh.

"Biasanya steer kanan tangkinya ada di sebelah kiri tujuannya agar berat mobil jadi lebih seimbang, ini juga menyangkut letak komponen dan kerja mesin".

Bicara soal safety ternyata letak lubang bensin ini juga mempengaruhi keselamatan penumpang terutama bagi pengemudi, dimana biasanya jika dalam keadaan darurat pengemudilah yang akan keluar untuk mengisi bensin.

Jika posisi lubang bensin ada di kanan cenderung berbahaya apalagi mengisi dengan jerigen karena sebelah kanan rentan tersenggol kendaraan lain yang mendekatinya. Lubang bensin sebelah kiri cenderung lebih aman dari segi safety nya karena ada 'gap' body mobil yang melindunginya, seperti yang yang di ucapkan Usman Adhie, Praktisi dan pengamat Otomotif.










Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: diolah kembali dari gridoto | Sotoshop : iskrim



Diubah oleh iskrim 01-03-2019 02:08
tien212700
BlueGuy.Banci
BlueGuy.Banci dan tien212700 memberi reputasi
27
17.2K
185
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan