kaniarfAvatar border
TS
kaniarf
Pengalaman Alergi Lipstick dan Penanganannya ala Ane (Sista Wajib Baca!)
ALOHA GANSIS 

WELCOME TO MY THREAD

emoticon-Selamatemoticon-Ultah


Pada kesempatan kali ini, ane mau sharing pengalaman soal salah satu Alergiyang ane derita. Salah satu? Emang ada banyak? Yups, ane sebenarnya punya banyak alergi, tapi semuanya bisa dikategorikan jadi alergi kulit yang sama yaitu “Dermatitis Kontak Alergi”.


Perlukah ane jelaskan apa itu? Kayanya gak perlu ya, kalian bisa searchingsendiri, mudahnya sih itu adalah alergi yang timbul saat kulit terpapar si bahan alergen. Nah alergennya bisa macam-macam, tergantung kulit kita sensitif terhadap bahan apa. Kalau ane cukup banyak nih, yang ane ingat tuh ane alergi lateks (sandal jepit, karet) sama beberapa bahan kimia, termasuk juga bahan kimia dalam produk kosmetik tertentu.




Bayangin gan, ane seorang sista, terus alergi kosmetik. Padahalkan sista dan kosmetik itu gak bisa lepas. Beruntungnya, ane cuma alergi beberapa merek aja, jadi kudu hati-hati banget sebelum memutuskan pakai suatu produk. Tapi, awal bulan Februari ini, ane agak ceroboh dan lupa kalau kulit ane sensitifnya lebih-lebih dari bayi, dan akhirnya terjadilah tragedi (mengerikan) itu.


(penampakkan si lipstik jahat)




Quote:



Nah itu tadi pengalaman ane soal alergi lipstick dan cara penanganannya (ala ane), intinya sih jangan panik apalagi sampai stress karena stress bisa menghambat penyembuhan. Pertolongan pertama, kompres bibir pakai es batu yang dibalut kain atau handuk. Fungsinya untuk meringankan bengkak dan gatal (jangan coba garuk-garuk loh). Setelahnya, kita bisa konsumsi anti-histamindengan dosis 10 mg/hari (hmm baiknya sih konsultasi dulu ke dokter untuk dosis masing-masing ya, ane sih udah tau dosis diri sendiri karena sering alergi hehe).


Untuk menghindari alergi yang satu ini sebenarnya cukup mudah, caranya “Jangan menggunakan lipstick jahat itu lagi” (hehe). Bukan bukan,jadi kalau sista punya kulit sensitif sebaiknya coba dulu lipsticknya di pergelangan tangan selama 24 jam. Kalau tidak ada reaksi, baru deh sista aplikasikan di bibir. Oh iya, trik ini berlaku untuk semua jenis make-up juga loh, gak cuma lipstick.

 
Gimana? Berfaedah gak thread curhat ini? Lumayanlah ya. Semoga sista-sista lain bisa lebih hati-hati dan terhindar dari pengalaman buruk ini. Sampai jumpa di thread berikutnya ~


emoticon-Big Kissemoticon-Rate 5 Staremoticon-Cendol Ganemoticon-Peluk

 

Quote:


 
rykenpb
tata604
aldysadi
aldysadi dan 8 lainnya memberi reputasi
9
12.9K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan