alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
TOKOPEDIA MEMOTONG DANA SECARA PAKSA
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c6f82590577a927892c9b0b/tokopedia-memotong-dana-secara-paksa

TOKOPEDIA MEMOTONG DANA SECARA PAKSA

Selamat siang kepasa agan2 yg ane hormati,


Ane mau minta petunjuk donk gan soal kasus ane sebagai seller dengan tokopedia

Begini kronologi nya

17 Feb, ane menawarkan produk ane kepada teman dan memang dia tertarik untuk membeli produk tsb, namun terhalang karena mahal dan tidak bisa mencicil pembelian tsb, maka ane menawarkan untuk menggunakan tokopedia saya

18 Feb, ane memposting produk itu di tokopedia ketika bertemu dengan teman ane tsb dan mengirimkan link tsb ke dia untuk diproses transaksi,

19 Feb, ane menyiapkan barang untuk pengiriman, namun tidak bisa dipick up hari itu karena sudah terlalu malam,

20 Feb Pagi, ane me request pickup dengan ninja express dan mengirimkan produk ke teman

21 Feb, teman ane menerima barang dan mengkonfirmasi penerimaan barang namun saldo ane dipotong 15% oleh tokopedia dengan tuduhan gestun,



Menurut tokopedia,

"adanya kesamaan data identitas pembayaran menggunakan BCA Virtual Account yang pernah digunakan oleh Bapak selaku penjual dengan pihak pembeli sehingga transaksi Bapak dinyatakan gestun yang mana untuk gestun ini dilarang oleh pihak Bank Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan rincian berikut:

Pihak Penjual:
Nomor invoice: INV/20190105/XIX/I/255631655
Nama produk: Cetaphil Gentle Skin Cleanser 500ML
Tanggal transaksi: 05-01-2019 pukul 18:09:38 WIB

Pihak Pembeli:
Nomor invoice: INV/20180703/XVIII/VII/175719671
Nama produk: Baby Go Inc - Stroller Organizer
Tanggal transaksi: 03-07-2018 pukul 11:22:27 WIB

Sebagai platform (perantara jual-beli online) yang diberi kewenangan oleh BI, kami memang memberlakukan penarikan sesuai dengan peraturan S&K Point M. Informasi mengenai gestun bisa dilihat pada link tautan https://www.bi.go.id/id/ruang-media/...tun-2015.aspx.

Terkait temuan kesamaan metode pembayaran tersebut, silakan Bapak menginfokan kepada kami detail kronologi dari awal pemesanan sampai pesanan dengan nomor INV/20190218/XIX/II/273872454 selesai.

Kami tunggu konfirmasinya."


Ane udah konfirm ke tokopedia mengenai hal ini, dimana teman ane emang pernah pinjam id ane buat nyari barang di tokped, terus pas mau bayar, temen ane ini langsung trf ke rekening VA ane supaya ga usah 2x trf (ane ke tokped, dia ke ane), dan karena hal ini tokopedia menganggap bahwa trx yg terjadi dengan real ini adalah gestun?

Ane udah pake id ini selama 3 tahun buat jualan dan selama ane jualan ga pernah ane coba2 pake buat gestun, dimana ane sendiri kerja di bank dan mengerti soal bahaya dan larangan gestun, dan tiba2 karena temen ane pernah numpang belanja, dan skrg bener2 belanja ke ane, itu dianggap gestun ,


Mohon masukan dari agan2 semua sekalian mengenai kasus ini, terima kasih.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


Samperin kantor tokopedia dan jelasin baik2. Sisanya tinggal tergantung nasib karena lagi2 kasusnya aneh masa virtual account dibilang gestun? gestun itu setau gw sih pakai cc ya bukan VA

Btw temen ente miskin tapi beli sabun Cetaphil ama baby stroller bermerk. Kalau boleh tau, brp nilai transaksi yang dipotong ama tokped?
Diubah oleh redharbingerid
Pembelian barang ke ane emang pake cc, tapi dia beli cetaphil sama baby stroller pake VA, temen ane ga miskin gan, wakakakaka, cuma kan lumayan sekali gebuk kena bayar 2.5jt barang ane. Makanya dia mau cicil di tokped.

Ane udah jelasin sebaik2 nya ke tokped tapi respon mereka ya engga mau dibalikin tetep duit ane,

Nominal yg kepotong lumayan juga gan 380rb an, hampir setengah juta itu

Pusing ane gan

Quote:


Quote:


Itu temennya byr ke TS pake CC, bukan pake VA.

Ane jg pernah thn lalu kena kasus begini, tp di merah. Jadi ane nalangin temen ane beli barang dl, trs ane jual lagi ke temen ane (nunggu ada promo cashback) alhasil di email sm tim fraud. Ketahuan karena temen ane pernah transaksi barang dikirim ke alamat ane, dan lupa dihapus.
Diubah oleh westerndigital
bisa dilampirkan screenshot email dari toped dll sebagai bukti
Iya ini aja sudah salah : "teman ane emang pernah pinjam id ane buat nyari barang di tokped, terus pas mau bayar, temen ane ini langsung trf ke rekening VA ane"


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di