GENKBOL
TS
GENKBOL
Biar Gak Salah Beli, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Beli Motor Bekas
Saat ini minat masyarakat untuk beli motor bekas gak kalah dengan mobil bekas. Bahkan sekarang dealer – dealer motor bekas juga banyak yang bertebaran. Selain itu mereka juga bekerja sama dengan pihak leasing untuk memudahkan masyarakat membeli motor bekas. Harga yang ditawarkan pun juga terjangkau.


Nah, untuk Agan dan Sista yang tertarik pengen beli motor bekas, ada beberapa hal yang kudu diperhatikan supaya tidak kecewa belakangan. Maklum Gan namanya juga motor bekas, kemungkinan adanya hal – hal yang tidak diinginkan pasti ada aja.

Hal – hal yang kudu Agan dan Sista perhatikan adalah:

Kondisi Fisik Mesin


Ini sih yang paling penting Gan. Agan dan Sista harus mau jongkok untuk ngeliat mesin motor yang pengen dibeli. Selain tes drive, mengamati mesin dari jarak dekat bisa menjadi cara untuk mengetahui kondisi mesin. Misalnya mengamati baut – baut pada mesin. Jika Agan dan Sista melihat kejanggalan dengan baut – baut pada mesin. Kuat dugaan mesin telah pernah di bongkar. Jika ini terjadi dikhawatirkan mesin sudah gak originil lagi. Jangan segan untuk nanya – nanya lebih banyak tentang kondisi mesin.

Cek Suara Mesin dengan Menutup Lubang Knalpot


Agan dan Sista juga bisa merasakan kondisi mesin oke atau gak dari suara mesinnya. Caranya mudah, Agan dan Sista nyalakan motor. Setelah motor dinyalakan, Agan dan Sista gak usah menarik gas dengan kuat, cukup tutup knalpotnya dengan tangan lalu dengarkan mesinnya. Jika suara mesin senyap maka kondisi mesin masih oke, namun jika suaranya berisik maka kuat dugaan mesin butuh perbaikan

Cek Kondisi List dan Cat Body


Ini bertujuan untuk memastikan motor udah pernah jatuh atau belum. Untuk bagian ini, mungkin Agan dan Sista udah bisa menilai mana list dan cat motor yang masih oke dan mana udah pernah jatuh, list diganti atau catnya bukan cat original. Sedikit info aja Gan, untuk mengetahui cat motor asli atau tidak, bisa dilihat dan diraba. Jika bukan cat asli, pori – porinya tampak lebih besar dan catnya tampak lebih tebal.

Kondisi Las – lasan dan Bagian Kaki – kaki


Jika kita perhatikan las – lasan asli dari pabrik, telihat hasilnya lebih rapih dan pengelasannya juga tipis. Nah, jika Agan dan Sista melihat kondisi las – lasan motor yang mau dibeli tidak seperti yang original, misalnya las – lasan lebih tebal, kemungkinan besar itu merupakan pengelasan ulang bekas patah atau rusak tertabrak.

Itulah beberapa hal yang harus Agan dan Sista perhatikan ketika mau beli motor bekas. O iyah, Agan dan Sista jangan terlalu percaya dengan kilometer yang masih rendah. Soalnya, jaman sekarang sangat mudah untuk memanipulasi kilometer kendaraan, entah itu kilometer digital atau manual.

 


8
7.2K
61
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan