iskrimAvatar border
TS
iskrim
Canggih, Akhirnya Ilmuwan Temukan Cara Membuat Baju Besi Ringan Kuat Bak Superhero!


[ HT# 462]

Pastinya kita sangat tahu bagaimana canggihnya baju besi Iron Man atau Robocop melindungi sipemakainya dari gempuran lewat tembakan laser atau pukulan mematikan musuhnya. Mereka begitu lincah dan ringan bergerak. Nah, tak lama lagi impian baju besi tersebut bisa diwujudkan dengan temuan baru ini, Gan!

Ya, baru-baru ini dalam jurnal Acta Materialia para ilmuwan merepresentasikan temuannya tersebut, dimana temuan ini terfokus pada bagaimana membuat pakaian pelindung yang paling aman dan fleksible juga ringan yang idenya terinspirasi dari kulit Lobster.





Lalu apa sih kelebihan dari kulit lobster ini sehingga para ilmuwan begitu getol mendalaminya untuk digunakan sebagai temuan manusia abad ini? Menurut mereka kulit Lobster sangatlah istimewa, kalau diteliti lebih mendalam kulit Lobster terdiri dari kutikula kaku dan membran yang lunak. Selaput lunak ini terutama terletak di sendi dan perut berguna untuk menghubungkan kutikula kaku tadi dan sangat membantu pada kelincahan lobster saat berenang dan memburu memangsa.

"Di sini, kami menunjukkan bahwa membran lunak dari lobster Amerika adalah hidrogel alami (90% air) dengan ketangguhan yang sangat tinggi (hingga 24,98MJ / m3) dan kekuatan (hingga 23,36MPa), dan sangat tidak sensitif terhadap retakan."

"Dengan menggabungkan pengukuran eksperimental dan pemodelan komputasi skala besar, kami bisa menunjukkan bahwa struktur berlapis-lapis yang unik pada membran ini sangat sempurna, yang dicapai melalui pengaturan serat chitin yang bekerja secara teratur dan memainkan peran penting dalam membuang energi yang tak terpakai dan membuat membran ini tangguh dan tahan terhadap kerusakan."

Penelitian lebih lanjut dapat dipelajari dari membran lunak lobster alami terdiri dari bahan sintetis yang lembut, namun kuat dan tangguh untuk penggunaan yang dapat diandalkan di bawah kondisi mekanis yang ekstrem, termasuk pelindung yang fleksibel yang dapat memberikan perlindungan seluruh tubuh tanpa mengorbankan fungsi dari mobilitas tungkai itu sendiri."

"Selama ini kita hanya fokus pada bagaimana membuat pelindung tubuh yang kuat tapi masih terkendala dengan fleksibilitas dan bobot yang sulit di elakkan, semua jadi terlihat kaku di setiap persendian manusia."



"Dan masa depan sudah di depan mata, kami telah menemukan solusinya dengan fokus pada mekanika dan struktur mesoscopic membran lunak lobster Amerika dan mengeksplorasi bagaimana baju besi nanti diciptakan haruslah fleksibel, dirancang untuk mengintegrasikan fleksibilitas dan ketangguhan seperti miliknya lobster dalam kondisi ekstrem sekalipun."

Para ilmwan dari Massachusetts Institute of Technology dan Harvard percaya bahwa membran lunak yang menutupi sendi dan perut lobster adalah bahan yang sekuat karet industri, yang digunakan untuk membuat ban mobil dan selang taman yang nantinya bisa kembangkan dan digabungkan dalam baju besi manusia yang dirancang untuk menutupi bagian sendi seperti lutut dan siku manusia.

"Kami pikir pekerjaan ini dapat memotivasi desain baju besi yang fleksibel terbarukan," Ming Guo, Asisten Profesor Pengembangan Karir d'Arbeloff di departemen teknik mesin di MIT, mengatakan kepada MIT News. Diketahui bahwa membran lobster telah membantunya bertahan hidup di Bumi selama lebih dari 100 juta tahun.










Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: sciencedirect | Sotoshop : iskrim



Diubah oleh iskrim 23-02-2019 07:50
11
10.3K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan