human.brain
TS
human.brain
LRT Palembang Sepi Penumpang, Warga: Saya Lebih Senang Taksi Online

Kondisi LRT Palembang yang sepi penumpang (Alwi Alim/JawaPos.com)

JawaPos.com - Keberadaan Light Rail Transit (LRT) di Kota Palembang belum dapat dimanfaatkan dengan optimal. Warga masih enggan menggunakannya untuk beraktivitas sehari-hari. Akibatnya LRT Palembang sepi penumpang.

Hal ini didukung kuat dari data KAI. Penumpang rata-rata perhari hanya berkisar 3 ribu hingga 4 ribu. Sedangkan, penumpang rata-rata perminggu hanya berkisar 6 ribu hingga 8 ribu dari target penumpang 30 ribu per hari.

Berdasarkan pantauan di lapangan, per hari dalam satu kereta hanya diisi sekitar 10 orang penumpang. Sehingga, para penumpang pun bebas memilih tempat duduk. 


Berbeda halnya saat pertama diresmikan, para penumpang rela berdiri untuk mencoba keberadaan LRT pertama di Indonesia ini. JawaPos.com pun melakukan penelusuran terhadap warga.

Rina Mutia, 35, warga Kebun Bunga Palembang mengatakan dirinya enggan menggunakan LRT karena memang lokasi stasiun dengan jarak rumahnya cukup jauh. Dia pun memilih menggunakan taksi online. Apalagi, taksi online bisa mengantar langsung ke lokasi. Sedangkan, LRT hanya sebatas stasiun.

"Dari rumah saya ke stasiun LRT itu tidak ada angkot yang ada hanya ojek. Kalau saya harus naik ojek baru kemudian LRT itu memakan waktu dan tentu memakan biaya. Karena itu, saya lebih senang menggunakan taksi online sehingga dijemput dari rumah dan diantar sampai tempat tujuan," katanya saat ditemui di dekat Stasiun LRT Bumi Sriwijaya, Palembang, Sabtu (16/5).

Dia mengaku fasilitas yang diberikan LRT Palembang cukup baik, mulai dari kenyaman hingga keamanan. Namun, sangat disayangkan terbatasnya akses dan jangkauan LRT.

Menurutnya, keterbatasan inilah menjadi faktor sepinya penumpang LRT Palembang. "Kalau jangkauannya luas tentu sangat berguna. Apalagi, harganya murah," singkatnya.

Sementara itu, Ardiansyah, 22, warga Jakabaring Palembang ini mengaku tidak menggunakan LRT Palembang. Karena, pekerjaannya menuntutnya untuk selalu mobile (berkeliling). Karena itu, dirinya menggunakan motornya sendiri untuk sehari-hari.

Berbeda halnya dengan perkantoran yang dari pagi hingga malam tujuannya hanya satu yakni kantor tempat bekerja.

"Jadi saya menggunakan LRT saat akan ke bandara saja. Karena murah dan tidak macet," singkat pria berprofesi sales ini. 

https://m.jawapos.com/jpg-today/17/02/2019/lrt-palembang-sepi-penumpang-warga-saya-lebih-senang-taksi-online/

Gubernur Sumsel Tolak Permintaan untuk Bayar Subsidi LRT Palembang

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM menolak pernyataan anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono yang mengusulkan agar subsidi operasioan Light Rail Transit (LRT) dicabut dan dibebankan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel beserta Pemerintah Kota Palembang.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini mencoba meluruskan kalau LRT yang selama ini dibangga-banggakan jelang Asian Games lalu bukan aset milik daerah melainkan aset milik negara.

"Itu aset pusat dan itu pengelolaannya dikelola oleh PT KAI. PT KAI kan tidak hanya mengelola LRT saja tapi angkutan lainnya seperti batubara, dari angkutan itukan mendapat untung juga. Jadi jangan ketika rugi, dilempar ke kita yang disuruh bayar. Dak mau saya," tegas menantu mantan Walikota Palembang H Husni usai rapat Paripurna DPRD Sumsel, Kamis (31/1/2019).

Menurutnya, uusulan yang disampaikan anggota Komisi V DPR RI tidak seharusnya serta merta disampaikan tanpa ada koordinasi terlebih dahulu dengan penerintah daerah.

"Jika DPR RI punya inisiatif seperti itu harusnya berkoordinasi dan berdiskusi terlebih dahulu dengan Pemprov Sumsel maupun Kota Palembang," ujarnya.

Ketua DPRD Sumsel HM Aliandra GantadaSH MH menambahkan, agar pemerintah pusat dan daerah perlu duduk bersama mencari solusi untuk penyelesaian masalah operasional LRT yang tak sebanding dengan pendapatannya.

"LRT ini aset negara, sehingga tidak ada tanggung jawab daerah untuk membantu biaya operasional maupun lainnya. Tapi kita sebagai daerah yang sudah mendapatkan pembangunannya ada kewajiban membantu dan memberikan solusi agar masalah biaya operasional ini bisa tertutupi," kata Gantada.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel Bidang Kehormatan juga menyebut, pemerintah pusat dan daerah perlu melakukan kajian khusus.

Pertama bagaimana pihak PT KAI selaku operator dapat menarik minat masyarakat agar menggunakan LRT sebagai moda transportasi.

Kedua pemerintah daerah bisa menjadikan LRT ini sebagai salah satu wisata bagi masyarakat dan wisatawan yang sedang berkunjung ke Palembang

"Operator harus meningkat sosialisasi. Nanti kita bicara juga dengan kota Palembang mungkin bisa menjadi objek wisata sehingga bisa menjadi pendapatan untuk membantu biaya operasioal," kata pria yang akrab disapa Antak.

Ia menyangsikan jika pemerintah pusat menarik subsidinya.

Sebab tidak akan mungkin karena anggaran pemerintah daerah baik Pemprov Sumsel maupun Pemkot tidak akan mampu menutupinya.

"Tarif yang mahal tidak mungkin terjangkau oleh masyarakat jika subsidi dicabut dan APBD Sumsel pun tidak akan mampu sehingga perlu terobosan-terobosan untuk meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan LRT ini," terang Gantada.

Tingginya biaya operasional Light Rail Transit (LRT) per bulan yang mencapai Rp10 miliar tidak sebanding dengan pendapatannya yang hanya Rp1,1 miliar perbulan.

Hal inilah yang menyebabkan hingga saat ini, LRT masih mendapat subsidi dari pemerintah pusat berkisar Rp150 miliar per tahun.

Komisi V DPR RI pun mengusulkan agar ke depan LRT mandiri, dan tidak lagi disubsidi oleh pemerintah pusat dan mendorong agar biaya operasional dibebankan kepada pemerintah daerah ataupun pemerintah kota sebagai pihak yang menginisiasi dibangunnya LRT di Palembang.

http://m.tribunnews.com/regional/2019/01/31/gubernur-sumsel-tolak-permintaan-untuk-bayar-subsidi-lrt-palembang?page=all


Hutang meroket,beban rakyat makin berat ehh ternyata sepi, kurang diminatiemoticon-Matabelo
Biaya operasional juga mahal, pemasukan belum byk, tekor emoticon-Malu (S)
Jadi Infrastruktur utk rakyat, apa rakyat utk infrastruktur emoticon-Big Grin
Diubah oleh human.brain 20-02-2019 01:45
2
5.9K
75
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan