tuandornaAvatar border
TS
tuandorna
Kontroversi Testimonium Flavianum


Quote:


Pada tulisan lalu saya telah membahas perikop Tacitus tentang yesus apakah membuat yesus masuk dalam sejarah sekuler?....pada bahasan kali ini saya hendak membahas klaim bahwa Josephus telah menulis tentang yesus dan penyaliban nya..jadi ada klaim yesus dan penyaliban nya terekam sejarah sekular.yang di sebut Testimonium Flavianum(kita singkat saja TF)


Tetapi sayang nya menjadikan TF sebagai dasar sejarah sekular yesus beserta penyaliban nya adalah klaim kontroversial sebagai mana kontroversial nya perikop Tacitus bagi penyaliban yesus yang sudah kami bahas...kepada momod tolong jangan di hapus ya....trit ini beserta trit Tacitus hendak nya menjadi wadah bagi diskusi mengenai dua topik kontroversi ini agar kita makin menambah ilmu pengetahuan tentang Early Christian dan history dan kontroversi di abad pertama hingga ketiga.



Quote:



TOPIK 1 : MENGENAL SINGKAT JOSEPHUS FLAVIUS



Terlahir dengan nama Yosef ben Matityahu tahun 37M(7 tahun setelah klaim penyaliban) di Yerusalem provensi Yudea Romawi dan wafat tahun 100M(70 tahun setelah klaim penyaliban)...lahir dari ayah keturunan imam yahudi dan ibu keturunan ningrat dari Dinasty Hasmonean...karya nya yang memuat TF adalah Antiquities of Jewish yang di tulis tahun 94M(64 tahun setelah klaim penyaliban)...Yosefus adalah keturunan seorang imam besar.  Ia dibesarkan di Yerusalem dan dididik bersama saudaranya.Josephus adalah seorang Yahudi farisi yang di gambar kan dalam injil-injil selalu berseteru dengan yesus.Dalam bukunya tahun 1991, Steve Mason berpendapat bahwa Josephus bukanlah seorang Farisi tetapi seorang Aristokrat-Imam ortodoks yang menjadi terkait dengan aliran filosofis orang-orang Farisi sebagai masalah penghormatan....dalam buku Antiquities di bahas sejarah dari narasi penciptaan Torah,Abraham,Musa  dst.


Josephus pernah tinggal di Kana tempat di mana klaim pertama mukjizat yesus dalam injil Yohanes(tetapi tidak ada di tiga injil lain nya).mungkin mukjizat kana pengembangan cerita kemudian dan terakhir tentang yesus.


TOPIK 2 : TIDAK ADA SATU PUN PENULIS TUNGGAL SEBELUM ABAD KE 4M YANG MEMBUAT REFERENSI KE ARAH TESTIMONIUM FLAVIANUM JOSEPHUS


Tidak seorang penulis tunggal sebelum abad ke-4 - tidak Justin, Irenaeus, Clement dari Alexandria, Tertullian, Cyprian, Arnobius, dll - dalam semua pertahanan mereka terhadap permusuhan kaum pagan, membuat referensi tunggal untuk kata-kata yang menakjubkan Josephus'.(TF)


Abad ketiga 'Bapa' Gereja Origenes, misalnya, menghabiskan setengah hidupnya dan seperempat juta kata bersaing melawan penulis pagan Celsus. Origenes menarik pada segala macam bukti dan saksi untuk argumennya dalam pertahanan sengit tentang kekristenan. Ia mengutip dari Josephus secara luas. Namun bahkan ia tidak membuat referensi untuk ini 'Paragraph emas' dari Josephus, yang akan menjadi sanggahan utama. Bahkan, Origen benar-benar mengatakan bahwa Josephus itu "tidak percaya Yesus sebagai Kristus."


Origen tidak mengutip 'paragraph emas' karena ayat ini belum ditulis.

Itu(Testimonium Falavianum) absen dari salinan awal karya-karya Josephus dan tidak muncul dalam versi abad ketiga masa Origen dari karya Josephus, direferensikan dalam bukunya Contra Celsum .

230-250M


Penulis Kristen Origen mengutip bagian Yosefus tentang kematian Yakobus "saudara Yesus" dalam Buku 20 Antiquities; tetapi menyatakan Yosefus tidak percaya kepada Yesus, dan tidak mengutip bagian TF dalam Buku 18.


Jadi sebelum abad ke 4 Masehi tidak ada satu kutipan pun dari buku-buku Bapa gereja awal dan penulis kristen yang membela ke kristenan dari pagan Romawi-yunani yang mengutip Testimonium Flavianum....karena memang TF waktu itu tidak ada dalam karya Josephus....bahkan TF tidak pernah ada dalam tulisan  Josephus pada abad pertama masehi hingga masa Origenes...ini menunjuk kan bukti sangat telanjang TF itu bukan lah tulisan Josephus tetapi tulisan dan penyisipan kristen kemudian untuk mendukung histori penyaliban yesus.


Semangat mencari history yesus dan injil sudah giat di lakukan sejak abad kedua oleh para Bapa gereja dan para penulis kristen.seperti contoh Julius Africanus sekitar abad ke 3M mengutip gerhana yang di tulis Thallus dan gempa yang di tulis Phlegon of thralles di cocologi sebagai kegelapan saat penyaliban beserta gempa dan zombie nya..."itu gerhana kita"demikian klaim Julius Africanus..padahal bagi skeptis itu adalah fenomena alam biasa yang di cocologi ke arah supranatural....melihat sangat semangat kristen awal melakukan apologis dan mengutip juga referensi pagan ....aneh jika banyak penulis apologis kristen sebelum abad ke 4 tidak ada satu pun yang mengutip TF sebagai apologia emas..karena memang Josephus tidak pernah menulis Testimonium Flavianum satu patah kata pun.


Pada abad ke-3, Origen adalah penulis kuno pertama yang memiliki referensi komprehensif terhadap Yosefus, meskipun beberapa penulis lain telah membuat rujukan umum yang lebih kecil ke Yosefus sebelum itu, misalnya Justin martir dan Iranaeus pada abad kedua, diikuti oleh Clement .  Menurut Wataru Mizugaki, Origenes secara eksplisit menyebutkan nama Josephus 11 kali, tidak pernah menyebut-nyebut Testimonium.


Pernyataan Origen dalam Komentarnya tentang Matius bahwa Josephus "tidak menerima Yesus sebagai Kristus", biasanya dilihat sebagai konfirmasi atas fakta yang diterima secara umum bahwa Josephus tidak percaya bahwa Yesus adalah Mesias.  Ini membentuk argumen eksternal utama yang menentang keaslian total Testimonium di dalam bahwa Yosefus, sebagai seorang Yahudi, tidak akan mengklaim Yesus sebagai Mesias, dan referensi untuk "dia adalah Kristus" di Testimonium haruslah interpolasi Kristen.  Berdasarkan pengamatan ini saja, Paul L maier menyebut kasus ini untuk keaslian total Testimonium "tanpa harapan".Seperangkat argumen eksternal yang berbeda yang menentang keaslian Testimonium (baik sebagian atau total) adalah " Argument dari keheningan ", misalnya bahwa walaupun dua belas penulis Kristen merujuk Josephus sebelum Eusebius pada tahun 324 M, tidak ada yang menyebutkan Testimonium


TOPIK 3 : ISI TESTIMONIUM FLAVIANUS TERLALU BERBAU KRISTEN..MUSTAHIL DI TULIS SEORANG YAHUDI TULEN


Topik 2 sudah lebih dari cukup membuktikan TF tidak pernah ada dalam buku Antiquities josephus pada abad 1 hingga 4 M...karena bukti emas itu tidak pernah di kutip para bapa gereja dan penulis apologis kristen.kecurigaan berlanjut pada isi TF yang teralu berbau kristen...mustahil seorang yahudi tulen menulis kan nya.perhatikan yang di bold sangat berbau kristen

Sekitar waktu ini hiduplah Yesus, seorang yang bijaksana, jika memang seseorang harus memanggilnya seorang laki-laki. Karena dia adalah orang yang melakukan perbuatan yang menakjubkan dan adalah seorang guru dari orang-orang seperti itu menerima kebenaran dengan senang hati. Dia memenangkan banyak orang Yahudi dan banyak orang Yunani. Dia adalah Kristus/Messiah. Dan ketika, atas tuduhan orang-orang utama di antara kami, Pilatus telah mengutuknya/menghukum nya di kayu salib, mereka yang pertama-tama mencintainya tidak berhenti. Dia menampakkan diri kepada mereka menghabiskan hari ketiga dipulihkan untuk hidup, karena para nabi Allah telah menubuatkan hal-hal ini dan seribu keajaiban lainnya tentang dia. Dan suku orang-orang Kristen, yang dinamai menurut namanya, sampai hari ini masih belum menghilang.


Seorang yahudi tulen menulis yesus melakukan perbuatan ajaib adalah mustahil....origen sendiri mengatakan josephus tidak mempercayai yesus messias/kristus...bagaimana mungkin ia menulis hal yang tidak pasti dia lihat sendiri berupa perbuatan menakjub kan yesus dan menulis kan nya dengan nada postitif?....dan terlebih yosephus mengatakan dia adalah messias...mustahil yahudi tulen yang tidak percaya yesus dengan enteng nya mengatakan yesus adalah messias...lalu alih-alih meragukan kebangkitan yesus yosephus malah menulis kan nya dengan nada datar positif..terlebih perkataan yang sangat bombastis yang mustahil di ucap kan seorang yahudi tulen terpelajar yakni kalimat : 'karena para nabi Allah telah menubuatkan hal-hal ini dan seribu keajaiban lainnya tentang dia.'


Seorang yahudi tulen yang tidak percaya yesus sangat mustahil mengatakan hal demikian....apalagi tafsiran yahudi tentang nubuat perjanjian lama sangat berbeda dengan kristen.di mana yahudi akan menyangkal jika nubuat PL tertuju kepada jesus...Pada abad ke 16 Joseph Scaliger pertama kali mencurigai keaslian TF karena isinya yang Kristen...Abad ke 17 Richard Montague, Uskup Norwich, menyatakan frasa "Dia adalah Mesias" sebagai tambahan Kristen.Tahun 1960 Hans Conzellman mencatat bahwa TF menyerupai "Lukan kerygma", keyakinan esensial yang disajikan oleh Lukas dalam Injilnya dan dalam Kisah Para Rasul; karena itu ia menyimpulkan bahwa perikop harus sepenuhnya dipalsukan oleh seorang Kristen.


TOPIK 4 : TESTIMONIUM FLAVIANUM BARU MUNCUL DI ABAD KE 4 PADA TULISAN EUSEBIUS


Bahkan, Tulisan Josephus perikop tentang Yesus tidak muncul sampai awal abad keempat , pada saat Constantine.

Uskup Eusebius ,  propagandis Gereja , adalah orang pertama yang diketahui mengutip perikop TF Josephus, sekitar tahun 340 Masehi.


Perpustakaan  kuno dibakar oleh orang-orang Kristen.  sejarah dari Josephus selamat. Mereka selamat karena sensor Kristen memiliki gunanya bagi mereka . Mereka menanam bukti Josephus, memutar sejarawan Yahudi terkemuka pada zamannya menjadi saksi bagi Yesus Kristus! Tidak menemukan referensi untuk Yesus di mana saja di karya asli Josephus

Apakah kita perlu melihat lebih jauh untuk mengidentifikasi Eusebius dirinya sebagai pemalsu?

Setelah itu diterima tanpa bertanya seluruh isi testimonium Flavianum , bersama dengan deklarasi bahwa Yesus “adalah Mesias.”......Rujukan paling awal  untuk perikop ini ditemukan dalam tulisan-tulisan apologis dan sejarawan Kristen abad keempat Eusebius , yang menggunakan karya-karya Yosefus secara luas sebagai sumber untuk Historia Ecclesiastica sendiri. Menulis selambat-lambatnya 324...jika karena asumsi Eusebius baru menemukan naskah ini tidak masuk akal....masa Origenes masih sangat dekat dengan josephus hingga naskah josephus salinan kedua,ketiga dst akan masih terpelihara dan ternyata memang josephus di kutip origenes...tapi origenes sekalipun tidak mengutip TF....karena memang TF belum  di produksi kristen saat itu.


TOPIK 5 : JOSEPHUS VERSI ARAB DAN SYIRIA


Sejarawan Arab Agapius mengutip versi TF yang berbeda dari Eusebius. Itu tidak memiliki unsur-unsur Kristen yang paling jelas...Pada tahun 1971, Testimonium versi Arab abad ke-10 oleh Agapius terungkap oleh Shlomo pines yang juga menemukan Josephus versi syiria dari abad ke-12 oleh Micahel the Syiria .naskah tambahan TF ini menambah khazanah buat perbandingan antara versi Arab,syiria dan yunani dengan TF.Ada perbedaan-perbedaan penting namun halus antara naskah-naskah Yunani dan teks-teks ini. Misalnya, versi Arab tidak menyalahkan orang Yahudi atas kematian Yesus.Alih-alih "dia adalah Kristus", versi bahasa Suryani memiliki frasa "ia diyakini sebagai Kristus".


Tahun 1971 Dalam penemuan yang mengejutkan, Shlomo Pines menerbitkan kutipan TF yang muncul dalam karya-karya Arab dan Syria pada abad ke-9 hingga ke-10. Kutipan-kutipan ini secara substansial menyerupai Testimonium kita saat ini, tetapi tidak memiliki dua frasa yang paling mencurigakan: "dia adalah Mesias" dan "jika memang dia bisa disebut seorang pria". Pines menyarankan edisi-edisi ini mungkin menggunakan versi asli, karya Josephus yang tidak diinterpolasi.


Dari jabaran di atas menunjuk kan bukti dalam dunia kristen praktek interpolasi adalah suatu hal yang lazim.tambahan dia adalah Messias sebagai bukti bahwa ada upaya memanipulasi  untuk mendukung Dogma kristen....dan perlu di catat penemuan TF versi arab dan syirac bukan berarti menguat kan memang Josephus menulis TF....Josephus tak pernah menulis TF di buktikan tidak ada satu pun kutipan TF pada Bapa-Bapa gereja awal dan penulis kristen lain nya dari abad ke 1 hingga abad ke 4


SUMBER




Spoiler for sumber:


Diubah oleh tuandorna 28-01-2019 07:22
6
35.3K
797
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan