alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Faisal Basri Kritik Jokowi: Tol Perlancar Mudik Iya, Logistik Nggak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c657f1310d295046f08ac11/faisal-basri-kritik-jokowi-tol-perlancar-mudik-iya-logistik-nggak

Faisal Basri Kritik Jokowi: Tol Perlancar Mudik Iya, Logistik Nggak

Jakarta - Pengamat ekonomi Faisal Basri menilai, infrastruktur tol yang gencar dibangun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kurang efektif menekan biaya logistik secara nasional. Menurutnya, ongkos logistik akan turun jika barang-barang diangkut lewat laut.

Sebab itu, transportasi laut seharusnya lebih diperkuat.

"Kenapa mahal karena semua diangkut truk, dan truk semakin kukuh di bangunan Tol Trans Sumatera dan Jawa. Semua lewat truk diangkutnya. Truk itu cuma 10 ton. Jadi ongkos angkut per kg mahal banget," katanya dalam diskusi bertema Pemanasan Debat Capres Kedua: Tawaran INDEF untuk Agenda Strategis Pembangunan SDA dan Infrastruktur di Jakarta, Kamis (14/2/2019).


Faisal melanjutkan, ongkos logistik akan turun dengan kapal laut. Dia bilang, kapal laut bisa membawa muatan yang lebih banyak. Selain itu, bisa menjangkau ke berbagai kepulauan di Indonesia.
Makanya itu jalan tol bukan solusi untuk... kalau solusi untuk memperlancar mudik iya, tapi logistik nggak. Logistik akan turun, Indonesia akan hebat kalau pindah dari truk ke kapal," ujarnya.

Faisal sendiri menemukan beberapa indikator kemahalan logistik. Salah satunya, harga duku di sebuah minimarket Malang pada tahun 2018 yang mencapai Rp 49.950/kg. Padahal, di tempat asalnya Pontianak saat panen hanya Rp 5.000/kg.

Dia juga menuturkan, buah-buah lokal itu juga lebih mahal dibanding dengan buah impor. Sebab, buah impor diangkut lewat kapal yang mana ongkos logistiknya jadi murah.

"Mangga dari Brazil, jeruk dari China diangkut pakai kapal 20 ribu ton sekali angkut. Maka ongkosnya nol bisa dibilang," tutupnya.

https://m.detik.com/finance/infrastruktur/d-4428313/faisal-basri-kritik-jokowi-tol-perlancar-mudik-iya-logistik-nggak

Itu Duku dari Pontianak di kalimantan ke malang lewat tol??
Emang biasanya harga di minimarket sama dengan di pasar?
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Lupa anda ini seorang ekonom ya?
Kl statement anda ini bak sebuah jurnal ilmiah... diketawain dunia... kasian ane mah
saya seorang pendukung jokowi pas mencanangkan tol laut...
karna transportasi logistik laut lebih murah..

ini malah buat jalan di papua, logistik tambang? brarti benar papua mau di keruk
Lihat 1 balasan
AWKAKAKWAKKWKAW ini baru ekonom kelas dunia......mantap sekali contoh kasusnya, 4 jempol buat pak faisal basriemoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

Kalo ekonom indonesia kaya gini semua, george soros pun nyembah2emoticon-2 Jempol
duit utang sia2, hanya buat pencitraan..muke gile, 4 thn total utangnya lebih banyak tibang sby yg 10 thn tapi hasil nihil emoticon-Busa
Quote:


dukuh Punggur, sekarang cuma Rp20rb/5kg kok di pinggir jalan ke Bandara emoticon-Ngakak (S)

di Punggur nya langsung cuma Rp3200/kg emoticon-Big Grin

btw, kok seorang Ekonom ngomongnya ngaco yak ? Tol kok dibandingkan ma angkutan laut antar pulau ?
emangnya siapa yg mo angkut dukuh dr Pontianak lewat Tol emoticon-Amazed

Tol mah buat jalan ALTERNATIF antar kota2 di satu pulau yg sama agar bisa lebih cepat emoticon-Stick Out Tongue
mo pakai kapal memang benar jauh lebih murah, tapi emang lebih lama. Silahkan aja untuk pemilik barang,
mo lewat Pantura SIlahkan
mo lewat Tol monggo
mo pakai kapal laut ayo aja
mo angkut pakai cargo udara sok aja atuh

Yang penting pemerintah udah membuatkan, tinggal masyarakat yg memanfaatkan sesuai kebutuhan dan kemampuannya, wong Truk gak lewat Tol sama sekali juga BPJT gak rugi kok, 80% pengguna yg lewat tol Gol 1 semua emoticon-Ngakak
Duku palembang nang pinggir ndalan semarang ora nganti 20ewu emoticon-Big Grin

Mbuh tenan palembang po ora, ojo2 pal lembang emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin


Tol dikei jembatan timbang nggo truk ben adil emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
mudik kan juga logistik nganter orang emoticon-Hammer (S)
Serius ini ekonom ngomong gini?
Quote:


ente baca ngak sih ? Pak FB membandingkan truk dan kapal laut dimana truk pastinya lebih mahal . Untuk logistik lebih cocok kapal laut dibanding truk . Jadi jalan tol intuk menurunkan biaya logistik adalah hal yg sia sia .
Lihat 1 balasan
Balasan post ART7
Quote:


dah tau, lalu ?
Kapal dari kapan tau juga ada, Jkt - Semarang - Surabaya (kalau mo bandingkan dengan Tol Trans Surabaya)
Atau Tol laut yg sayangnya masih hampir seperti yg sudah2, dr Jawa ke pulau lain (kecuali Sumatera) penuh, baliknya gak penuh cenderung kosong emoticon-Malu
Quote:


ah sudahlah . Dari jawaban ente sudah tercermin klo ente ngak akan bisa menerima masukan orang . Kliatan kok ampe berbusa juga dijelasin ngak akan ngerti .
Diubah oleh ART7
Lihat 1 balasan
Balasan post ART7
Quote:


oh ya sudah kalau menurut lu begitu, case closed emoticon-shakehand
Quote:


Tol emang ga nurunin biaya kale om (case logistik)
Harga tol ny kemahalan
Gampangny lu cek aja JNE.Tiki.dll
Harga ga turun




Kalo buat mudik / liburan bener
Lihat 1 balasan
Balasan post yehezkiel.marve
Quote:


Kalau pengiriman logistik surat/paket dr perusahaan cargo begitu, masih ada KAI (KALOG) kalau masih sama2 di Jawa.

Gw denger2 sih malah JNE/Tiki gitu akan membeli kontainer sekalian, alih2 saat ini masih pakai truk tanggung.

Dalam waktu dekat mungkin di Tol bakalan ketemu armada kontainer 9-16 feet berlogo Tiki-JNE, kalau hitung2annya, pakai armada kecil misal bayar 10 pake armada kontainer 12 roda cukup bayar 11 tapi kapasitas angkut bisa 2-4x lipatnya emoticon-Big Grin
Quote:


Nah kalo kyk LN mungkin bakal turun
D sono skali jalan bisa truk gandeng 2
Tpi itupun investasiny jg gede.krn harus bangun stasiun jg dkt pintu tol (truk ginian ga mungkin bisa masuk kota)


Klo skrg sih dlm 1-2 taun jg g bakal turun


Tpi yg d bilang faisal ga salah sih
Krn emang bnyk kok harga2 impor yg bisa lebih murah drpd dlm negri
Yg kmaren aja bnyk d protes kan.sapi NTT pa ya yg gara2 pengiriman lama & ribet.bisa kalah harga sama sapi aussie
Dan emang d akui kok kalo infrastruktur laut indonesia itu masih menyedihkan emoticon-Najis
Diubah oleh yehezkiel.marve
Jangan di pukul rata lah, ngirim dr smrng ke jogja pake kapal juga ?
berkicau terus ni orang, ngenes bgt keknya obsesi pengen jd menteri emoticon-Leh Uga
udah 3 kalo gw lewat tol trans jawa.
tolnya kosong.
gw ngebut sampai 140 km/jam juga gak kerasa.

pertanyaannya : tol ini dibangun pakai utang.

bayar utangnya gimana?
tolnya kosong gini
udah dibilang jalan tol itu cuma menguntungkan pemilik mobil dan produsen mobil
kalo untuk logistik jelas terlalu mahal
klo ada orang bawa beras dr cirebon ke pasar cipinang pke laut bukannya kelamaan yak ?.... blm bongkar lg dr pelabuhan cirebon dan tanjung priuk dan kudu d naikin ke truk lewat darat.....
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di