bayu.indraAvatar border
TS
MOD
bayu.indra
Animation v.A02 Bouncing Ball

BAYU Animation Online Class - Maya 2013
Animation v.A02 Bouncing Ball (F-Curve)


walaupun subject ini banyak di anggap remeh ... tapi buat ane subject ini dasar yg penting buat simulate fcurve (bouncing ball), bahkan bbrp pengajar begitu cepat cepat untuk skip atau pindah ke next subject drpd mengexplore lebih jauh function curve di bouncing ball lebih jauh ... yg sebenar nya di bouncing ball itu lebih simple dan bisa lebih jauh utk explore lebih jauh di function curve ...

BOUNCING BALL F-CURVE


awal agan perlu 1 sphere (ball), dan 1 bend (yg di parent ke sphere, supaya bend handle akan ikut kemenapun sphere bergerak !!)
set frame awal di 0, set frame akhir di 40, kita akan buat 1 kali loncat dalam 20 frame, jadi akan ada 2 kali loncat, yg kemudian akan kita looping ... ingat gan set di PAL D1 (25fps) ... bisa cek tuts sebelum nya di Animation v.a01 Function Curve.

lalu agan bisa set key di translate.Y di frame 0 dan frame 20 ... supaya posisi translate.Y di bawah ya gan ... value nya berapa terserah agan agan deh, yg penting sphere ada di bawah ajaa ... selanjutnya agan set key lagi di frame 10 translate.Y nya di atas ... sehingga di frame 0 sphere ada di bawah, frame 10 sphere ada diatas, dan frame 20 sphere kembali kebawah ...



secara default agan agan akan mendapatkan curve seperti sebelah kiri ... agan perlu edit seperti di seblah kanan ... sehingga dr frame 0-10 ter simulate ease out atau perlambatan ... kenapa ? simple aja gan ... supaya terlihat berat, terlihat ada gravitasi, sehingga akhirnya berhenti di atas dan kembali turun.

dr frame 10-20 tersimulate ease in atau percepatan ... kenapa ? ya karna kebalikannya ... supaya terlihat berat, supaya terlihat lebih cepat jatuh ke bawah ... gravitasi !!

cek juga gambar paling atas !!


WEIGHT SIMULATION


ok gan ... isu selanjutnya WEIGHT ... atau berat ... dan kebanyakan object yg berat itu keras ... untuk kali ini kita asumsikan saja yg tidak berat dan keras itu elastis atau kenyal ...

secara simple yg berat itu akan tertarik gravitasi lebih kuat ... dengan kata lain lebih cepat turunnya ... begitu juga sebalik nya untuk object object yg lebih ringan ... dannn ... yg ringan biasanya lebih elastis, secara technical squash nya juga juga lebih banyak ... di ingat ingat deh ni gan n sist ... 2 hal disini weight (berat) dan elastisitas (squash n stretch) ... simple nya animate saja object yg berat lebih cepat drpd yg ringan, dan jangan dikasih squash utk yg berat, tapi kasih squash untuk yg ringan dan elastis ...

contohhh ... sphere yg merah ane itu besi ... sphere yg hijau itu bola karet ... yg kuning setengah besi setengah karet ...
simple nya sphere merah animate lebih cepat dr sphere hijau (perhatikan fcurve), untuk sphere kuning buat kecepatannya di antara kecepatan jatuh dr sphere merah dan kuning ...

untuk elasisitas nya buat sebaliknya ... untuk sphere merah (besi) jangan dikasih value squash, tapi untuk sphere hijau kasih value squash ... lagi lagi untuk sphere kuning setengah dr value squash yg hijau ...

semoga jelas nih gan ... baca ulang lagi deh pelan pelan ... hehehe ... thumbup


PUNCH THE F-CURVE


PUNCH the fcurve ... gan n sist ... dengan ease in curve (percepatan), curve yg sama yg kita pakai untuk saat turun nya di bouncing ball, kita bisa pakai juga dalam character ... untuk gerakan memukul kita juga memerlukan ease in curve juga ... sehingga gerakan memukul bisa terlihat cepat ... (curve warna biru di atas adalah gerakan tangan nya pada translate.Z, dan curve warna hijau untuk rotate.Y untuk gerakan pada bahu nya)

sesimple atau serumit apapun animasi kita ... fcurve akan menjadi penentu sebagus apa gerakan animasi kita ... emoticon-thumbsup



emoticon-I Love IndonesiaMAJU TERUS ANIMASI INDONESIA emoticon-I Love Indonesia






Diubah oleh bayu.indra 21-06-2016 18:16
1
5K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan