alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Mengisi Waktu Luang dengan Membuat Ecoprint, Apa Sih?
4.25 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c57ba9d82d4953850139f1a/mengisi-waktu-luang-dengan-membuat-ecoprint-apa-sih

Mengisi Waktu Luang dengan Membuat Ecoprint, Apa Sih?

Memiliki hiasan dekorasi di rumah tidak harus mahal. Salah satu alternatif yang bisa agan lakukan adalah dengan membuatnya sendiri. Misalnya saja dengan membuat ecoprint kemudian mengkreasikannya sebagai hiasan bahkan pakaian yang menarik. Tapi apa sih ecoprint itu?

Mengisi Waktu Luang dengan Membuat Ecoprint, Apa Sih?

Bagi agan yang baru pertama kali mendengar, Ecoprint adalah teknik membuat sekaligus memberi  pola pada bahan atau kain dengan menggunakan bahan yang alami. Jika biasanya mewarnai kain menggunakan bahan kimia, ecoprint ini memakai cara alami dan berbeda. Yang jelas, penggunaan bahan yang alami ini membuat ecoprint bersifat lebih ramah lingkungan dan tidak memunculkan pencemaran. Kegiatan ecoprint ini sangat mudah untuk diterapkan di rumah bahkan bisa menjadi kegiatan yang menarik di akhir pekan juga lho gan.

Teknik ecoprint memanfaatkan bahan-bahan alami dari tumbuhan sekitar sebagai sumber pola dan warna. Bahan-bahannya biasa berasal dari bunga, daun, batang, juga bagian tumbuhan lain. Tiap bagian ini juga akan menghasilkan warna dan bentuk yang beragam gan.

Buat agan yang penasaran gimana sih bikin ecoprint ini, yuk simak langkah di bawah ini. Cekidot!

Spoiler for Siapkan alat dan bahan:



Spoiler for Siapkan kain dan daun:



Spoiler for Ketuk daun:



Spoiler for Diamkan kain:




Spoiler for Bilas Kain:



Mengisi Waktu Luang dengan Membuat Ecoprint, Apa Sih?
Selesai deh!
Selanjutnya agan bisa mengkreasikan lembaran kain-kain tersebut menjadi apapun sesuai keinginan agan. Misalnya menjadi gorden, totebag, scarf, dll.

Sumber: http://bobo.grid.id/read/08885019/yuk-coba-ecoprint-kegiatan-kreatif-yang-menghasilkan-produk-unik?page=all
 
 
 
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Ane subscribe ya agan TS emoticon-Malu (S)
cara mengetahui tu kain serat alami apa bukan gimana gan (selain nanya ama penjualnya) apa ada perbedaan fisik?
Soalnya ane udh ada kaen dirumah cuman gak tau tu kaen serat alami apa bukan
bisa dicoba
Lumayan buat hadiah nih
Ide yg keren nih. Nunggu ada waktu luang panjang buat bikin emoticon-Big Grin
Quote:


Coba di ambil sebagian trus dibakar gan kainnya, klo kain dri katun hasil pembakarannya biasanya jadi serbuk dan ngga ngegumpal
Quote:


Siappp gan, thanks yak emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:


Sama2 gan
Baru tau ada hal sekreatif ini. Boleh juga dicoba yak. emoticon-Cendol (S)


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di