alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
Cara Membangun Kebiasaan Mengurangi Sampah Plastik, Cobain yuk, Gan & Sis!
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c345fa768cc9579d01c748c/cara-membangun-kebiasaan-mengurangi-sampah-plastik-cobain-yuk-gan-amp-sis

Cara Membangun Kebiasaan Mengurangi Sampah Plastik, Cobain yuk, Gan & Sis!

Sampah plastik yang mencemari lingkungan, semakin lama nampak semakin memprihatinkan. Bahkan beberapa pemerintah daerah pun turut turun tangan untuk membuat peraturan mengenai pelarangan penggunaan kantong plastik pada ritel modern dan pusat perbelanjaan. Kabarnya, peraturan ini pun juga segera menyasar pasar tradisional.

Sebaiknya sih nggak usah nunggu pemerintah untuk bikin peraturan dulu ya, gan. Harusnya, pentingnya pengurangan penggunaan plastik ini tumbuh atas kesadaran diri dan menjadi kebiasaan.

Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk membantu membangun kebiasaan diri mengurangi penggunaan plastik. Simak yuk Gan and Sis, siapa tau berguna!

Cara Membangun Kebiasaan Mengurangi Sampah Plastik, Cobain yuk, Gan & Sis!

1.      Sediakan kantong belanja sendiri
Kantong yang dimaksud ini nggak harus berupa kantong berbahan kain atau karung goni loh, yang terpenting sih bisa dipakai berulang-ulang kali dan mudah dibawa ke mana saja. Sebaiknya agan dan sista memakai kantong yang bisa dilipat-lipat hingga kecil. Dan yang paling penting, sediakan selalu di dalam tas yang biasa dibawa sehari-hari agar jika harus mendadak belanja nggak kerepotan.


 
Cara Membangun Kebiasaan Mengurangi Sampah Plastik, Cobain yuk, Gan & Sis!
2.      Siapkan kotak makan
Kotak makan ini  bisa bermanfaat sebagai pengganti pembungkus makanan seperti kantong kertas, plastik, hingga stereofoam. Bahkan jika agan dan sista makan di restoran dan nggak habis pun, dengan membawa kotak makanan ini agan dan sista bisa membawanya pulang  dengan memasukkan ke dalam kotak tersebut.



 Cara Membangun Kebiasaan Mengurangi Sampah Plastik, Cobain yuk, Gan & Sis!
3.      Membawa Tumbler Minuman
Terutama jika membeli kopi atau teh di kedai yang masih menggunakan cup platik, misalnya seperti gerai es kopi atau teh bubble. Ssstt..... biasanya mereka juga akan memberikan diskon lho untuk Agan Sista yang membawa tumbler minuman sendiri.


 
Cara Membangun Kebiasaan Mengurangi Sampah Plastik, Cobain yuk, Gan & Sis!
4.      Membawa sedotan stainless
Sejak pertengahan 2018, beberapa kafe dan resto di Jakarta secara perlahan beralih pada penggunaan sedotan stainless sebagai pengganti sedotan plastik. Walaupun belum semuanya, tapi nggak ada salahnya kan jika Agan Sista membekali diri dengan membawa sedotan stainless setiap kali pergi atau berencana ingin makan di luar.

 
Cara Membangun Kebiasaan Mengurangi Sampah Plastik, Cobain yuk, Gan & Sis!
5.      Memasukkan langsung buah dan sayur dalam troli belanja
Saat berbelanja di supermarket, pasti langsung reflek menyobek plastik untuk membungkus buah dan sayuran. Padahal, penggunaan plastik ini sebenarnya nggak efisien lho untuk buah ataupun sayur yang berukuran besar. Agan dan Sista bisa memasukkan langsung ke dalam keranjang belanjaan setelah ditimbang. Nggak usah takut sayuran atau buah bakalan kotor, karena sebelum dikonsumsi pasti dicuci hingga bersih dulu kan.


Memperbaiki kebiasaan menjadi lebih baik memang nggak bisa langsung tapi paling nggak secara perlahan-lahan. Selamat mencoba ya, Agan dan Sista!



Sumber:

https://cantik.tempo.co/read/1162496...k/full&view=ok
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Mantap dah ane usahain kemana mana bawa Goodie Bag
Quote:


Iya penting itu, mengurangi sampah dr plastik. Asal jangan ketinggalan drmh aja ya sist bag nya emoticon-Big Grin
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
no 5 sering lupa
makasih sudah diingatkan
aku baru tahu, ada sedotan stainless, terima - kasih informasinya.
makasih infonya
Nice tips gan emoticon-Jempol
harus dilakukan
saya tiap hari beli nasi pasti dapet plastik, solusinya dong apa bawa kotak makan utk wadah ? nanti harus cuci sedang air harus hemat.
bener nih kalo engga bgtu alam semakin memburuk kasian anak cucu kita engga bisa menikmati alam indonesia yang begitu indah seperti ini
bawa pembokat
nice inpo gan emoticon-Toast
Lupa trus bawa tas belanjaan, pdhl dah niat. Ane krg suka si klo pake sedotan, diminum langsung sja 😂 biar mulut ga ikutan monyong
Diubah oleh hastawala.adv


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di