autom942
TS
autom942
Yamaha Tricity 155, Matic Beroda Tiga Asal Yamaha


AGG- Inovasi pada dunia otomotif semakin berkembang dari tahun ke tahun, Kali ini Yamaha kembali melakukan inovasi pada motor matic. Tidak tanggung-tanggung inovasi yang dilakukannya ini membuat sebuah kelas baru bagi motor matic.

Produk hasil inovasi Yamaha ini diberi nama Yamaha Tricity 155. Motor ini merupakan motor matic yang berbeda dari motor matic pada umumnya. Pasalnya, untuk motor ini Yamaha menawarkan roda tiga yang dilengkapi dengan teknologi Leaning Multi-Wheel (LMW) yang membawa konfigurasi dua ban berada didepan dan satu dibelakang.

Yamaha Tricity 155 dikhususkan bagi konsumen yang ingin menjadi pusat perhatian semua orang ketika mengendarainya. Hadirnya 2 roda didepan dan 1 roda dibelakang membuat motor ini terlihat sangat unik.



Desainnya mirip dengan motor roda tiga asal Eropa, yaitu Piaggio MP3 Yourban dan Peugeot Metropolis. Namun walaupun mirip harga dari motor matic ini jauh lebih murah daripada kedua motor asal Eropa tersebut.

Meskipun motor ini memiliki roda 3, namun tetap memiliki tingkat kestabilan yang tinggi. Tentunya banyak sekali yang beranggapan apakah motor tersebut akan stabil bila menghadapi tikungan dan ternyata anggapan tersebut salah, Yamaha Tricity 155 mampu menaklukan tikungan dengan stabil sehingga sobat otomotif semua tidak perlu khawatir bahwa motor tersebut akan jatuh atau hal yang lainnya.



Yamaha Tricity 155 ini pun akan hadir dengan mengusung spesifikasi yang cukup mumpuni. Bahkan, dari sektor desainnya, motor ini tampak begitu elegan dan terkesan mewah sehingga akan menghipnotis setiap orang yang melihat tampilan dari motor ini.

Berikut adalah spesifikasi dari Yamaha Tricity 155 :

SPESIFIKASI YAMAHA TRICITY 155


MESIN 

  • Tipe Mesin : Single Cylinder, Liquid-Cooled, 4-Stroke, SOHC,4-valves
  • Volume Silinder : 155cc
  • Sistem Suplai Bahan Bakar : Fuel Injection
  • Gigi Transmisi : V-Belt Automatic
  • Tipe Kopling : Wet Sump
  • Bore x Stroke (mm) : 5.80mm x 58.7mm
  • Rasio Kompresi : 10.5 : 1
  • Power Maksimum : 11.1 kW @8,000 rpm
  • Torsi Maksimum : 14.4 Nm @6,000 rpm

DIMENSI

  • Panjang : 1.980mm
  • Lebar : 750mm
  • Tinggi : 1.210mm
  • Berat : 179kg
  • Jarak Sumbu Roda : 1.350mm
  • Jarak Terendah ke Tanah : 125mm
  • Berat : 165kg
  • Tinggi Jok : 780mm
  • Kapasitas Tangki : 7,2 Liter

RANGKA & KAKI-KAKI

  • Rangka : Diamond Steel
  • Tipe Suspensi Depan : Telescopic Fork
  • Tipe Suspensi Belakang : Swing Arm Unit
  • Rem Depan : Hydraulic Single Disc, Ø 220mm
  • Rem Belakang : Hydraulic Single Disc, Ø 230mm
  • Ukuran Ban Depan : 90/80-14
  • Ukuran Ban Belakang : 130/70-13

Jika ditelusur sejarahnya, sebenarnya motor matic ini sudah dihadirkan pada tahun 2014 silam. Saat itu Yamaha Tricity masih mengusung mesin berkapasitas 125cc, namun seiring dengan berkembangnya kemajuan dan permintaan dari konsumen akhirnya Yamaha melakukan Upgrade pada motor matic tersebut. 



Pada tampilan desainnya sendiri memang terlihat beberapa perubahan yang mendasar dimana motor matic yang satu ini memiliki lampu utama pada bagian depan dengan teknologi LED. Motor matic ini juga mengusung teknologi Leaning Multi Wheel (LMW) yakni sebuah teknologi yang menawarkan roda depan kembar. 



Dengan adanya teknologi ini diyakini akan mampu mengurangi beban ban depan ketika motor yang satu ini digunakan untuk melaju dijalan. Untuk bodi pada sisi samping kanan dan kiri terlihat memiliki lekukan-lekukan yang sangat elegan. 



Dibalik jok yang lebar juga terpasang tangki bahan bakar berkapasitas 7,2 Liter yang sangat cukup sebagai bekal untuk menempuh perjalanan cukup jauh, dan juga Yamaha Tricity 155 menyediakan bagasi super luas yang bisa menampung satu buah helm.



Dibagian depan juga disediakan laci penyimpanan lengkap dengan outlet 12v untuk mengisi daya berbagai perangkat. Lalu untuk bagian belakangnya akan tampak lampu belakang yang memiliki desain cukup simpel namun berkesan sangat elegan.





Sebagai motor matic yang hadir di era modern saat ini, Yamaha tentu menyematkan panel indikator yang stylish dan futuristis sesuai dengan karakter Yamaha Tricity 155. Motor ini akan mengandalkan sebuah panel bergaya desain digital dimana hal tersebut tampak jelas dengan disematkannya sebuah layar LCD speedometer dan MID serta ECO Indikator yang ditampilkan pada panel indikator. 



Pada indikator tersebut juga ditampilkan beberapa panel lain, seperti indikator jarak jauh, lampu sein, dan juga panel informasi bahan bakar.

Motor ini memiliki dimensi dengan panjang yang mencapai 1.980mm, lebar 750mm, tinggi 1.210mm dan juga memiliki sumbu roda 1.350mm. Berat dari motor ini sendiri mencapai 165kg, dan juga memiliki ground clearance setinggi 125mm sehingga akan sangat aman saat dikendarai melewati jalan berlubang ataupun polisi tidur.



Yamaha Tricity 155 menggunakan rangka bertipe Diamond Steel yang diketahui memiliki tingkat ketahanan yang sangat tinggi serta sangat stabil ketika dikendarai. Motor ini mengusung sepasang suspensi yang kokoh dan kuat, pada bagian depan motor ini mengandalkan tipe suspensi Teleskopik Fork, sedangkan untuk bagian belakang mengandalkan suspensi tipe Swing Arm Unit. 

Kedua suspensi itu sudah terbukti mampu meredam setiap goncangan ketika motor ini melewati jalanan yang berlubang dan banyak berbatuan sehingga pengendara maupun penumpangnya pun tetap akan merasa nyaman. 

Untuk velg yang digunakan, Yamaha mengandalkan velg berukuran 14 inci pada kedua roda dibagian depan dan velg berukuran 13 inci untuk roda bagian belakang. Kedua velg bagian depan dibalut dengan ban berukuran 90/80 sedangkan untuk velg belakang dibalut dengan ban berukuran 130/70.



Pada sektor keselamatan Yamaha Tricity 155 sudah dilengkapi dengan teknologi ABS (Anti-Lock Braking System) dengan membawa fungsi UBS (Unified Brake System) yang tentunya sudah akan membuat setiap pengendara merasa lebih aman.

Jenis rem yang digunakan berupa Hydraulic Single Disc dengan diameter 220mm yang terpasang pada bagian rem depan dan Hydraulic Single Disc berdiameter 230mm untuk bagian rem belakang.

Yamaha Tricity 155 dibekali dengan mesin bertipe Silinder tunggal dan berpendingin cairan, 4-stroke(4 katup) dengan kapasitas mesin sebesar 155cc serta memiliki diameter x langkah sebesar 58,0 x 58,7mm dan perbandingan kompresi sebesar 10,5: 1.

Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan oleh motor ini adalah 11,1 kW pada putaran mesin 8,000rpm dan untuk torsi maksimalnya mampu mencapai 14,4 Nm pada putaran mesin 6,000rpm.



Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut disalurkan melalui sebuah sistem transmisi V-belt Automatic serta memiliki kopling bertipe Wet Sump. Motor ini juga sudah menggunakan sistem starter elektrik. Mesin yang digunakan sudah memakai sistem pembakaran Fuel Injection sehingga motor ini ramah lingkungan.

Harga daripada motor ini diperkirakan dibawah Rp. 100 juta, dengan prediksi sekitar Rp. 60 - 70 juta. Bukan merupakan harga yang mahal menurut AGG, namun jika berkaca pada spesifikasi memang harga yang ditawarkan sudah sangat masuk akal mengingat hanya Yamaha yang mempunyai motor matic beroda tiga untuk saat ini.

Sekian review dari Yamaha Tricity 155, Jangan lupa di COMMENTdan di SHARE
Terima Kasih


Spoiler for Test Drive:


emoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Motret

4
12.1K
92
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan