fancewAvatar border
TS
fancew
Dulunya Makan Daging, Panda Berevolusi Jadi Hanya Makan Bambu


Panda oh panda, makhluk menggemaskan yang ada di bumi. Panda terkenal dengan badannya yang besar berwarna hitam putih dan bambu, makanan kesukaannya. Tapi ternyata ada fakta terkini yang bisa bikin agan tercengang…

Kehidupan panda emang selalu bermalas-malasan di habitat aslinya di kawasan pegunungan Cina dan makan bambu sesuka hatinya. Iya gan, hampir 99 persen makanan panda adalah bambu, tapi ternyata ini bisa dikatakan perkembangan terbaru dalam sejarah evolusi panda. Berdasarkan penelitian terbaru, panda sebenarnya pernah makan berbagai varian makanan ribuan tahun lalu.

Kakek moyang panda jaman dulu ternyata adalah karnivora!



Seriusan ini gan! Jadi panda ini ternyata dalam klasifikasinya adalah karnivora karena ia berbagi karakteristik yang sama dengan beruang dan rakun. Namun dari penelitian molekular, panda hitam putih masuk dalam family Ursidae, yakni beruang. Sekarang pun, meski panda terlihat selalu makan bambu tapi terkadang mereka makan daging loh.



Dari penelitian terbaru ini, panda emang nggak langsung ganti makanan mereka dari daging ke bambu jutaan tahun lalu. Mereka mulai meninggalkan daging dan makan beragam tumbuhan sampai kira-kira 5000 tahun lalu. Kemudian tanpa alasan yang jelas, mereka ganti lagi jenis makanan mereka ke bambu doang seperti sekarang.

Dalam jurnal Currently Biology, para ilmuwan dari Chinese Academy of Sciences mencari lebi dalam tentang pola makan panda hitam putih selama bertahun-tahun dengan menganalisa komposisi isotop stabil yang ada di gigi, rambut, dan tulang. Dengan teknik ini, bisa terlihat rasio isotop yang tujuan akhirnya adalah mengungkap habitat, kondisi lingkungan, dan pola makan mereka.


Foto: Wikimedia Commons

Setelah mempelajari tentang panda di era modern ini, tim dari akademi meneliti 12 panda purba yang hidup sekitar 5000-7000 tahun lalu dari 7 situs arkeologis di Cina Selatan. Hasilnya, ternyata panda modern dan panda purba punya keseimbangan isotop yang berbeda, yang mana berpengaruh terhadap perbedaan jenis makanan mereka.

Meski akhirnya terungkap, tapi tetep misterius tuh gan kenapa panda berevolusi jadi cuma makan panda doang. Apalagi bambu kan bukan makanan yang paling banyak gizinya, jadi panda harus makan sekitar 12-38 kg bambu tiap harinya. Ya akhirnya mereka jadi punya rasio metabolisme yang rendah dan gaya hidup yang super malas….. aka mager kayak ane.



Kira-kira kenapa ya panda ganti jadi vegan terus jadi bamboo-holic?

Sumber- Sumber
nona212
nona212 memberi reputasi
7
11.7K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan