alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Zaman VOC Penyebab Kemacetan Akan Dikenakan Denda
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c4c144aaf7e9344456660d2/zaman-voc-penyebab-kemacetan-akan-dikenakan-denda

Zaman VOC Penyebab Kemacetan Akan Dikenakan Denda



Zaman VOC Penyebab Kemacetan Akan Dikenakan Denda

Rata - rata di kota besar selalu dipusingkan oleh kemacetan. Mau lewat jalan besar ataupun jalan tikus tetap saja terjebak macet. Tidak jarang macet membuat orang menjadi stress. Bayangkan hendak berangkat sekolah, kantor atau hendak pergi ke suatu tempat yang penting lainnya harus terjebak macet. Mirisnya jika ada pemadam kebakaran atau pun mobil ambulance yang lewat karena emergency sering kali tidak mendapatkan jalan karena macet.

Zaman VOC Penyebab Kemacetan Akan Dikenakan Denda

Di thread kali ini ane tidak akan membahas solusi tentang kemacetan, karena tentu saja ada beribu dan beragam solusi. Thread kali ini ane mengajak agan dan sista kaskuser untuk kembali ke masa lalu. Ketika kota besar jakarta masih bernama batavia. Batavia merupakan wilayah yang sangat startegis pada masanya, dimana di batavia merupakan pusat pemerintahan pada masa VOC. Bukti - bukti adanya kota megah nan indah masih kita lihat sampai sekarang pada bentuk kota tua di jakarta utara.

Pada masa VOC, batavia merupakan kota yang cukup besar dimana pada masa itu transportasi masih didominasi dengan kereta kuda. Pada masa itu ketika terjadi upacara pernikahan di gedung di daerah batavia pasti selalu diiringi oleh arak arakan kereta kuda, terlebih lagi jika yang memiliki acara pernikahannya adalah para tokoh besar dalam VOC.

Pada masa dahulu di batavia arakan kuda yang berisikan penganten beserta keluarga ditarik oleh beberapa ekor kuda. Semakin banyak kuda yang menarik kereta tersebut maka dipastikan bahwa orang tersebut memiliki jabatan yang tinggi. Karena jabatan yang tinggi tentu saja pengiring penganten pun juga banyak, maka tak heran jika yang mempunyai hajat adalah orang yang memiliki status sosial yang tinggi maka pasti akan menyebabkan kemacetan yang cukup panjang.

Zaman VOC Penyebab Kemacetan Akan Dikenakan Denda

Oleh karena itu, ketika masa gubernur jenderal willem alting, sang gubernur jenderal pun membuat aturan bahwa bagi yang menyebabkan kemacetan gara - gara iringan kereta kuda penganten maka akan diberlakukan denda. Jumlah dendanya berasal dari jumlah kuda yang menjadi pengiring kereta kuda. Tapi sayang hal ini malah dijadikan ajang pamer oleh kebanyakan orang dahulu, karena semakin banyak kereta kuda yang didenda maka akan menegaskan kembali bahwa orang tersebut adalah orang kaya.

Zaman VOC Penyebab Kemacetan Akan Dikenakan Denda

Sepertinya budaya pamer yang dibawa oleh belanda masih terus hidup sampai jaman sekarang, buktinya banyak yang suka pamer kendaraan, harta yang mereka miliki.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Tulisan : pemikiran TS
Gambar : google
Referensi ini

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
polisinya VOC bisa diajak damai gak ?
Tahun berapa itu ?
Jaman VOC atau Kolonial ?
Quote:


Tahun 1780 sampai 1797 om
para pengguna kuda yolo, kuda2an eh kereta kuda pd masa VOC tsb, jmlh nya msh bs di hitung dgn jari, jd penguasa lalu lintas bs dgn mudah menjatuhkan hukuman denda.....
Quote:


Ok gan , soalnya gambar ilustrasinya kok kayak abad 19 emoticon-Wink
Kalo kendaraan bermotor bikin polusi udara asap dan bising knalpot , kalo kuda bikin polusi kotorannya yg jatuh sembarangan.
Quote:


Kuda masih mending gaan kotorannya ada gunanya, daripada polusi udara dan suara lebih eneg
wakaka, greget sih, malah makin menjadi dengan nambah jumlah kuda biar keliatan kaya emoticon-Betty (S)emoticon-Ngakak (S)
Zaman jebot gimana mau macet? Serame ramenya iring iringan pernikahan zaman dulu paling seberape seh? emoticon-Thinking
Diubah oleh cangcutmimin
Kena denda aja masih bangga...

Orang kaya mah, BEBAS...

Ditarik 6 kuda aja mewah banget, gak kebayang klo ampe diatas 4 pasang kuda...
ada sikomo lewat
boleh nih diterapkan kembali emoticon-Cool
macet kena denda
Quote:


naaahhhh
ternyata memang sudah dari dulu kyk gini
bayar denda = clear !

Zaman VOC Penyebab Kemacetan Akan Dikenakan Denda
semakin bnyk kuda semakin bangga, apalagi segede kuda... ng ng nganu ndan emoticon-Malu emoticon-Betty
emoticon-Ngakak
poinnya orang indonesia gak banyak berubahemoticon-Ngakak
apa denda buat jera?!
"Godverd*mme, You punya sapi menghalangi I punya kereta."

"Sebagai upeti karena menghalangi ini kereta, I ambil You punya sapi."

"Prajurit!!!... Ambil ini sapi!!!..."

(Jadi inget film penjajahan jadul.) emoticon-No Hope
boelah agak lebay yak
sekalian gembok ht dehemoticon-Cool
zaman sekarang parkir mobil seenak jidat, bagusnya di jajah lagi:tepuktangan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di