Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

recyclingAvatar border
TS
recycling
Serba - Serbi Dan Arti Gong Xi Fa Chai di hari IMLEK
Serba - Serbi Dan Arti Gong Xi Fa Chai di hari IMLEK

Serba - Serbi Dan Arti Gong Xi Fa Chai di hari IMLEK



Hai agan - agan.. tak terasa sebentar lagi tepat nya pada tanggal 10 Febuary 2013 ini akan ada festival penyambutan tahun baru cina / yang lebih dikenal dengan Hari Raya IMLEK dan biasa nya selalu ada kata - kata GONG XI FA CAI

disini ane mau coba share makna dari Ucapan Gong Xi Fa Cai itu sendiri..

Gong Xi Fa Cai adalah ucapan yang sering kita dengar mendekati dan pada hari raya Imlek. Kalimat Gong Xi Fa Cai (bahasa Mandarin), Kung Hei Fat Choi (bahasa Kanton), Kiong Hi Huat Cai (bahasa Hokkian) memiliki arti : "Selamat dan semoga banyak rejeki".

Berbagai festival diselenggarakan untuk memeriahkan hari raya terpenting bagi bangsa Tionghoa, salah satunya pertunjukan Tarian Barongsai / Tarian Singa yang menurut kepercayaan bangsa Tionghoa, singa merupakan lambang kebahagiaan dan kesenangan. Tarian Singa terdiri dari dua jenis utama yakni Singa Utara yang memiliki surai ikal dan berkaki empat. Penampilan Singa Utara kelihatan lebih natural dan mirip singa ketimbang Singa Selatan yang memiliki sisik serta jumlah kaki yang bervariasi antara dua atau empat. Kepala Singa Selatan dilengkapi dengan tanduk sehingga kadangkala mirip dengan binatang ‘Kilin’.

Gerakan antara Singa Utara dan Singa Selatan juga berbeda. Bila Singa Selatan terkenal dengan gerakan kepalanya yang keras dan melonjak-lonjak seiring dengan tabuhan gong dan tambur, gerakan Singa Utara cenderung lebih lincah dan penuh dinamika karena memiliki empat kaki.

Satu gerakan utama dari tarian Barongsai adalah gerakan singa memakan amplop berisi uang yang disebut dengan istilah ‘Lay See’. Di atas amplop tersebut biasanya ditempeli dengan sayuran selada air yang melambangkan hadiah bagi sang Singa. Proses memakan ‘Lay See’ ini berlangsung sekitar separuh bagian dari seluruh tarian Singa.

Tradisi lainnya adalah bagi-bagi angpao...biasanya amplop merah bergambar khas Imlek berisi uang dihadiahkan untuk saudara-saudara dekat yang lebih muda atau yang elum menikah.

Selain berbagai festival diselenggarakan, tentunya hari raya Imlek juga menyajikan hidangan kuliner yang khas Imlek. Pada setiap acara sembahyang Imlek, idealnya disajikan minimal 12 jenis masakan dan 12 macam kue, yang mewakili lambang-lambang shio yang berjumlah 12.

Kalau di Cina, hidangan yang wajib ada adalah siu mi (mie panjang umur) dan arak, di Indonesia, hidangan yang dipilih biasanya yang memiliki arti kemakmuran, panjang umur, keselamatan atau kebahagiaan. Kedua belas hidangan itu disusun di meja sembahyang, yang bagian depannya digantungi kain khusus yang biasanya bergambar naga berwarna merah. Pemilik rumah lalu berdoa memanggil para leluhurnya untuk menyantap hidangan yang disuguhkan.

Kue-kue yang biasa disajikan pada hari Imlek adalah :

Spoiler for kue manis:


Spoiler for KUELAPIS:


Spoiler for KUEMANGKOK:


Spoiler for NASTAR:


Spoiler for KUACIPERMEN:


Tapi hidangan yang tidak boleh disajikan pada saat Imlek adalah bubur, karena bubur melambangkan kemiskinan.

OKe gan semoga bisa menambah wawasan agan - agan sekalian untuk mengenal tradisi tahunan dari China ini..

buat agan - agan yang merayakan saya ucapkan :


新年快乐 !
(Xin Nian Kuai Le) !

恭喜发财 !!!!
(Gong Xi Fa Cai) !!!

紅包拿來!!
(Hong Bao Na Laiiiii)!!




sumber : http://sparklingbuble.multiply.com/j...journal%2Fitem
dan dari om google emoticon-Big Grin
Diubah oleh recycling 06-02-2013 06:52
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
24.6K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan