srahayudesAvatar border
TS
srahayudes
5 Alat Paling Dasar Yang Wajib Dimiliki Untuk Memulai Home Recording



Jangan lupa dirate 5 ya..emoticon-Malu



5 Alat Paling Dasar Yang Wajib Dimiliki Untuk Memulai Home Recording



Hi GanSis, apa kabar? kali ini ane bakalan bahas tentang bagaimana caranya untuk membuat studio rekaman di rumah. Tentu saja di jaman yang serba milenial ini banyak sekali orang-orang yang berbondong-bondong ingin terkenal di dunia maya, salah satunya mungkin dengan cara mengcover lagu. Nah untuk mengcover lagu, tentunya kita harus merekam suara kita ketika sedang bernyanyi. Tentunya hal itu memerlukan alat-alat rekording. Kira-kira apa saja sih alat yang perlu kita miliki untuk membuat studio rekaman sendiri di rumah. Yuk langsung aja cekidot!


1. Komputer/Laptop


Source : My Documentation

Hal pertama yang harus kita miliki adalah sebuah personal computer (pc) atau laptop. Karena ini merupakan bagian yang paling penting untuk memonitoring dan mengatur kegiatan rekaman kita.


2. Audio Interface


Source : My Documentation

Untuk memulai rekaman, audio interface sangatlah penting dan wajib untuk dimiliki karena benda ini sebagai media perekaman. Audio interface atau juga disebut dengan soundcard bertugas menerima sinyal analog dari microphone atau instrumen dan meneruskannya menuju PC/Laptop menjadi sinyal digital dan selanjutnya untuk di proses. Ane sendiri menggunakan audio interface merk XOX KS108.

3. DAW (Digital Audio Workstation)


Source : My Documentation

DAW ini merupakan software utama yang akan digunakan untuk merekam, mengedit, dan mixing musik. DAW banyak sekali tersedia diluaran sana, GanSis bisa cek di google mana sekiranya yang mudah untuk digunakan oleh GanSis. Salah satu contoh DAW adalah Ableton Live, ACID Pro, Adobe Audition, Cakewalk Sonar, dan lain sebagainya.

4. Mircophone & Stand


Source : My Documentation

Microphone merupakan bagian paling penting karena Microphone adalah sebuah alat untuk menangkap gelombang suara. Perlu GanSis ketahui kalau diluaran sana ada 3 jenis microphone yaitu condenser microphone, dynamic dan ribbon. Kalau ane pribadi menyarankan untuk menggunakan condenser microphone. Karena microphone tersebut dirancang untuk recording. Untuk merknya sendiri banyak sekali, GanSis bisa cek harga yang sekiranya GanSis sanggup untuk membelinya. Tak lupa juga GanSis harus memiliki stand microphone agar ketika bernyanyi microphonenya tetap stay tidak perlu pegal memegangnya.

5. Headphone


Source : My Documentation

Headphone ini berfungsi untuk menangkap suara, ini part penting juga karena jika tidak ada headphone maka kita tidak akan bisa mendengar musik instrumen dan suara kita. Untuk merk GanSis bisa cari dari harga termurah atau sesuaikan dengan budget GanSis.



Nah itu dia GanSis 5 alat yang wajib kita miliki jika kita ingin membuat home recording sendiri. Kira-kira GanSis tertarik gak yah buat bikin home recording sendiri? atau mungkin GanSis sudah memilikinya, yuk share disini! biar GanSis lain yang ingin memiliki home recording sendiri dirumah dapat mengetahu informasi tersebut.

Sekian thread dari ane, semoga dapat bermanfaat.
Thankyou.


Diubah oleh srahayudes 25-01-2019 07:58
4
10.3K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan