powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Takut Kosmetik Berbahaya? Gini Cara Mudah Mengecek BPOM Secara Mandiri


Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Dewasa ini banyak sekali jenis dan macam produk kosmetik. Mulai dari produk keseharian yang biasa di pakai hingga produk yang terkesan aneh. Iya, produsen kini berlomba - lomba membuat inovasi agar kebutuhan kosmetika para pelanggannya terpenuhi.

Celakanya, bersamaan dengan banyaknya inovasi tersebut, banyak pula produsen nakal yang rela mengeruk keuntungan sebesar - besarnya tanpa memperhatikan keamanan pemakainya. Contohnya saja terbongkarnya kasus kosmetik abal - abal yang menimpa beberapa artis terkenal beberapa waktu yang lalu. Saat itu para artis mendapat bayaran untuk menjadi endorserproduk kosmetik yang tenyata tidak berijin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Padahal nih, BPOM selaku regulator dan pengawas peredaran obat dan makanan yang didalamnya termasuk kosmetika sudah memberikan kepada kita kemudahan dalam melakukan pengecekan secara mandiri (self service) melalui website resminya. Namun, mungkin dikarenakan kurangnya sosialisasi membuat masyarakat banyak yang belum mengetahui cara ini.


Hal pertama sebelum melakukan pengecekan tentu kita harus melihat dulu nomor BPOM yang ada pada kemasan produk tersebut. Nomor BPOM ini biasanya terletak pada sisi samping atau bawah kemasan, tapi tidak menutup kemungkinan ada di sisi lain dari kemasan produk. Cari tulisan dengan awalan "BPOM" atau "POM" yang di ikuti dengan 12 digit angka.
Spoiler for Hasilnya:

Jika sudah ketemu, maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah membuka website resmi BPOM di https://notifkos.pom.go.id/new/lalu klik menu "daftar produk". Setelah itu ketikkan deretan angka yang ada dibelakang kata BPOM tadi pada kolom yang ada. Pastikan lagi nomor yang kita ketik sudah sesuai dengan nomor yang ada pada kemasan produk. Jika sudah, tekan enter. Apabila nomor BPOM yang tertera pada produk memang terdaftar di BPOM dan sesuai dengan yang dicantumkan maka hasil yang muncul adalah nama produk tersebut. Jika ingin melihat detail dari produk, misalnya nama dan alamat produsen serta masa berlaku notifikasi produk tersebut maka kita bisa mengklik nama produknya.
Spoiler for Hasilnya:


Selain untuk mengecek produk kosmetik yang telah ternotifikasi, cara ini juga bisa digunakan untuk mengecek notifikasi produk yang dibatalkan serta ijin produk yang telah expired. Produk yang sudah terdaftar di BPOM tentu saja sudah lulus sertifikasi kandungan produknya. Sebab, seperti yang kita ketahui tugas utama BPOM adalah menguji dan memastikan produk yang beredar aman untuk digunakan masyarakat serta mengeluarkan izin atas produk tersebut. Meski demikian, kita sebagai pengguna harus tetap berhati - hati karena meski sudah terdaftar di BPOM bukan tak mungkin ada oknum yang mencatut dan memalsukan produk yang sudah terdaftar tersebut dengan produk serupa yang memiliki kandungan bahan - bahan berbahaya.





Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Dok. Pribadi






KnightDruid
tata604
aldysadi
aldysadi dan 9 lainnya memberi reputasi
10
6.4K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan