londo.046Avatar border
TS
londo.046
Mengapa Kita (Harus) Menulis?


Quote:


Mengapa kita harus menulis? Ada beberapa jawaban untuk pertanyaan itu. Saya akan mencoba menjawabnya dengan prespektif dan cara pandang pribadi. Namun, tidak menutup kemungkinan, anda akan mulai tertarik untuk menulis setekah membaca tulisan ini. Bisa jadi anda akan setuju dengan pernyataan terakhir saya tadi, menulis adalah kebutuhan.



Menulis itu menyehatkan otak.Ketika anda menulis, otak anda akan dipaksa berfikir dan mengingat semua peristiwa dan pengalaman yang pernah anda alami. Bukan hanya saat menulis cerita, tapi saat menulis politik, ekonomi, puisi, sampai curhat pun anda perlu berfikir untuk kemudian anda tuliskan dengan rangkaian kata. Secara tidak langsung, anda membuat otak anda terus bekerja. Otak yang terus bekerja, tentu akan menyehatkan bagi si empunya otak.

Menulis itu mencegah kepikunan. Masih berhubungan dengan yang saya uraikan di atas, dengan selalu mengingat semua peristiwa yang pernah anda alami, lalu anda tuliskan, secara tidak langsung, anda mengasah daya ingat otak anda. Daya ingat kuat, anda akan ingat setiap detail peristiwa yang anda alami. Jika detail peristiwa saja anda paham, kepikunan adalah mitos bagi anda. Jelas ya, tidak sulit untuk mencegah kepikunan, menulislah.



Menulis itu bahan evaluasi dan refleksi diri.Jika anda terbiasa menulis setiap hari tentang apapun yang anda alami, baik itu peristiwa yang menyenangkan maupun cerita kegagalan, anda sudah punya catatan evaluasi yang bisa anda buka kapanpun anda butuhkan. Saya memulai kebiasaan ini sejak masih sekolah menengah. Kadang, ketika saya akan mengambil putusan, saya buka catatan itu. Saya mencoba mencari referensi peristiwa di masa lalu. Biasanya, di akhir cerita harian itu, saya sisipkan mengapa peristiwa itu terjadi, saya harus bagaimana, dan dampak apa yang saya alami. Dari situ, saya bisa melakukan analisa untuk membuat sebuah putusan.

Menulis itu berbagi kepada orang lain. Saya belum menemukan ada tulisan yang tidak bermanfaat. ingat ya, tulisan! Meskipun kontennya kadang dianggap "ngga banget", tetap ada manfaat yang bisa saya ambil, minimal adalah belajar tidak seperti itu. Diakui atau tidak, ada perasaan senang, ketika tulisan kita dibaca dan diapresiasi oleh banyak orang. Cacian itu termasuk apresiasi, jadi jangan keburu baper kalau tulisan anda dicaci maki oleh orang lain. Paling tidak anda mendapat perhatian orang, dari pada yang tidak pernah menulis dan keberadaannya tidak dianggap. Masih jauh lebih baik yang berani menulis.



Menulis bisa membuat anda kaya.JK Rowling menjadi triliuner karena menulis. Anda pun berpeluang menjadi seperti JK, jika tulisan yang anda buat dianggap menarik dan dilitik oleh penerbit. OK, jika Rowling terlalu jauh, forum Kaskus ini juga bisa jadi contoh. Menulis saja yang baik, benar dan konsisten, percayalah usaha anda tidak akan sia-sia. Ada Kreator, ada event bulanan, tahunan. Siapa tahu bisa nembus jadi juara. Kalaupun tidak nembus, manfaat-manfaat di atas sudah anda dapatkan.

Bagaimana? Sudah mulai tertarik untuk menulis? Mulai saja dulu, jangan minder dengan tulisan anda. Karena setiap individu itu unik dan berbeda dengan yang lain. Sama dengan tulisan yang dihasilkan, bisa jadi lebih bagus dan bisa diterima pembaca. Jadi, ambil Laptop, Smartphone atau pena mu, lalu biarkan jari mu menari menghasilkan maha karya pribadi mu. Salam Damai.


Merdeka!

Ide Tulisan dan Gambar : Koleksi Pribadi.
11
7.1K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan