arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
5 Negara yang Bubar dalam 3 Dekade Terakhir
Menjaga persatuan dan kesatuan merupakan salah satu hal yang mutlak dipertahankan bagi suatu negara. Apalagi bagi negara yang majemuk seperti indonesia. Pasalnya semakin majemuk suatu negara, semakin besar perbedaan yang dapat memancing perselisihan.

Seandainya tidak ada upaya keras untuk memupuk persatuan dan kesatuan, bukan tidak mungkin negara ini bakal mengalami gejolak. Paling parah bisa bubar seperti yang terjadi pada negara-negara berikut ini. Negara-negara tersebut merupakan negara-negara yang telah bubar dalam 3 dekade tarakhir ini.

Uni Soviet


Sumber : Mapsland.com


Dari semua negara yang bubar dalam 3 dekade terakhir, tidak ada yang lebih heboh dari kasus bubarnya Uni Soviet. Pasalnya saat masih berdiri Uni Soviet merupakan salah satu negara adikuasa yang menjadi pesaing terkuat Amerika Serikat.

Ada beberapa hal yang menyebabkan runtuhnya negara adidaya Uni Soviet. Diantaranya adalah karena merosotnya perekonomian dan melemahkan kekuatan komunisme di negara tersebut. Hal tersebut memicu terjadinya pemberontakan dan berujung pada kudeta.

Di tengah berlangsungnya kudeta, Estonia menyatakan kemerdekaannya, disusul Ukraina dan republik lainnya. Tiga bulan pascakudeta, pemimpin dari tiga republik utama Slavia (Rusia, Ukraina dan Belarus) sepakat untuk bertemu dan kemudian membentuk Persemakmuran Negara-negara Merdeka atau CIS. Pada tanggal 26 Desember 1991, Uni Soviet resmi bubar dan Gorbachev yang merupakan presiden saat itu resmi mundur dari kursi presiden.

Republik Federal Sosialis Yugoslavia


Sumber : Themaparchive.com


Kondisi Yugoslavia mulai mengalami goyah setelahnya wafatnya Presiden Josip Broz Tito. Dalam kondisi Yugoslavia yang tidak menentu, muncul sosok Slobodan Milosevic yang berusaha menggantikan posisi Josip Broz Tito. Namun kepemimpinannya tidak sebagus Tito.

Dengan kondisi negara yang semakin memburuk, satu per satu wilayah Yugoslavia mendeklarasikan kemerdekaan. Diawali dengan upaya proklamasi kemerdekaan sepihak yang dilakukan Kroasia dan Slovenia. Kemudian disusul oleh Bosnia Herzegovina dan Makedonia.

Republik Federal Yugoslavia


Sumber : Nationmaster.com



Pasca merdekanya Kroasia, Slovenia, Bosnia Herzegovina dan Makedonia, Negara Yugoslavia masih tetap berdiri dengan nama Republik Federal Yugoslavia. Republik Federal Yugoslavia terdiri dari gabungan antara Negara Serbia dan Montenegro.

Namun Republik Federal Yugoslavia juga akhirnya mengalami perpecahan. Dari referendum yang dilakukan rakyat Montenegro, mayoritas suara menginginkan montenegro pisah dari Serbia. Hasil dari referendum itu disetujui dan Republik Federal Yugoslavia resmi bubar.

Cekoslowakia


Sumber : Idsejarah.net


Cekoslowakia merupakan salah satu negara yang berada di Eropa Tengah. Negara ini mengalami perpecahan secara damai pada 1 Januari 1993. Cekoslowakia pecah menjadi dua negara, yaitu Republik Ceko dan Republik Slowakia.

Jerman Timur


Sumber : Bbc.com


Berbeda dengan negara-negara sebelumnya yang bubar dan kemudian terpecah menjadi beberapa negara, Jerman Timur justru sebaliknya. Negara ini bubar pada tahun 1990 kemudian terintegrasi kembali dengan Jerman Barat. Jadi negara Jerman yang kita kenal sekarang merupakan integrasi antara Jerman Timur dengan Jerman Barat.

Mudah-mudahan negara kita tetap utuh dan tidak pernah bubar seperti negara-negara diatas. Seburuk apapun kondisi Indonesia, jangan sampai muncul keinginan agar negara ini harus bubar.


Referensi :
https://www.tagar.id/ini-10-negara-y...ah-anda-dengar
https://tirto.id/reformasi-ala-gorba...ni-soviet-dczk
http://www.hariansejarah.id/2017/02/...man-timur.html
https://tirto.id/cekoslowakianbsp198...m-komunis-cucW
https://www.dw.com/id/runtuhnya-yugo...unia/a-5789803
14
16.6K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan