alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Korban Gempa Lombok Tagih Janji Bantuan Jokowi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c46f8b52637720571580011/korban-gempa-lombok-tagih-janji-bantuan-jokowi

Korban Gempa Lombok Tagih Janji Bantuan Jokowi

22 Januari 2019
Korban Gempa Lombok Tagih Janji Bantuan Jokowi

Jakarta, CNN Indonesia -- Korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, menagih realisasi janji bantuan pemerintahan Jokowi seperti yang tertuang dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres RI) Nomor 5/2018 tentang Percepatan Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Pasca Bencana Gempa Bumi Lombok.

"Kami butuh bukti, bukan janji," kata Kepala Desa (Kades) Jeringo, Sahril, ketika ditemui dirumahnya, Kabupaten Lombok Barat, Jumat.

Sahril yang mewakili aspirasi warganya tidak mau dijadikan ajang politik oleh pemerintah pusat. Dia tidak mengharapkan, ketika mendekati Pemilihan Presiden RI, pemerintah pusat baru merealisasikan bantuan.


Dia berharap pemerintah pusat segera merealisasikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat (korban gempa) sesuai dengan Inpres Nomor 5/2018 tersebut dan Peraturan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 2/2018 tentang penggunaan dana siap pakai (DSP).


Dalam dua aturan dasar tersebut, dijelaskan besar dana bantuan yang diterima masyarakat korban gempa, antara lain Rp50 juta untuk kategori rusak berat, Rp25 juta untuk kategori rusak sedang dan Rp10 juta untuk kategori rusak ringan.

Untuk Desa Jeringo yang didiami oleh 2.734 jiwa dengan 822 kepala keluarga yang terdampak gempa dengan kategori berat sebanyak 93 persen. Mereka pernah mendapatkan bantuan dari Menteri Keuangan (Menkeu) RI sebesar Rp1 miliar yang diterima langsung oleh Kades yang kemudian didistribusikan kepada semua warga, masing-masing warga mendapatkan Rp384 ribu.

Ia menambahkan, mestinya sekarang ini dalam kurun waktu 2019 sudah tertangani, tapi sampai sekarang baru 18 kepala keluarga yang mendapatkan bantuan yang dijanjikan oleh pemerintah berupa rumah instan konvensional (riko).


Ia berharap agar kepala BNPB pusat yang baru segera melakukan evaluasi kebijakan pimpinan sebelumnya, membuat regulasi yang mempermudah masyarakat (korban gempa) mendapatkan hak-haknya dan merealisasikan janji-janji sebelumnya. Mustinah, warga desa Gelangsar berharap agar segera mendapatkan bantuan dari pemerintah baik berupa rumah maupun uang. Ia mengaku belum mendapatkan bantuan berupa apapun dari pemerintah.

Senada dengan itu Tohri, warga dusun Gelangsar juga berharap segera mendapatkan bantuan yang dijanjikan sebagaimana beberapa warga desa Jeringo.

Semua warga pada saat ini sudah kembali dari pengungsian dan tinggal di rumah yang mereka bangun sendiri secara swadaya dari puing-puing rumah mereka yang telah hancur oleh gempa.

Korban Gempa Lombok Tagih Janji Bantuan Jokowi

Kolam: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190112043537-20-360322/korban-gempa-lombok-tagih-janji-bantuan-jokowi

Jangan berjanji kalo belum mampu menepati, kasihan rakyat lagi yg jadi korban janji. Udah berapa lama ini molor terus, sedangkan warga sudah sangat mendesak.
Astaga emoticon-Cool
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Nah berita ini bagus nih, menanyakan konfirmasi kepastian hak2 korban bencana alam yang diberikan harapan bantuan oleh pemerintah.

Tapi perlu juga diketahui kebetulan bencananya yang melanda bumi pertiwi banyak, mungkin oleh karena itu dananya jadi tersendat.
Diubah oleh floriantito
Fix biang hoaxx emoticon-Wakaka
geruduk aja lah ke istana, sambil bawa wartawan ...
Tapi ga logis juga kalau pada mikir pemerintah biang hoax, kalau pemerintahan kita gak bisa dipercaya kemana lagi kita kudu percaya. Atau memang kawan2 sudah bener2 pengen melihat suriah versi indonesia.

Ada2 aja ih, amit2.
Lihat 1 balasan
Quote:


Muak sama kodok oon emoticon-Big Grin

2019fixGP
Quote:


Ya gapapa gan, silahkan berusaha memenangkan calon masing2 melalui pemilu april mendatang.
Balasan post floriantito
Quote:


coba terangkan apa yg ente maksud suriah versi indonesia dan kaitannya dengan rakyat yg menagih janji pemimpinnya ?
la kalawakalakata

alpatekah

emoticon-Malu
Quote:


oh kalau itu beda tentunya, itu komen terakhir di luar konteks. Tapi mendukung kalau soal kepercayaan ke pemerintah.
mudah mudahan segera terealisasi
ga usah ditagih,Krn itu bukan menjadi beban masa lalu
ya seng sabar
biasa hanya omdo dan pencitraan
tar bantuan uda masuk pada treak pencitraan jlang pilpres
janji....tinggallah janji...
Janji adalah uang
kasihan padahal udah bikin video ditenda pengungsian
tapi sayang ini dogi memang buat pencitraan
walah, pdhal sudah selpi selpi, eh endingnya php


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di