universecond
TS
universecond
[Curhat] Kata Sahabatku, Dia Seorang Aseksual.
Salam Agan & Aganwati.


Sebelum ke topik permasalahan saya telah diberikan ijin dari si pemilik cerita untuk dijadikan thread, setelah saya bercerita banyak tentang forum kaskus yang penghuni-nya ramah-ramah dalam kritik & saran. Sahabat saya penasaran dengan Agan & Aganwati sekalian pikirkan waktu membaca cerita & curhatan ini.

Saya kenal dia ini mulai bangku SMP. Panggilannya Dedek, untuk identitas saya hanya diperbolehkan memakai nama panggilan saja. Kita berdua adalah perempuan-perempuan muda yang sedang meniti karir, setidaknya sebelum menikah kami ingin bersenang-senang dengan uang jerih payah sendiri. Hehe..

Dedek ini bekerja di bidang kesehatan. Orangnya supel, doyan becanda, temannya juga banyak. Awalnya saya tidak percaya waktu dia bilang bahwa dia merasa tidak normal via whatsapp. Besoknya saya ajak ketemuan di rumah saya.

To the point dia langsung menjelaskan bahwa dia aseksual, dia menjelaskan bahwa dia selama ini merasa aneh dengan dirinya, sampai saat ini dia belum pernah jatuh cinta ke lawan jenis. Saya sedikit ingin becanda mempertanyakan  apa dia jeruk minum jeruk? Dia balas becanda juga kalau dia belok, saya perempuan pertama yang harus berhati-hati.

Karena jujur waktu itu saya bingung & canggung, informasi yang saya terima dari sahabat saya ini sungguh terlalu. Perasaan saya campur aduk antara kasihan & bertanya-tanya apakah yang dia alami itu benar? Dedek berusaha menjelaskan susah payah agar saya mengerti, dia juga frustasi karena pada siapa lagi dia bisa bercerita.

Dari yang dia jelaskan, dia tidak paham tentang jatuh cinta atau mencintai, menyayangi seseorang diluar anggota keluarganya atau sahabat-sahabat terdekat. Waktu saya bertanya masalah pernikahan, dia tidak memungkiri kalau nantinya dia pasti menikah. Ini salah satu pertanyaan-pertanyaan saya waktu itu.

Mungkin kamu belum bertemu orang yang tepat?
Memang belum. Dia mengatakan dia harus bertemu dengan pasangan yang mengerti dengan kondisinya.

Mungkin cuma fase? Sedang bingung & proses mencari jati diri?
Dia yakin dengan dirinya sekarang karena menginjak umurnya sudah 27th, bukan mencari lagi.

Kenapa ga dicoba pacaran dulu, siapa tahu kebuka pintu hatinya?
Dia selalu mencoba membuka hati tapi tidak mau memaksa. Kasihan mereka kalau akhirnya cuma buat percobaannya. gitu katanya.

Konsep Dedek tentang cinta & sayang menurutnya sangat spesial, tidak peduli siapa kamu, sangat nyaman, menghabiskan waktu dengan ngobrol kesana kemari nyambung & tidak bosan, bukan berarti harus memiliki atau harus in relationship.

Lama-kelamaan teman-teman dia mulai menggoda "kenapa dia tidak pernah punya pacar, jangan-jangan dia belok?" Dedek memang kelihatan kalem cuma senyum-senyum aja. Baginya hal seperti itu tak perlu ditanggapi, toh dijelaskan teman-teman ga bakal paham.

Saya sendiri belum begitu paham. Yang saya baca di google, aseksual adalah tidak merasa tertarik terhadap orang lain (lawan jenis atau sejenis) secara seksual.

Yang membuat penasaran itu. Feeling seperti apa yang Dedek rasakan? Karena sering dia bertanya pada saya apa yang saya rasakan terhadap pacar saya. Saya jelaskan dengan candaan tentang butterflies in stomach gitu dia balasnya cuma ngomong ga paham sambil ketawa ketiwi.

Mungkin cukup sekian dulu. Saya harap Agan & Aganwati sekalian bisa memberikan masukan yang membantu saya memahami sobat saya ini.


Terima kasih waktu & tempatnya.emoticon-Cendol (S)

narasumber; Dedek, google, wikipedia

2
3.7K
60
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan