alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Surat Terbuka Untuk Bukalapak/BukaDana
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c42fd019e7404095d8b456d/surat-terbuka-untuk-bukalapak-bukadana

[CASE CLOSED]Surat Terbuka Untuk Bukalapak/BukaDana

Pihak Bukalapak menghubungi saya dan memberikan solusi yang melegakan bagi saya. emoticon-I Love Indonesia
Akhirnya sore tadi pihak Bukalapak hubungi ane via telepon dan menawarkan solusi yang juga tidak memberatkan ane.
solusi yang ditawarkan oleh Bukalapak :
- akun DANA yang terhubung dengan akun Bukalapak saya (BukaDana) diputus dan saldonya dialihkan ke saldo BukaDompet.
- dan secara otomatis jika ingin menggunakan fitur BukaDana, saya bisa mengaktifkan fitur BukaDana dengan nomor telepon yang baru dan masih aktif yang sudah terdaftar di Bukalapak.

Solusi tersebut dilakukan oleh pihak Bukalapak dengan persetujuan dari ane, dan saya sangat berterimakasih kepada Bukalapak yang mau memberikan solusi dan tidak memberatkan ane.

Saya juga ingin meminta maaf bila terdapat tutur kata yang kurang baik.
Spoiler for Solusi dari Bukalapak:


Surat terbuka untuk Bukalapak/BukaDana

Sebelumnya mohon maaf jika salah kamar. bila memang mohon diingatkan dan dituntun..

Pagi gan, saya dapat pengalaman yang kurang baik dengan Bukalapak terkait fitur BukaDana yang menurut saya menerapkan sistem yang "lancang".

Begini kronologi nya,
Kemaren, Jumat 18 Januari 2019. Saya melakukan topup saldo BukaDana yang seingat saya belum pernah melakukan aktivasi, karena sebelumnya untuk melakukan aktivasi fitur BukaDana harus melalui OTP yang dikirim ke nomor handphone terdaftar melalui SMS, Nomor tersebut kan udah gak aktif ya jelas gak bisa kan? Alhasil saya biarin tuh fitur BukaDana.

Namun beberapa hari sebelum saya isi saldo BukaDana setelah aplikasi Bukalapak terupdate otomatis, tiba-tiba fitur BukaDana sudah "aktif(bisa diakses)". saya heran karena merasa belum pernah "berhasil" melakukan aktivasi tapi kok bisa diakses? Saya coba untuk percaya jika mungkin pihak Bukalapak melakukan update pada sistem BukaDana sehingga dapat digunakan dan tidak membebani saya sebagai customer. Walaupun begitu, saya tetap melakukan cross check tentang fitur BukaDana dan cara penggunaannya di aplikasi Bukalapak, tapi saya hanya menemukan tentang "apa itu BukaDana" tanpa ada informasi detil mengenai BukaDana (yang saya tau cuma Bukalapak kerjasama dengan DANA). Lagi-lagi saya percaya aja sama Bukalapak!

Dan saya pun mengisi saldo BukaDana sebesar 102.500 pada Jumat 18 Januari 2019 dengan nomor tagihan BL19121VYOIPINV dan berhasil masuk. Niatnya mau beli pulsa listrik yang udah bunyi dengan memanfaatkan promo cashback dari Bukalapak, sebelum saya gunakan untuk membeli listrik prabayar saya coba dulu fitur BukaDana untuk ikut serbu seru (dengan slogan kalo gak dapet barang serbuan uang kembali 100%) saya pilih barang serbuan dan pilih opsi pembayaran menggunakan BukaDana, saat mau check out ternyata si BukaDana minta OTP yang dikirim bke nomor yang udah gak aktif. Dari sini saya udah mulai merasa ada yang gak beres, saya coba BukaBantuan melalui aplikasi Bukalapak tapi gak bisa akhirnya saya coba buka dibrowser hp dan bisa tapi gak bisa live chat akhirnya saya pilih opsi pergantian nomor telepon dengan mengisi form yang disediakan, tapi karena hp saya hp jadul dan gak kuat untuk upload dokumen, akhirnya saya nyalain PC dengan kekhawatiran listrik tiba-tiba mati namun dengan harapan bisa ceper beli pulsa untuk listrik prabayar.

Singkat cerita, saya berhasil mengirimkan dokumen yang diminta dan menemukan cs Bukalapak di Facebook, dan saya berhasil mengganti nomor telepon terdaftar melalui desktop PC tanpa bantuan dari cs Bukalapak. Nomor telepon terdaftar di Bukalapak versi desktop udah berhasil ganti tapi diaplikasi masih belum, saya mulai bertanya ke cs Bukalapak di FB dan dijawab nomor telepon terdaftar untuk akun saya sudah berhasil dirubah, dan saya inisiatif untuk clear cache dan restart hp dan nomor telepon terdaftar pun berubah, saya coba lagi di serbu seru tapiiii, BukaDana masih kirim kode OTP ke nomor lama yang udah gak aktif, saya tanya lagi ke cs Bukalapak di FB dan dijawabnya suruh nunggu selain itu mereka juga mereka mengira akun yang saya buka di hp dan desktop adalah berbeda dengan menekankan bahwa akun dengan alamat email bagus.*****@gmail.com sudah berganti nomor, tapi perkiraan mereka saya bantah dengan bukti histori transaksi, chat, dan notifikasi dikedua device sama persis dan lalu mereka nyuruh saya untuk menunggu dan block chat FB tanpa saya ketahui karena listrik udah koid dan diisi sama Tante, sayapun beralih ke cs Bukalapak di email mengulang pertanyaan yang sama dan dijawab dengan pertanyaan yang sama pula "silakan tunggu", "nomor telepon terdaftar untuk akun ini sudah berubah" dan saya jelaskan yang belum berubah itu nomor BukaDana, dan jawabannya pun kembali ke "silahkan tunggu" muter muter sampai malam dengan esmosi saya minta tolong baik-baik untuk menggantikan nomor BukaDana dan dijawabnya bikin tambah esmosi, saya disuruh hubungi help@dana.id?! Kan kan itu Bukalapak udh Nemu celah buat lepas tangan.

Saya tetep ngeyel klo itu masih tanggung jawab Bukalapak, kenapa? Ya boro-boro daftar akun dana.id, konfirmasi untuk aktifasi BukaDana di akun Bukalapak aja gak pernah!

Sampai jam 10 malam pihak Bukalapak bersikeras agar saya hubungi dana.id, walaupun saya juga ngeyel klo itu masih tanggung jawab Bukalapak karena saya niatnya isi saldo Bukalapak (BukaDana) dan bukannya ngisi DANA. Sampai-sampai saya kasih motivasi kalo itu akun gak beres sampai pagi, saya bakal buat surat terbuka. Eh tetap aja suruh hubungi dana.id. saya pun hubungi help@dana.id dengan harapan masalah teratasi, tapi disana saya makin dibikin emosi, email singkat saya untuk meminta pergantian nomor dari 085********* ke 083******** dibalas dengan judul CASH OUT MANUAL(apa gak bisa itu diganti manual sama tim terkait? Atau seenggaknya bypass OTP)

Ini isinya,
Spoiler for Isi:


Dan saya jawab dengan hanya melampirkan struk bukti pembayaran dari Alfamart, saya gak mau ngasih data lain karena di Bukalapak pun baru upload identitas diri dan belum diverifikasi.

Sampai sekarang saya merasa gak ada urusan secara langsung dengan dana.id, karena dari awal saya taunya itu fitur BukaDana bertempat jadi satu sama fitur BukaDompet dkk dan saya anggap status nya berbeda sama "pelapak" di Bukalapak,. Selain itu, saya ngisi saldo melalui aplikasi Bukalapak dengan nomor tagihan yang dibuat Bukalapak.

Jadi tolong untuk pihak Bukalapak untuk bertanggung jawab atas kesalahan yang kalian buat dengan mengaktifkan BukaDana yang belum dikonfirmasi untuk aktifasi.
Terimakasih.
Diubah oleh slyzi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
tar saya avdet lagi
Ya lengkapi aja form yang diminta dana... cashout and clear. Sulitnya dmn ? Bukalapak memang ada kerjasama dengan dana. Tapi bukan berarti bukalapak bebas akses platform dana.

Sama seperti tokopedia kerjasama dengan ovo, apa toped berhak mendapat full akses ke ovo ? Ya ngga...

Dari awal kan yg agan top up dana, bukan saldo bukalapak. Beda case kalau yg agan top up saldo bukalapak.
Sudah tau nomor you tidak aktif.

Eh masih coba coba topup.

Maunya apa sih?
Lihat 1 balasan
Quote:

Masalahnya fitur isi saldo dari Bukalapak sendiri nonaktif dan secara sepihak mereka mengaktifkan fitur BukaDana tanpa konfirmasi dari saya. Dan mau gak mau klo saya ingin topup harus melalui BukaDana gan.

Quote:

Ya itu memang keteledoran saya, tapi saya berani menyalahkan mereka karena tanpa konfirmasi pengaktifan fitur BukaDana melalui OTP kok ya masih diaktifkan? Sebelum update aplikasi Bukalapak otomatis play store fitur tersebut tidak bisa dibuka apalagi topup sebelum konfirmasi kode OTP yang mereka kirim.
Lihat 1 balasan
Balasan post slyzi
balik lg sih...ini udh ketledoran orang...banyak banget yang nganggep nomor itu remeh ga aktif tingal ganti, giliran udah nyangkut di akun yang ada uangny trs nmr ilang ato ga aktif baru dah ketatarketitir malah nyalahin perusahaann emoticon-Cape deeehh

terus masa iya gan ini cs ampe ngeblokir chat fb? emang fanpage bisa blockir ya? setau ane sih g bisa dan kayaknya gabkalan selebay itu ampe blockir chat..klu gitu mah semuanya aja diblokir biar akga pd komplen wkwkwk

klu ane sih udh daftar dana dari jamannya doi kerjasama ama tix, klu ente baru daftar dan nyalain dari openlapak yaabalik lagi kenapa agan msh tetp top up klu nmr udh ga aktip, dan cara kerja sistem gabakalan aktivasi sndri BukaDana agan scra otomatis deh... emoticon-Bingung
Quote:
gak ada maksud ngeremehin nomor telepon, ini masuknya masalah finansial yang gak mungkin buat nyisihin dana untuk beli pulsa tiap bulan, makan tiap hari aja udah sukur ane gan.
Masalah chat FB yang diblokir ini emang ane gak screenshot yang ane tau waktu itu mau balas chat dari Bukalapak gak ada kolom ketiknya, udah ane coba minimize-maximize browser juga sama sampai ane minta un-block chat FB baru nongol tuh kolom ketiknya. Jadi asumsi ane emang diblokir.
Nomor yang terdaftar itu udah gak aktif lama nah sedangkan ane taunya ada BukaDana baru-baru ini, dan itupun masih belom diaktifasi. Setelah update otomatis aplikasi Bukalapak itu BukaDana udah aktif aja dan bisa isi saldo, terus siapa yang masukin kode OTP? Orang nomor saya udah gak aktif dari sekitar 6 bulan lalu.
Lihat 1 balasan
Klo ga sreg sama app versi terupdate pilihannya cuma 2, cari apk versi lama, atau tinggalkan aplikasinya. Klo masih lanjut ya resiko penumpang, jgn salahin "bus"nya
Quote:


Aplikasi Bukalapak terupdate otomatis setting play store gan, dan ane gak ada perasaan "gak sreg" sama versi terbarunya.
Balasan post slyzi
Coba cek nomor lamanya siapa tahu udah di aktifkan lgi sama operator dan dipakai orang lain
Terima kasih SP ini informatif. Tidak akan dekat2 dg bukalapak dan Dana.

Ini mirip2 ayopop dan payfazz yg gak bisa ganti nomor kalo nomor lama udah gak aktif. Solusi mereka malah nyuruh aktifkan lagi nomor lama ke opsel. Wkwk.
Lihat 1 balasan
Balasan post titriga
Untuk yang gini gini, solusinya hanya "Voucher Masa Aktif Panjang". Nomer gw aktif sampe 2023.

emoticon-Wkwkwkwk
yah gan ane ada masalah sama TIX yang kerjasama ama DANA dan masalahnya tetep di arahin ke DANA gan, karena memang bentuk kerjasama mereka itu hanya dalam transaksinya aja gan. diki-dikit ada masalah kaya gini langsung bikin surat terbuka, emoticon-Cape d...
Quote:

Ane kemaren disuruh ngelengkapin dokumen aja gan, belom sampe disuruh aktifkan opsel terkait

Quote:

Emang ada ya gan macam begitu?

Quote:

Biar ada motivasi buat doi gan, dan yang jadi masalah adalah ane belum pernah melakukan konfirmasi mengaktifkan fitur BukaDana tapi kok udah aktif aja.
Balasan post pengejar.maho
Sepemikiran sama agan ini waktu baca tritnya emoticon-Big Grin
Udah di solve sih untung aja
Quote:


Iya gan 😆


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di