codename.isalAvatar border
TS
codename.isal
Apa yang Terjadi Jika Semua Orang di Bumi Melompat Bersama-sama?


Pernahkah kalian bertanya-tanya: "Apa yang terjadi jika semua orang di bumi ini melompat bersama-sama?" Mungkin ini adalah salah satu pertanyaan yang pernah ada dalam pikiran kita, dan mungkin juga tidak banyak orang yang bisa membantu kita menjawab pertanyaan ini. Tapi seorang penulis, kartunis sekaligus peneliti asal AS, Randall Munroe akan berusaha membantu kita menjawab pertanyaan ini, mari simak penjelasan berikut.



Untuk menjawab pertanyaan ini kita punya dua skenario.

Pertama:Jumlah populasi manusia di bumi ini ada sekitar 7,5 miliar jiwa lebih (berdasarkan data PBB). Dengan populasi manusia di bumi yang tersebar di 7 benua, apa yang terjadi pada bumi jika seluruh orang yang tersebar di 7 penjuru benua itu melompat bersama-sama? Apakah bumi akan bergeser?

Ternyata hal ini tidak akan banyak berdampak terhadap bumi. Mereka akan saling membatalkan 'dorongan' dari lompatan mereka satu sama lain. Misal, orang-orang di bagian bumi utara dan orang-orang di bagian bumi selatan sama-sama melompat (begitu juga daerah lain), maka dorongan dari hasil lompatan mereka akan saling beradu.



Kedua: Bagaimana jika semua orang di bumi dari 7 penjuru benua kita kumpulkan dalam satu tempat, dan melompat bersama-sama? Misal, 7,5 miliar orang penduduk bumi kita kumpulkan di suatu kota atau pulau, lalu mereka akan melompat secara serentak bersama-sama.

Jika semua orang di seluruh dunia kita kumpulkan, kita semua bisa masuk ke dalam ruang seukuran Los Angeles atau Rhode Island. Ukuran tersebut akan memuat 7,5 miliar orang dalam ruang 500 mil persegi. Tetapi walaupun jika kita semua berkumpul disana dan melompat bersama, tidak terlalu banyak juga dampak yang akan terjadi terhadap bumi.




Misal kita asumsikan, jika semua orang di bumi melompat di satu titik yang sama setinggi 30 cm, maka kita bisa memberikan kecepatan kurang lebih 2,6 x 10 ^ -13 m/s. Artinya, dalam 1 detik, bumi akan bergerak sekitar 1/100 dari lebar atom hidrogen tunggal (bergeser dikit sekali). Kondisi ini bahkan tidak permanen, karena setelah kita melompat dan kaki kita semua kembali jatuh ke tanah, bumi sudah kembali berada pada posisi semula.

Ibarat dua objek dengan massa yang berbeda dihubungkan oleh sebuah pegas. Jika kita menarik kedua objek ke arah yang saling berlawanan dan kemudian melepaskannya, kekuatan pegas akan menarik kedua objek tersebut kembali. Massa yang lebih kecil bergerak lebih jauh daripada massa yang lebih besar, tapi kedua objek sama-sama bergerak. Bumi dan orang-orang di dalamnya ibarat seperti dua objek ini, nah, pegas itu ibarat seperti gravitasi.



Begitulah kira-kira penjelasannya. Memang agak sulit yah kalo kita mau membuktikan dengan eksperimen, karena agak susah membuat semua orang di bumi supaya berkumpul di suatu tempat dan mengatur mereka untuk melompat bersama-sama. Tapi semoga kalian bisa sedikit tercerahkan dengan penjelasan ini.
:nyantai


Referensi:
Bored Panda . UNILAD
Diubah oleh codename.isal 17-01-2019 11:54
9
31.2K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan